jakarta-selatan
kali dibagikan

Toyota NAV1 Menyangkal Kehancuran Nyata Dirinya?

  • 05 Jan, 2016
  • 2282 Kali Dilihat

JAKARTA: Kita semua sudah mendengar kabar mengenai rencana Toyota Astra Motors (TAM) terkait penghentian produksi MPV mereka, Toyota NAV1. Keputusan ini dikarenakan penjualan NAV1 yang buruk, yang sejak 2014 tidak mendapat pembaruan dalam edisinya. Meskipun penjualannya buruk dibandingkan model lainnya di katalog Toyota Indonesia, mobil ini tampaknya menolak untuk menerima akhir dirinya. Kepala Perencanaan Perusahaan dan Hubungan Masyarakat, Widyawati Soedigdo juga mengklarifikasi hal tersebut dengan menyatakan bahwa NAV1 merupakan salah satu kendaraan berharga Toyota dan masih dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia. Kabar tersebut diterima dengan keterkejutan yang nyata karena kebanyakan penggemar otomotif berpikir bahwa Toyota Sienta akan menggantikan model terkini dari NAV1 setelah yang disebut terakhir pensiun.

Sienta front

Seseorang tidak dapat menyangkal fakta bahwa Indonesia saat ini merupakan pasar terpanas untuk segmen Multi-Purpose Vehicles (MPV) dan ‘menghilangkan’ model seperti NAV1 MPV tentunya akan mempengaruhi pangsa pasar yang dimiliki Toyota. Namun, meski SUV atau Sports Utility Vehicles sudah ditentukan sebagai tren baru otomotif di tahun 2016, penjualan MPV jelas-jelas mengalahkan penjualan segmen SUV di Indonesia. NAV1 pun, meski penjualannya rendah tahun 2015, juga mendapat sekitar 12% penjualan di segmen tersebut. Dengan beberapa model MPV Toyota seperti Kijang Innova 2016 dan Toyota Avanza mendapat angka penjualan yang sempurna di 2015, tampaknya produsen mobil asal Jepang tidak ingin menyerahkan singgasana mereka di Indonesia. Dengan adanya pengumuman oleh Soedigdo, penggemar sudah mulai berspekulasi tentang pembaruan MPV NAV1, yang pertama kali menggebrak pasar Indonesia di tahun 2012.

NAV1 brochure

TAM sudah menyatakan tujuannya dengan jelas tentang Indonesian Automotive Industry, ketika mereka menambah jumlah dealer tahun lalu. Ini merupakan petunjuk yang jelas bahwa 2016 ini kita akan melihat banyak peluncuran baru serta versi pembaruan mobil oleh Toyota Motors, termasuk kemungkinan versi generasi selanjutnya dari Toyota NAV1.

Baca Juga: Lebih Toyota Mobil akan menggelar di Coming 2 Tahun

Galeri

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Komparasi