BMW R 1250 RT MY2021 Tawarkan Banyak Fitur Canggih

BMW Motorrad merilis R 1250 RT terbaru. Ada beberapa pembaruan yang dia terima. Tak hanya desain, kini fitur yang tersemat padanya makin canggih, termasuk Dynamic Cruise Control anyar dari pabrikan Bavarian. Untuk versi gres, dia juga telah dilengkapi dengan teknologi timing katup variabel ShiftCam.

Selama lebih dari empat dekade, singkatan 'RT' bagi BMW Motorrad telah menjadi tolok ukur dan begitu melekat pada lini model turing-nya di dunia. Modelnya dinamis dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Tipe ini juga memadukan kenyamanan dan kesenangan berkendara plus dukungan performa mumpuni untuk melahap perjalanan jauh. Atas dasar itu, BMW Motorrad menghadirkan inovasi dengan fitur-fitur terkini yang disematkan untuk BMW R 1250 RT.

"Kami telah memberikan R 1250 RT tampilan baru, peningkatan menyeluruh pada perlengkapan standar dan banyak peningkatan teknis untuk mencapai pengalaman berkendara yang benar-benar baru. Dengan ditanamkannya teknologi mesin BMW Shiftcam, seorang peturing sejati bakal terpuaskan ambisinya karena tenaga yang dihasilkan telah tercapai di seluruh rentang kecepatan," kata Harald Spagl, Project Manager BMW Motorrad dalam siaran resminya, Selasa (20/10).

2021 BMW R 1250 RT

Bukan rahasia lagi bahwa generasi RT sebelumnya adalah pengacau visual untuk para kompetitor. Selama bertahun-tahun dan dari generasi ke generasi bodinya bertambah besar dengan porsi sedikit membulat. Bisa dibilang ia menjadi barometer di kelas motor tourer. Dan dari situlah para pesaingnya selalu mengikuti. Namun untuk 2021 dirinya hadir dengan tampilan yang jauh lebih ramping dan modern di bagian depan.

Baca juga: Edisi Spesial BMW R 1250 GS dan GS Adventure disertai Pembaruan, Masuk Indonesia 2021

Di dalam fairing baru itu kini terdapat lampu LED dan bentuknya lebih rendah untuk meningkatkan aerodinamika dan visibilitas pengendara. Lampu utama dengan imbuhan diode itu sekarang mendapat opsi 'Adaptive Turning Light'. Hadirnya teknologi itu membuat sorot cahaya mengikuti arah setang, baik berbelok atau pun jalan lurus. Ke depannya, BMW Motorrad juga bakal menambahkan fitur lampu 'Welcome', 'Goodbye' hingga 'Follow me home', sama seperti yang ada di mobil canggih Eropa.

Di balik windshield sekarang terdapat cluster instrumen multifungsi dengan layar TFT 10,25 inci full color. Di dalamnya dibenamkan fitur yang dapat terintegrasi dengan peta navigasi, dan mampu terkoneksi dengan smartphone. Jadi pemiliknya tidak memerlukan aksesori tambahan untuk menemani perjalan jauh. Berkat layarnya yang lebar, menu yang tersedia dapat terlihat sangat jelas. Fitur ini pun menempatkan R 1250 RT baru di puncak jajaran sepeda motor produksi BMW Motorrad.

2021 BMW R 1250 RT

Bersamaan dengan pengenalan konektivitas dan peta navigasi yang ditampilkan di layar, opsi baru lainnya yaitu "Comfort telephony with extended smartphone connection." Jadi ponsel cerdas pengendara dapat ditempatkan dengan aman di kompartemen penyimpanan yang terlindung dari percikan air dan kipas angin listrik. Di dalamnya juga diberikan USB port. Kemudian dirinya mendapatkan sistem Audio 2.0 yang menawarkan suara musik lebih intens dan jernih dari pendahulunya.

Active Cruise Control (ACC) yang sudah ada pada dirinya mendapat tambahan fitur Dynamic Cruise Control (DCC). Semua sudah terintegrasi dengan sistem IMU, display, radar, mesin dan pengereman. Jika diaktifkan, kecepatan motor dapat dijaga secara otomatis. Selain itu, bila efek pengereman konvensional tidak cukup saat jalan menurun, rem integral secara otomatis aktif untuk mempertahankan kecepatan berkendara yang diinginkan.

Baca juga: BMW M 1000 RR, Superbike 'M' Pertama Meluncur, Ini Spesifikasinya

Sementara berkat teknologi sensor radar, memungkinkan pengendara meluncur dengan santai karena dapat menyesuaikan kecepatan jalan dengan kendaraan di depan. Dengan begitu, RT adalah sepeda motor pertama dalam jajaran produk Bavarian yang menerima radar, mendekati teknologi yang sudah diterapkan Ducati.

2021 BMW R 1250 RT

Fitur lainnya yang juga dikembangkan yaitu mode berkendara 'Eco' yang menjadi peranti standar. Bisa membantu pengendara mendapatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, untuk varian R 1250 RT Adventure baru dilengkapi Pro Riding Modes sebagai fitur tambahan. Ada komponen baru yang disematkan pada mode ini yakni MSR. Karakteristik itu berfungsi memberikan kestabilan saat terjadinya slip akibat rem berlebihan pada roda belakang, atau dikarenakan penurunan gear secara mendadak.

Kemudian diberikan fitur BMW Full Integral ABS Pro yang kini menjadi peranti standar. Berfungsi untuk mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan saat tuas rem tangan dan kaki digunakan. Makin sempurna karena dipadukan dengan komponen ABS Pro, dapat mengoptimalkan sudut dan distribusi gaya pengereman yang dinamis untuk memberikan pengereman yang sempurna.

Seperti sebelumnya, mesin boxer dua silinder yang legendaris masih tersemat di balik rancang bangunnya yang kokoh, guna melahap medan jalan. Mesin 1.254 cc dengan tenaga 136 hp dan torsi 143 Nm, telah memenuhi regulasi Euro 5 di beberapa negara. Konfigurasi tersebut juga dibekali teknologi BMW Shift Cam, yang memvariasikan waktu buka dan tutup katup pada intake, mampu memuaskan pecinta kecepatan di semua putaran mesin.

2021 BMW R 1250 RT

Untuk New R 1250 RT, selain menghadirkan versi warna dasar Alpine White 3, juga menyediakan varian Style yang makin disempurnakan dalam 'balutan' tipe Elegance, Sport dan Option 719. (Bgx/Tom)

Sumber: BMW Motorrad

Baca juga: BMW G 310 R Dapat Ragam Pembaruan, Harga Lebih Murah

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store