Toyota Kehilangan Title Raja Dunia, Dikalahkan Volkswagen

Toyota Kehilangan Title Raja Dunia, Dikalahkan Volkswagen

Toyota tergusur oleh Volkswagen soal penjualan di 2016 lalu. Ya, penjualan Toyota hanya mencapai 10.175.000 unit untuk periode Januari hingga Desember, sementara Volkswagen mencapai 10.310.000 unit secara global.

Meski kalah dari Volkswagen, toh Toyota penjualannya mengalami peningkatan 0,2 persen. Sementara bagi pabrikan asal Jerman itu, sebuah langkah besar mengalahkan Toyota yang mendominasi penjualan mobil hampir satu dekade terakhir.

Kontribusi penjualan terbesar Toyota, diraih dari hasil dalam negerinya, Jepang, sebanyak 2.231.202 unit mobil. Sementara sisanya terjual di kawasan luar Jepang. Untuk kawasan seperti Amerika Utara, Amerika Latin, China dan Eropa dilaporkan Toyota mengalami peningkatan penjualan.

Seperti dilansir Inautonews, kekalahan Toyota ini sudah diprediksi sejak kuartal pertama 2016. Pasalnya, pada April tahun lalu Toyota menyatakan total penjualannya mengalami penurunan hingga 2,3 persen dibanding periode sama di 2015. Selain itu, gempa bumi yang terjadi di Jepang, turut pula berdampak pada penjualan Toyota.

Pabrikan mobil terbesar di Jepang ini, terpaksa menghentikan sementara produksi mobilnya akibat kerusakan gempa bumi. Meski begitu, Volkswagen juga bukan tanpa masalah. Volkswagen mengalami isu terkait skandal emisi diesel dan diwajibkan membayar denda hingga US$ 20 miliar. Untunglah, hal ini sepertinya tidak berpengaruh pada penjualan Volkswagen.

Cuma gelar penjual mobil terbanyak di dunia 2016, belum resmi disandang Volkswagen. Sebab General Motors belum memberikan informasi resmi total unit yang berhasil mereka jual tahun lalu. Sebelumnya, juru bicara General Motors mengungkap bila pihaknya berhasil menjual hingga 10,3 juta unit di 2016.

Sementara di dalam negeri, penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) dilaporkan pada 2016 mencapai 389 ribu unit. Hal ini diungkapkan Henry Tanoto, Vice President PT TAM beberapa waktu lalu. Bahkan penjualan Toyota di tanah air, lagi-lagi menguasai market share dengan total 36 persen. Selain itu Henry menyatakan bila Indonesia termasuk pasar penting bagi Toyota di seluruh dunia.

Dominasi Toyota di pasar Indonesia masih dikuasai oleh produk mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Kijang Innova. Kehadiran Toyota Calya bulan Agustus lalu di GIIAS 2016, bakal kembali menguatkan pundi-pundi penjualan di 2017.

Baca Juga: Toyota Akan Lahirkan Merek Baru Untuk Mobil Sport

Sumber: Inautonews

Model Mobil Volkswagen

  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
  • Volkswagen Tiguan
    Volkswagen Tiguan
Mobil Volkswagen

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Volkswagen Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Volkswagen