CFMoto Rilis Motor Grand Touring 1250 TR-G, Pesaing BMW 1250RT dan Benelli 1200GT

CFMoto Rilis Motor Grand Touring 1250 TR-G, Pesaing BMW 1250RT dan Benelli 1200GT

CFMoto merilis kuda besi grand touring 1250 TR-G terbaru di pameran sepeda motor internasional Cina (CIMAMotor). Unit ini merupakan produk pertama yang menggunakan mesin V-twin dari KTM versi CFMoto. Meski dibuat di Tiongkok, ia sudah dilengkapi dengan komponen kelas atas dan teknologi mutakhir.

Pada Mei 2020, CFMoto sebelumnya sudah melahirkan motor berkapasitas 1.250 cc. Namun sayangnya unit itu hanya dipakai untuk kepolisian Cina. Sekarang kuda besi terbesar yang pernah dibuat pabrikan Tiongkok itu telah diproduksi massal. Dan kini masyarakat bisa menikmati motor dengan gaya touring cruiser. Model ini mulai dijajakan pada paruh pertama 2021, kemudian akan tersedia di pasar global.

Walau sudah diluncurkan secara resmi, belum ada kabar mengenai mesinnya. Tetapi banyak yang beranggapan kalau jantung mekanis berbagi dengan yang dipakai polisi. Dan itu merupakan turunan dari KTM Superduke LC8 V-Twin yang dituning ulang dan didown grade yang awalnya 1.301 cc jadi 1.279 cc. Di lain sisi, varian GT anyar ini menjadi motor Cina terkuat yang pernah ada.

CFmoto 1250

Kalau mengadopsi dari 1250 versi polisi, berarti bisa mengeluarkan tenaga maksimal 140 hp dan torsi 120 Nm. Sedikit lebih tinggi dari BMW 1250RT yang tenaganya 134 hp atau Benelli 1200GT 134 Hp. Selain itu, klaim top speed mencapai 240 km/jam dan bobot kering motor ini 297 Kg. Tapi bisa saja lebih ringan untuk produk yang dijual massal.

Baca Juga: Skutik Listrik Pesaing Yamaha Lexi ini Unik, Punya Gigi Mundur

Model ini diposisikan sebagai motor turing kelas atas di pasar Cina. Selain tenaganya yang besar, 1250 TR-G juga punya kelebihan lain. Ia dirancang oleh Kiska Design yang telah bekerja dengan KTM selama 30 tahun. Ia dikemas dengan beragam fitur premium dan diciptakan untuk para petualang.

Layaknya motor grand touring, bodinya gambot. Bagian depannya menyuguhkan desain futuristik. Dengan model headlamp terbagi dua sisi dan sudah menggunakan lampu teknologi LED. Dilengkapi pula dengan DRL (Daytime Running Light) seperti huruf H. Di atasnya dipasangkan windshield besar untuk mendukung kenyamanan berkendara saat melakukan perjalanan jauh. Dan sepertinya sudah bisa dikontrol secara elektronik.

panel cfmoto

Di balik kepala besar, ada sistem canggih memanjakan mata. Terdapat dashboard TFT full color dan diyakini sebagai unit terbesar yang pernah digunakan pada sepeda motor. Tampilan layar lebar raksasa itu menawarkan semua informasi serta kontrol multimedia. Lengkap dengan konektivitas smartphone terintegrasi dan navigasi.

Ada banyak beragam informasi dapat dibaca dengan mudah oleh pengendaranya. Bagian atas diisi dengan berbagai indikator, layar utama didominasi takometer dan petunjuk kecepatan digital, bar bahan bakar, suhu udara, dan posisi gigi. Pada panel sisi lainnya ada average, trip, voltase baterai, dan tekanan ban. Dengan sifat layar LCD berwarna, berarti itu penyetelan warna maupun tata letak.

Tak lupa juga akses ke pengaturan motor termasuk beberapa mode berkendara, pengaturan suspensi dan indikator tekanan ban. Itu juga dapat dikonfigurasi ulang untuk mengubah tata letak instrumen dan antarmuka pengguna. Sejatinya motor tipe grand touring, terdapat hiburan musik. Tak tanggung-tanggung, model ini disematkan speaker dari JBL yang terkenal dengan kejernihan suara. Ada pula pemanas kursi untuk membuat nyaman pengendara dan pembonceng saat memasuki musim dingin.

Jok CFmoto

Kalau dilihat dari gambar yang beredar, tangki besar namun belum diketahui pasti berapa kapasitasnya. Setang lebar dan lebih menjorok ke pengendara, agar mendapatkan visibilitas yang baik. Tiap sisi handle diberikan konsol untuk pengaturan motor. Joknya model menyatu, tapi kursi pembonceng dibuat lebih tinggi. Diberikan pula sandaran yang menempel pada top box. Dipasangkan juga dengan side box untuk membawa semua keperluan atau barang kala melakukan turing.

Baca Juga: Inilah Tiga Opsi Skuter Klasik-Modern di Bawah Rp 40 juta

Juga sudah dilengkapi suspensi upside down berdiameter besar di depan dengan rem cakram ganda berkaliper radial dari Brembo. Roda berprofil lebar dan didukung dengan ban tubeless ukuran 190/55 ZR17 (belakang ) dan 120/70 ZR17 (depan), serta dilengkapi sistem ABS buatan Bosch.

Sejauh ini belum ada kabar tentang harga. Terlepas dari banderol masih diperhitungkan, CFMoto 1250 TR-G bisa menjadi model yang mesti dikhawatirkan oleh pabrikan Eropa dan Jepang. Ini menunjukkan bahwa China tidak hanya sebagai pendatang baru di dunia motor, tetapi juga ingin mendominasi industri otomotif.

mesin cfmoto

Untuk diketahui, brand CFMoto memang dikenal dengan motor berkapasitas besar di atas 400 cc. Merek asal Cina itu sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan motor asal Austria. Bahkan ada beberapa produk KTM yang dibuat di pabrik CFMoto, seperti Duke 200 dan Duke 390. Akhir tahun ini mereka siap membuka pabrik baru, yang mampu membuat 50.000 sepeda per tahun. Dan model KTM Adventure 790 dan Duke 790 bakal dirakit di situ. Kedua unit itu nantinya dijual di seluruh dunia. Dari kemitraan itulah CFMoto dapat membuat sekaligus menjual hak atas mesin LC8 V-Twin yang ada pada 1250 TR-G. (Bgx/Odi)

Sumber: Bennetts, Bikes Republic

Baca Juga: Pabrikan Cina Kembangkan Mesin Empat Silinder Berkapasitas Besar

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store