Emflux Siapkan Tiga Motor Sport Tenaga Listrik Performa Tinggi

Merek Emflux mungkin belum lumrah di telinga kita. Wajar saja, mereka merupakan perusahaan otomotif start up, asal Bangalore, India. Menariknya, belum lama ini tersiar kabar, dua motor listrik dalam format hypersport tengah disiapkan. Harganya terjangkau!



Dinamai Emflux TWO dan TWO+. Otomatis, Emflux jadi memiliki tiga line up nantinya. Ya, kalau sempat mengikuti rekam jejak produsen otomotif anyar ini, mereka sudah punya satu yang dinamai ONE. Unitnya sudah dipertontonkan ke publik sejak tahun lalu, namun belum juga dijual hingga kini.


Ada beberapa masalah yang terjadi. Dilansir dari laman Electrek, Emflux membenarkan adanya keterlambatan peluncuran produk perdana (ONE). Tapi mereka memastikan, tak sampai lewat tahun ini. Molornya waktu, lantaran idealisme perusahaan tentang kemandirian produksi. Mereka bersikukuh mempertahankan seluruh perangkat dibuat sendiri, tanpa melibatkan vendor satupun. Karena itu, waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk riset dan sebagainya.


Soal spesifikasi, ONE jadi kasta teratas ketimbang dua produk lainnya. Motor sport full fairing ini, bisa melaju hingga 200kpj. Jarak tempuhnya juga panjang, sampai 200km dalam kondisi baterai penuh. Ditambah, akselerasi 0-100kpj yang bisa diselesaikan dalam tiga detik saja. Ini berkat dorongan torsi sebesar 84 Nm. Rangka teralis, fork upside down dan mono shock dengan tabung, juga siap memberikan karakter tajam. Untuk menahan laju? Dua cakram di depan dan satu belakang sudah tersemat. Lengkap dengan kaliper Brembo dan sensor ABS.


Kalau dua motor lainnya, belum banyak informasi yang bisa didapat. Namun dipastikan sedang dalam tahap pengembangan. Ada sedikit bocoran dari gambar yang tertera. Siluetnya, bakal mengusung gaya ala naked bike. Sekilas, tampangnya jadi mirip KTM 1290 Super Duke. Keren.


Mengenai performanya, tak kalah menarik. Laman Electrek menunjukkan data, TWO bisa melesat sampai 160kpj. Begitupun baterainya, yang bisa bertahan hingga jarak 160km. Akselerasi juga tak kalah impresif, 0-100 km/h bisa dituntaskan dalam 4,5 detik saja. TWO+ dibuat sedikit lebih kencang. Topspeed menoreh angka 180kpj dan kekuatan jelajah baterai sejauh 200 km. Waktu akselerasi juga dipersingkat hingga 3,6 detik saja. Mengerikan. Sejauh ini, hanya itu yang bisa dipaparkan.


Lantas bagaimana mengenai banderolnya? Menurut estimasi Electrek dan berbagai sumber, harga jual ONE sekitar USD 9000 atau setara Rp 128 jutaan di India. Sementara TWO dan TWO+, dipastikan berkisar di bawah itu. Karena memang dibuat untuk segmen yang lebih terjangkau. Sayang, tak ada yang menyebut prediksi angka. (Hlm/Van)


Sumber: Electrek


Baca Juga: Honda PCX Electric Jadi Armada Gojek

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store