VW 'Kodok' dan Scirocco Berhenti Diproduksi

VW 'Kodok' dan Scirocco Berhenti Diproduksi
Gambar
Review Pengguna

VW beetle

Volkswagen Beetle atau yang biasa dikenal dengan VW kodok, bakal berakhir masa hidupnya. Hal itu terkait dengan buruknya angka penjualan yang diterima manufaktur dari VW Beetle. Tak sendirian, VW Beetle akan ditemani oleh sang coupe Scirocco yang juga tercatat kurang baik penjualannya. Seperti diwartakan oleh situs Autocar.co.uk, nasib keduanya menjadi perbincangan pada 2017 Volkswagen Annual Session.

Dalam konferensi tahunan itu, pimpinan brand Volkswagen, Arno Antlitz menyuarakan : "Beetle dan Scirocco merupakan representasi segmen emosi dan keindahan kendaraan, tetapi rencana produk VW tak selalu tentang melanjutkan kelangsungan hidup mobil dari satu generasi ke generasi berikutnya." Dari kalimatnya, mengindikasikan bahwa Beetle dan Scirocco tak harus dilanjutkan masa hidupnya. Meski begitu, dilaporkan hanya Beetle atap keras saja yang berakhir produksinya. Sementara saudara convertiblenya ternyata cukup diminati sehingga masih dibiarkan hidup. Alasan lainnya, karena VW Beetle atap terbuka merupakan salah satu dari mobil convertible selain dari VW Golf convertible yang dimiliki VW.

Buruknya performa penjualan Beetle dan Scirocco, menjadi sebab fundamental. Hanya 25.127 unit untuk gabungan Beetle dan Beetle convertible sepanjang 2016. Scirocco bahkan kurang dari setengah angka Beetle, yakni 10.752 unit pada 2016. Jika performa kedua model digabungkan, bahkan masih kalah dari angka yang ditorehkan VW Golf sendiri pada penjualan Januari 2017 saja.

Scirocco1

Penghentian produksi Beetle dan Scirocco, juga diindikasi bisa membantu struktur ulang Volkswagen di bidang balap. Karena setelah skandal diesel yang menyangkut VW, divisi motorsport mereka turut hengkang dari kejuaraan. Selain itu, pihak manufaktur juga memberi jaminan model mendatang bisa mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan Beetle dan Scirocco, termasuk model elektrik yang sedang digarap manufaktur.

Beetle yang ada sekarang merupakan generasi kedua dari New Beetle. VW Beetle (A5) lahir pada 2011 dan mensubstitusi New Beetle kelahiran 1997. Sementara Scirocco coupe dengan desain bodi yang juga unik lahir pada 2008 dan mendapat facelift pada 2014 lalu. Melihat rentang tahun hidupnya, kedua model termasuk muda jika kemudian dihentikan produksinya. Cukup disayangkan, melihat VW Beetle membawa gelar nama ikonik sebagai salah satu produk VW yang legendaris termasuk di Indonesia.

Baca Juga: VW Polo 1.2 TSI dapat Tambahan Body Kit

Sumber: Autocar, Newspress UK

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store