Akankah Peugeot Citystar 200i Menguasai Pasar Indonesia?

Akankah Peugeot Citystar 200i Menguasai Pasar Indonesia?

JAKARTA: Pabrikan mobil Perancis – Peugeot baru-baru ini meluncurkan skuter 200cc terbarunya – Citystar 200i, di negara asalnya. Skuter pendahulunya dikenal dengan nama Citystar 125, dan skuter Peugeot baru ini hadir dengan kinerja dan efisiensi yang lebih mumpuni dibandingkan saudaranya.

Berbekal mesin berkapasitas lebih besar, Peugeot mengklaim bahwa skuter Citystar 200i mampu menyemburkan kekuatan sebesar 19 hp atau 33% lebih besar dibandingkan Citystar 125. Skuter Citystar 200i baru dijejali dengan mesin berpendingin-cair ‘friksi-rendah’ empat-katup silinder-tunggal yang dipadukan dengan transmisi CVT otomatis. Bahkan setelah dijejali mesin yang lebih besar, skuter Peugeot baru Citystar 200i hanya berbobot lebih berat 2 kg dibandingkan saudaranya 125cc, sehingga mampu menghemat bahan bakar dan mampu menyodorkan pengendalian yang gesit, sama seperti saudaranya. Semua spesifikasi Peugeot Citystar 200i lainnya diakui masih meminjam dari Citystar 125.

Citystar 200i depan gambar

Skuter Peugeot memang telah lama menghilang dari bumi pertiwi. Indonesia sebagai pasar kendaraan roda-dua kedua terbesar di dunia memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pabrikan kendaraan roda-dua. Setiap tahunnya komuter lebih memilih skuter untuk sarana transportasi mereka, dan permintaan untuk produk inovatif dan canggih pun ikut terdongkrak karenanya. Pasar skuter Indonesia memang telah mengalami gejolak luar biasa tahun ini. Semua produsen kendaraan terkemuka di negara ini juga telah meluncurkan skuter terbaru mereka demi merebut pangsa pasar yang siap melahap ini. Demi membayangi skenario menguntungkan ini, kami pun dapat berspekulasi bahwa produsen otomotif Perancis - Peugeot mungkin akan mulai memasuki pasar Indonesia dengan penawaran terbarunya.

Citystar 200i sisi gambar

Meskipun demikian, seperti yang kita ketahui, lebih dari 60% pangsa pasar dikuasai oleh dua pemain Jepang – Honda dan Yamaha, Peugeot tampaknya harus siap untuk bersaing dalam kompetisi sengit bersama para pesaingnya. Yamaha dan Honda, memang telah memiliki skuter balap andalan mereka di pasaran dan kini sedang berencana untuk meluncurkan model barunya. Yamaha saat ini dikabarkan akan meluncurkan edisi terkini NMax 250 pada akhir tahun 2016, sedangkan Honda juga tidak bersantai-santai dan berencana akan memperkenalkan skuter Forza di Indonesia. Bila menilik performa dan efisiensinya, Yamaha NMax memang dapat mengungguli Peugeot Citystar 200i cukup mudah. Di sisi lain, harga Citystar 200i bandrol sebesar 3.299 pondsterling, atau sekitar Rp 60.6 juta, dan masih harus menambah 5 hingga 8 juta bila motor ini diimpor ke Indonesia. Terlepas dari itu semua, bandrolan harga tersebut juga lebih mahal dibandingkan Yamaha NMax.

Citystar 200i lampu besar

Dengan kisaran harga lebih mahal namun tidak disertai dengan penawaran fitur yang lebih banyak, Peugeot Citystar 200i tampaknya tak akan mampu menciptakan gebrakan di pasar, dan mungkin akan tersingkir dari kancah persaingan.

Baca Juga: Peugeot Scooter Debut di Pameran Otomotif Surabaya

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store