Bersiap Menyambut Skutik Petualang Aprilia SR GT 200, Ini Prediksi Harga dan Spesifikasinya

Bersiap Menyambut Skutik Petualang Aprilia SR GT 200, Ini Prediksi Harga dan Spesifikasinya

Aprilia Indonesia mengkonfirmasi bakal masuk ke segmen motor paling laris di Tanah Air yakni matik dengan produk berperawakan petualang SR GT 200. Dalam beberapa tahun bisniS mereka memang lebih fokus pada segmen motor gede (moge) yang secara pasar tak begitu besar. Calon matik ini diprediksi bakal jadi penantang kuat Honda ADV 150.

KEY TAKEAWAYS

  • Aprilia SR GT 200

    Meggendong mesin 1-silinder 174 cc, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Memproduksi tenaga maksimal 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm.
  • Informasi soal kedatangan Aprilia SR GT 200 dimuat dalam laman resmi Aprilia Indonesia. Di situ mereka mengunggah sebuah visual teaser serta informasi bertulisan "Ciao Indonesia, Coming Soon".

    Sebelumnya pada balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, PT Piaggio Indonesia (PID) selaku agen pemegang merek motor Aprilia sudah membawa motor tersebut. Pengenalan skutik Aprilia SR GT 200 dilakukan saat sesi Free Practice (FP) atau sesi latihan bebas pertama di Mandalika dan sukses menyedot perhatian para pengunjung.

    Aprilia SR GT

    Peluang hadirnya motor ini membuka peta baru bagi Aprilia Indonesia. Kita tahu, sejak pertama kali hadir di pasar domestik produk yang ditawarkan Aprillia tak murah. Contoh saja untuk portofolio termurah yang dijual saat ini adalah Aprilia Shiver 900, maharnya adalah Rp555 juta OTR Jakarta.

    “Ini adalah waktu dan kesempatan yang tepat untuk meningkatkan exposure dan engagement kami di Indonesia. Di mana ke depannya dipastikan akan lebih banyak informasi menarik lainnya dari Aprilia bagi konsumen Tanah Air,” ungkap Manajer Komunikasi dan Humas PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari beberapa waktu lalu.

    Baca juga: Aprilia Racing Resmi Perpanjang Kontrak Aleix Espargaro dan Maverick Vinales Hingga 2024

    Menelisik Modal Aprilia SR GT 200

    Karena berstatus calon motor baru, tentu saja informasi menyoal mahar belum diumbar oleh PID. Namun sebagai referensi, Aprilia SR GT 200 pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA Milan, Italia 2021 lalu. Dari desain yang dibawa, motor ini menggabungkan antara DNA motor sporty dan juga adventure khas benua Eropa.

    Aprilia SR GT 200

    Visual sporty-nya dituangkan lewat desain body depan dan headlamp yang sekilas mirip dengan motor sport full fairing Aprilia RS 660 lewat penggunaan lampur Tri-LED. Sementara nuansa petualangnya dihadirkan lewat konstruksi kaki-kaki, misalnya suspensi depan dengan travel panjang, pengaplikasian ban dual purpose, dan rancang ground clearance yang tinggi.

    Adapun dari samping, ciri khas Aprilia konsisten, dia tak memiliki dek yang merata dan dipisahkan dengan bodi di tengah yang sepertinya jadi tempat tangki bahan bakar. Secara umum, tampilan dari SR GT ini punya tarikan bodi yang tegas, tidak kaku, dan sporty. Itu bisa dilihat dari beberapa cekukangan bodi di depan, samping, sampai belakang.

    Bicara spesifikasi, Aprilia SR GT 200 menopang mesin berkubikasi tepat 174 cc, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi juga. Nah, dengan rancang itu, dia mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 17,43 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm.

    Aprilia SR GT 200

    Guna mengimbangi output mesin yang dihasilkan, motor ini dibekali dengan sistem pengereman cukup apik. Di depan misalnya, didukung dengan pengereman cakram yang sudah terintegrasi dengan ABS (Anti-lock Braking System). Adapun di bagian belakang dikawal dengan pengereman cakram tunggal non ABS.

    Sementara buat urusan akomodasi dan angkut barang, Aprilia SR GT 200 memiliki beberapa slot penyimpanan di bagian dek depan. Sementara kompartemen utama di bawah jok memiliki kapasitas yang besar sampai 25 liter.

    Sasar Konsumen Kelas Atas?

    Dari segi tongkrongan, Aprilia SR GT 200 memang bersinggungan dengan Honda ADV 150 yang hingga saat ini masih bermain sendiri di pasar Indonesia. Tapi dari segi harga, motor ini akan sulit bersaing dengan ADV 150. Musababnya, di Malaysia motor ini disinyalir akan dijual dengan harga 23.000 RM atau setara Rp78 jutaan. Sementara di Jepang motor ini dilepas dengan nominal Rp68 jutaan.

    Artinya jika mahar dari Aprilia SR GT 200 mirip-mirip seperti di Malaysia atau Jepang, peluang dia untuk bertarung dengan ADV cukup sulit. Gap harganya lebih mahal 2 kali lipat, dan kemungkinan besar segmen yang dituju oleh Aprilia mengarah pada matik premium. Bagaimana, tertarik memiliki motor ini? (Kit/Tom)

    Baca juga: Ketahui 11 Istilah Wajib Ini Kalau Mau Kumpul Bareng Bikers

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature