BMW G 310 GS 2021, Hadirkan Modernitas dan Optimasi Berkendara

Gambar
Review Pengguna

BMW G 310 GS 2021 dirilis. Tak ada perubahan bentuk dari foto teaser yang tersiar sebelumnya. Tampang sangar tetap dipertahankan - senada varian bermesin besar. Bukan tanpa pengembangan, mengingat modernitas jua dipancarkan oleh GS terkecil. Belum lagi soal penyesuaian lain yang ditujukan untuk kenyamanan berkendara.

Model G 310 GS kini punya 'paruh' lebih sempit dengan desain panel menajam. Agresif. Sisi modern diterjemahkan lewat penggunaan lampu utama jenis LED, bukan lagi bohlam seperti model pendahulu. Bahkan kini penerangannya terbagi menjadi dua bagian - split atas dan bawah. Masih dari sektor pencahayaan, sinyal belok alias sein dipendarkan oleh lampu dioda, serta bentuk yang lebih minimalis.

2021 BMW G 310 GS

Seperti diungkap Motociclismo, baru G 310 GS saja yang ditampilkan. Padahal, varian satunya yaitu BMW G 310 R pun pastilah berlaku sama. Layaknya kedapatan di jalan beberapa waktu lalu, ubahan minor pun terasa pada varian itu. Eksploitasi terhadap rangka utama tetap menjadi tema yang tak diubah. Hanya saja cover bodi (shroud) yang mengapit tangki bensin, sekarang mengarah ke depan. Sementara panel samping kini dibuat menjadi menjadi tiga bagian. Sayang, belum ada detil mengenai opsi warna.

Lain halnya BMW R 310 GS. Terlihat bahwa ia menawarkan impresi anyar. Unit berwarna Cosmic Black One masih tersedia. Cuma pabrikan kini menambah aksen berwarna kuning di area shroud dan inisial GS di tangki. Plus emblem bertuliskan “40 Years GS” di bagian atas. Selain itu, ada pula pilihan warna baru berkombinasi Hitam, Biru dan Merah. Penyajian demikian jelas lebih dinamis, apalagi dengan sasis yang turut dikelir kontras. Persamaan antara G 310 GS dan G 310 R hanya terletak pada crankcase. Bagian yang sebelumnya berwarna silver itu kini menjadi hitam. Lalu warna rear grip dan footpeg bracket pada tipe R mengikuti kepunyaan GS.

Baca juga: BMW M 1000 RR, Superbike 'M' Pertama Meluncur, Ini Spesifikasinya

Merujuk pula dari sumber serupa, tak ada sentuhan pada pemasok output. Keduanya masih mengedepankan mesin injeksi satu silinder empat katup, berpendingin cairan dengan kubikasi 313 cc. Sesuai data awal, daya tersalur ke roda belakang adalah 34 Hp/9.500 rpm. Sedangkan momen puntir ditorehkan mencapai 28 Nm pada putaran 7.500 rpm. Harusnya pula ia bisa dilajukan dalam kecepatan tertinggi 143 km/jam. Namun, mereka sudah memenuhi regulasi standar emisi gas buang Euro 5 (sebelumnya masih Euro 4).

2021 BMW G 310 GS

Ada pula optimasi dalam pencapaian tenaga dan torsi. Pasalnya, G 310 GS sudah berpelengkap electronic throttle grip. Logikanya, setiap bukaan gas bakal diterjemahkan secara presisi. Disebutkan pula pada area kopling, dilengkapi perangkat semacam Assist & Slipper Clutch. Ini ditujukan untuk mengemilinir gejala roda belakang terkunci, akibat efek engine brake atau proses perpindahan gigi (down shift) secara cepat. Nyatanya bukan cuma kopling, peningkatan dalam hal kenyamanan berkendara turut menyentuh bagian pengereman. Khususnya pada tuas rem depan kini memiliki tiga tahapan penyetelan. Selebihnya tak ada perubahan pada spesifikasi pengereman, begitu pula sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) yang sudah menjadi perlengkapan standar.

Ubahan itu mestinya diikuti juga oleh BMW G 310 R. Belum ada informasi tambahan mengenai harga jual keduanya, kendati dipastikan bakal terkerek. Bila menilik banderolnya di Tanah Air, BMW G 310 GS dijual Rp 133 juta off the road Jakarta. Untuknya ada penambahan warna dan baru saja dilakukan PT Maxindo Moto Nusantara (pemegang merek), bulan lalu. Warna Strato Blue Metallic itu melengkapi tiga opsi yang sebelumnya sudah diperkenalkan seperti: Racing Red, Cosmic Black dan Pearl White Metallic.

Sedangkan BMW G 310 R dipatok Rp 116 juta. Dari segi harga, tipe GS lebih ekonomis. Namun, ia punya tampang yang mewakili DNA GS di atasnya. Wajar bila di Indonesia, dia menjadi produk terlaris jualan BMW Motorrad Indonesia, 2019 lalu. Kita nantikan saja sepak terjang selanjutnya, jika G 310 GS dan G 310 R terbaru diboyong ke sini. (Ano/Tom)

Sumber: Motociclismo

Baca juga: BMW R nineT 2021 Lebih Ramah Lingkungan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store