Volkswagen Polo 1.2 TSI vs Honda Jazz: Pertarungan Tiada Akhir

Volkswagen Polo 1.2 TSI vs Honda Jazz: Pertarungan Tiada Akhir
Gambar
Review Pengguna

JAKARTA : Volkswagen, merek elit asal Jerman, telah memproduksi sederetan mobil penumpang yang sangat elok dalam beberapa waktu terakhir. Sebagai salah satu pilihan yang populer diantara sejumlah merek ternama, Volkswagen Polo kembali hadir untuk menantang hatchback lain yang tak kalah tenar, Honda Jazz. Honda Jazz sejauh ini telah menerima sambutan hangat di tanah air dan tidak luput menjadi buah bibir di dunia otomotif. Harga dasar Polo mulai dari Rp 296.000.000, sedangkan Jazz ditawarkan mulai Rp 203.000.000. Kedua mobil ini telah mengukir kesuksesan di negara ini. Disini, kita akan melihat bagaimana dua mobil ini saling bertarung di pasar Indonesia dengan mengacu pada beberapa karakternya yang penting.

  • Mesin dan Performa

Volkswagen Polo dengan mesin TSI berkapasitas 1.2 liter dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 85 hp pada 5000 rpm dipadukan dengan torsi puncak sebesar 132 Nm pada 3800 rpm. Mobil tersebut dapat memberikan jarak tempuh sebesar 17,24 kmpl, yang menjadi salah satu alasan utama untuk membeli mobil ini.

Skor keseluruhan: 8/10

Honda Jazz dipersenjatai dengan mesin 1.5 liter i-VTEC yang dapat menyemburkan tenaga maksimum sebesar 118 hp pada 6600 rpm beserta torsi puncak 145 Nm pada 4600 rpm. Mobil ini memerlukan 1 liter bahan bakar untuk menempuh 15 km.

Skor keseluruhan: 8.5/10

 Engine

  • Desain dan Tampilan Eksterior

Polo terbaru telah menggoda konsumen dengan sejumlah pembaharuan aksesoris, beberapa yang paling mencolok adalah bumper depan yang direvisi ulang dan sebuah tambahan strip pada lubang udara. Penggunaan aksen krom pada gril tidak lagi dipertahankan, dan kini diganti dengan strip tunggal. Pelek roda 15 inchi didesain ulang dengan lampu utama dan lampu ekor yang lebih segar.

Skor keseluruhan: 7.5/10

Honda Jazz menonjolkan profil yang elegan bak MPV dan sangat memikat. Dengan lampu utamanya yang stylish, profil samping yang melengkung, dan tampilan depan yang terlihat futuristik, mobil ini memberikan kesan dinamis dari setiap sudut. Nilai estetikanya mengingatkan kita pada pendahulunya dan tema desainnya terinspirasi dari ‘sang kakak’, Honda City. Mobil ini lebih tinggi dan kurang lebar dibandingkan Polo.

Skor keseluruhan: 7/10

 Exterior

  • Kenyamanan Interior dan FItur

Volkswagen Polo mengusung tata letak dasbor yang sangat standar dan dilengkapi dengan kursi yang dilapisi dengan material berkualitas tinggi yang menawarkan kenyamanan. Ruang kaki dan ruang kepala yang tersedia terbilang cukup memadai dan panel instrumen meskipun biasa, tapi sangat elegan. Fitur kenyamanan lainnya mencakup sandaran tangan dan pengaturan kemiringan untuk stir kemudi. Mobil ini menawarkan ruang boot yang berkapasitas besar hingga 280 liter.

Skor keseluruhan: 7/10

Tidak seperti Polo, kabin Jazz sangat eksentrik dan sarat dengan fitur modern yang meningkatkan level kenyamanannya. Kursi sangat nyaman dan tersedia ruang yang cukup lapang untuk menampung 5 orang sekaligus. Sederetan fitur yang tersedia mencakup ORVM yang terkontrol secara elektrik, sistem musik OEM, sistem kontrol iklim dengan fitur sentuh, dan paddle shifters. Ruang boot yang berukuran 284 liter tergolong sangat memadai untuk ukuran sebuah mobil di kelasnya.

Skor keseluruhan: 8.5/10

Interior

  • Dimensi  

Dimensions

  • Keselamatan dan Kualitas Berkendara

Polo menawarkan pengalaman berkendara yang baik, berkat penggunaan 3-point wishbone dengan suspense Anti-Roll Bar pada bagian depan dan torsion beam axle dengan Integral Anti-Roll Bar pada bagian belakang. Fitur ini didukung dengan rem cakram berventilasi pada bagian depan dan rem drum pada bagian belakang. Disemaping itu, sejumlah fitur keselamatan seperti dual airbags, sabuk pengaman depan dengan pretensioner, dan ISOFX juga tersedia.

Skor keseluruhan: 7.5/10

Meskipun suspensi cenderung kaku, Jazz menawarkan pengalaman berkendara yang lincah dan dapat melaju di medan dengan permukaan yang kasar dengan baik. Rem cakram berventilasi disematkan pada bagian depan dan rem drum pada bagian belakang bekerja sama dengan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD) untuk memberikan kinerja pengereman yang unggul. Mobil ini juga dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan yang juga terdapat di Polo, serta tambahan fitur Pedestrian Protection dan Keyless Entry.

Skor keseluruhan: 7.5/10

Kesimpulan

Polo dengan wajah yang lebih segar dan harga yang kompetitif merupakan sebuah kendaraan yang nyaris sempurna, ditambah lagi dengan performa mesinnya yang unggul selaras dengan tampilan ekteriornya yang menarik. Honda Jazz tentunya menjadi salah satu pilihan yang muncul di benak anda ketika ingin membeli sebuah hatchback. Pesonannya yang elok dengan harga yang sangat terjangkau, tidak diragukan lagi akan menjadi saingan berat dari Volkswagen Polo.

 

Komparasi Volkswagen Polo vs Honda Jazz

Volkswagen Polo
  • Rp 308 - Rp 315 Juta
Honda Jazz
  • Rp 252,5 - Rp 295 Juta
Polo vs Jazz

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store