Aprilia Tuono 660 Tertangkap Kamera, Meluncur Bulan Ini di Indonesia?

Aprilia Tuono 660 Tertangkap Kamera, Meluncur Bulan Ini di Indonesia?

Motor gede (moge) berjenis naked sport, Aprilia Tuono 660 tertangkap kamera sedang wara-wiri di jalanan Jakarta. Diangkut dengan mobil towing, motor ini dikabarkan segera diluncurkan di pasar Indonesia.

Belum ada keterangan lebih detail soal motor ini, namun berdasarkan informasi yang OTO.com terima, Aprilia Tuono akan dilansir paling lambat September 2021. Hal ini juga dikuatkan dengan pernyataan PR and Communications Manager PT PID, Ayu Hapsari yang rencananya motor ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

"Tunggu saja ya tanggal mainnya. Sebentar lagi akan ada undangannya," kata Ayu saat dihubungi OTO.com, Kamis (2/9).

Sekadar informasi, Aprilia Tuono 660 resmi meluncur pada awal 2021. Secara platform masih identik dengan Aprilia RS 660, fokus diferensiasinya ada di tampilan dan desain.

Aprilia Tuono 660

Baca juga: Aprilia Rilis RS660 Trofeo, Versi Balap edisi Reguler yang Bertenaga

Desain Aprilia Tuono 660

Bicara desain, Aprilia Tuono 660 masuk kategori naked bike. Namun hadir dengan tampilan half fairing, dikombinasikan gaya setang telanjang atau naked. Desain ini ditujukkan bagi mereka yang memang lebih nyaman berkendara dengan posisi santai namun tetap sporty lewat penggunaan fairing di sisi kiri dan kanannya.

Dari depan, desain fascia juga identik dengan RS 660. Di mana tetap menyematkan sepasang headlamp lengkap dengan air ram di bawahnya. Desain samping menggunakan model fairing floating yang bertumpuk seolah mengimpretasikan kesan berototnya.

Sementara di bagian belakang, Tuono 660 juga tetap tampil sporty dengan desain body yang ringkas serta lancip. Oh iya, semua sistem pencahayaan sudah mengusung teknologi LED dan pemanis DRL di depan.

Persamaan lainnya ada di konstruksi bangun motor. Aprilia Tuono 660 dan RS 660 menggunakan sasis die-cast dan swing arm serta suspensi depan upside down yang dikombinasikan dengan monoshock garapan Kayaba.

all-new 2021 Tuono 660

Full opsi masuk Indonesia

Kabarnya pula, Aprilia Tuono 660 yang akan masuk ke Indonesia berstatus full opsi. Maksudnya unit yang akan diniagakan di sini tak akan mengalami penyunatan fitur, teknologi dan juga mesinnya.

Dari lembar spesifikasi yang OTO.com terima, Aprilia Tuono 660 untuk pasar Indonesia akan mengemas mesin DOHC parallel-twin 659 cc, 4-tak, pendingin cairan, pendingin oli, dan berpengabut injeksi.

Di atas kertas, motor ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal sampai 70 kW atau setara 93,8 daya kuda pada 10.000 rpm dan torsi puncak 67 Nm di putaran mesin 8.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan dengan teknologi assist and slipper clutch.

Untuk mengimbangi performa itu, kedua roda juga dibekali dengan pengereman cukup apik. Di depan misalnya, dikawal dengan 2 cakram dan kaliper 4 piston radial dari Brembo berukuran 320 mm. Sementara di belakang ditopang dengan 1 kaliper berukuran 220 mm yang juga diproduksi dari vendor Brembo. Melengkapi itu, pabrikan menyematkan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang dipasangkan pada kedua roda.

Aprilia Tuono 660

Fitur Aprilia Tuono 660

Terkait fitur, unit yang akan dijual di Indonesia akan dibekali dengan beberapa perangkat elektronik canggih. Agar lebih lengkap, simak rangkuman di bawah ini:

  • Suite APRC with ATC (traction control)
  • AWC (wheelie control)
  • AEB (engine brake)
  • AEM (engine map)
  • ACC (cruise control)
  • 5 Riding Modes (road e track, 3 fix e 2 customizable).

Semua teknologi tadi bisa diatur lewat switch yang nantinya terhubung dengan panelmeter TFT. Nah, di layar instrumen tersebut juga menampilkan beberapa informasi penting lainnya, mulai dari suhu mesin motor, speedometer, tachometer, dan beberapa indikator lainnya.

Harga Aprilia Tuono 660

Jika nanti Aprilia Tuono benar meluncur di bulan ini, artinya akan ada 2 produk yang bisa dipilih konsumen. Saat ini, berdasarkan line up dari website resmi Aprilia Indonesia mereka baru menjual Shiver 900 saja.

Sayangnya belum ada informasi pasti soal banderol on the road dari Tuono 660 di pasar domestik. Namun sebagai gambaran, di Amerika Serikat (AS) motor ini dijual mulai 10.499 dolar AS atau setara Rp 149,8 juta. (Kit/Tom)

Baca juga: Connecting Rod Rentan Patah, Aprilia RS dan Tuono 660 Kena Recall

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor