Wuling Almaz RS Gunakan Smartphone Gantikan Kunci, Bagaimana Kalau Mau Membeli Unit Bekas?

Wuling Almaz RS Gunakan Smartphone Gantikan Kunci, Bagaimana Kalau Mau Membeli Unit Bekas?
Gambar
Review Pengguna

Wuling Almaz RS terlihat menarik lantaran gendong kemampuan canggih dengan banderol atraktif. Salah satunya adalah fitur Internet of Vehicle (IoV) yang menghubungkan smartphone pengguna dengan kendaraan. Interaktif dan canggih, gawai bahkan bisa dipakai mengoperasikan fitur yang lebih dari sebatas kunci digital.

Ya, fungsi IoV ini berada di dalam paket teknologi WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem) milik Almaz RS. Memainkan sinergi antara prosesor IoV T-Box dan Cloud Server untuk menerima komando dari aplikasi gawai My Wuling+. Hubungan lantas terjadi lewat jaringan data internet maupun Bluetooth. Kemudian semua itu juga nyambung dengan sistem infotainment sebagai interface dari prosesor IoV.

Yang jelas aransemen tiap komponen ini memungkinkan pengguna untuk menikmati kendali dari genggaman. Contoh, gawai dapat dipakai sebagai remote control berbasis internet. Memberikan akses kunci pintu, kunci bagasi, jendela, memanaskan mesin, hingga mengatur suhu kabin dan menentukan arah tujuan sebelum melakukan perjalanan. Bahkan kalau koneksi Bluetooth sudah dijalankan maka tidak perlu lagi remote fisik untuk dibawa jalan-jalan.

Belum lagi diramaikan kemampuan lain sejenis pencari lokasi kendaraan. Tersedia bantuan navigasi menuju mobil atau sebatas meminta mobil untuk menunjukkan posisi lewat hornflash. Di samping itu, akses kendaraan antaranggota bisa lebih mudah lewat peminjaman otorisasi kunci sampai 9 akun. Over the Air Update memudahkan pembaruan software head unit.

Penting untuk keamanan dan kesehatan kendaraan adalah fungsi Reminder and Notification. Misal bila Head Unit membutuhkan update perangkat lunak. Ia juga siap untuk memberikan peringatan bila kondisi baterai berada di bawah voltase standar selama lebih dari 24 jam. Tak kalah penting Illegal Access Warning untuk menginformasikan pengemudi terkait akses yang dicurigai tanpa kunci. Terakhir Geofencing untuk menerapkan batasan digital bagi mobil Anda. Notifikasi langsung dikirim bila batasan area tersebut telah ditembus.

Baca juga: Wuling Almaz RS, Bertabur Fitur Mutakhir Dalam Paket Harga Menarik

Wuling Internet of Vehicle

Harus Didaftarkan Sesuai Data STNK

Intinya memang mengintegrasikan smartphone pengguna sebagai alat kendali khusus kendaraan. Masih jarang kita temukan pada kontestan sekelas bahkan di atasnya sekalipun. Boleh dibilang sebagai sesuatu yang baru. Jangan khawatir soal keamanan, tidak dapat digunakan bila belum melakukan registrasi. Terbagi menjadi dua, harus mendaftarkan kendaraan dan Bluetooth key.

Untuk menggunakannya perlu mengunduh aplikasi My Wuling+ terlebih dahulu dan melakukan registrasi. Dari situ, harus mengisi formulir pendaftaran untuk apps dan kendaraannya jika menjadi pemilik. Saat mendaftarkan kendaraan akan diarahkan untuk mengisi VIN atau nomor rangka dengan benar dan nama pemilik sesuai STNK – harus sampai sedetail titik koma.

Jika berhasil, sistem akan memberikan voucher gratis akun JOOX selama enam bulan. Semua koneksi internet untuk Wuling Almaz RS ini dibebaskan dari biaya selama 30 bulan sejak tanggal pembelian. Terakhir, setelah pendaftaran aplikasi sukses tinggal menghubungkan kunci Bluetooth. Bisa memindai barcode dari head unit atau secara manual. Ikuti instruksi dan jangan lupa membawa kunci fisik sebagai bagian verifikasi dari pemilik. Semua fitur konektivitas baru dapat dinikmati setelah melalui tahap ini.

Bagaimana bila ternyata ingin mengganti gawai setelah pemakaian? Tergolong mudah namun disarankan menghapus aplikasi di handphone lama. “Sebelum handphone lama dijual atau tidak dipakai lebih baik dihapus dulu aplikasi My Wuling+ nya. Kemudian untuk handphone yang baru tinggal log in dengan akun yang sama yang digunakan untuk akses kendaraannya di My Wuling+,” jelas Aop Operation Wuling Motors, Dimas Agus pada kegiatan media briefing online (21/4).

Wuling Almaz RS

Membeli Unit Bekas Perlu Perhatian Ekstra

Dengan adanya fitur seperti ini, bertukar kunci mobil mungkin tidak lagi semudah membalikkan telapak tangan. Contoh saat nanti meminang unit bekas. Setelah urusan pembayaran dan surat-menyurat selesai, tidak bisa sebatas terima kunci. Perlu perhatian lebih soal terhubungnya mobil dengan gawai pemilik lama. Pasti menimbulkan kekhawatiran lantaran sang mantan bisa saja mengganggu.

Untuk mendaftarkan jelas harus sesuai nama di STNK andai tidak langsung melakukan balik nama. Lebih dari itu, sang pemilik baru harus memastikan mobil tidak lagi dapat diakses pemilik lama dengan menghubungi call center Wuling.

“Syaratnya untuk pembeli yang baru bisa me-request ke call center Wuling bahwa dia sebagai pemilik mobil yang baru. Nanti SGMW atau Wuling akan memverifikasi itu melalui channel diler dan juga ke customer untuk mengonfirmasi bahwa customer yang baru ini adalah benar pemilik kendaraan. Setelah itu kami akan melakukan pelepasan akses IoV dari pemilik sebelumnya,” pungkas Dimas. (Krm/Raju)

Baca juga: Wuling Almaz RS Dijual Mulai Rp 340 Jutaan, Ini Daftar Pesaing di Medium SUV

Jelajahi Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS Rp 345,8 - Rp 364,8 Juta Cicilan : Rp 7,89 Juta

Bandingkan & Rekomendasi