• Wishlist

Toyota Century Debut di Tokyo Motor Show

Toyota Century, sedan limusin 4-pintu, flagship dari seluruh model Toyota. Khususnya pasar Jepang, karena kendaraan mewah ini hanya dipasarkan di negara asalnya sendiri. Wajar saja, nama Toyota Century terdengar awam di telinga kita. Padahal inilah mobil termewah mereka di atas merek premium Lexus.


Toyota-Century-2018-1024-01


Pertama diperkenalkan pada 1967, nama Century diambil berdasarkan ulang tahun ke-100 Sakichi Toyoda sang pendiri Toyota. Model pertama bertahan selama 30 tahun tanpa ada ubahan besar. Konsep sedan yang masih sangat tradisional, tapi mendepankan kualitas buatan tangan dan kenyamanan penumpang.


Generasi kedua juga berumur sangat panjang, hampir 20 tahun. Generasi ini dipakai sebagai mobil kekaisaran Jepang, sebuah model khusus bernama Toyota Century Royal. Format mesin depan penggerak belakang (FR) sudah biasa. Tapi dipadukan dengan mesin V12 5,0-liter, Century memang produk Toyota pertama dan satu-satunya menggunakan bermesin sebesar itu.


Toyota mempertahankan status Century sebagai sedan paling mewah dan prestisius, dengan memperkenalkan generasi ketiga di Tokyo Motor Show 2017. Rencananya, Century 2018 dipasarkan pertengahan tahun depan. Generasi terbaru tetap membawa tradisi lama dengan model mengotak old-school tapi sangat mewah. Kualitas menjadi perhatian utama dengan menerapkan prinsip monozukuri. Tetap mengejar kemewahan tingkat aristokrat dan kenyamanan sempurna untuk penumpang di belakang.


Bodinya sangat bongsor. Panjang 5.335 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.505 mm, pantas disebut sebagai limusin. Dari model sebelumnya, wheelbase semakin dipanjangkan, ketinggian antara scuff plate, lantai dikurangi dan tinggi bukaan pintu ditambah. Semua itu agar tercipta posisi duduk semakin sempurna di belakang.


Toyota-Century-2018-1024-03


Dari luar masih tampak klasik, tapi di balik kulitnya tersimpan banyak teknologi canggih. Salah satunya mesin 2UR-FSE V8 5,0-liter, menggunakan teknologi injeksi langsung D-4S untuk efisiensi bahan bakar dan performa tinggi. Tidak hanya itu, ternyata jantung mekanis ini juga hibrida. Terpasang Toyota Hybrid System (THS II) untuk mengejar konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya. Belum ada info detil mengenai besarnya tenaga dan torsi yang dihasilkan.


Kabin yang semakin lapang ditambah banyak peranti canggih masa kini. Dua jok individual di belakang, dapat diatur melalui layar LCD besar yang terletak di tengah arm rest. Monitor juga berfungsi sebagai kontrol penyejuk udara dan sound system dengan 20-speaker. Kebutuhan lain untuk kenyamanan tetap tersedia seperti lampu baca, meja untuk menulis dan sarana hiburan. Sentuhan mewah berasal dari penggunaan kulit dan wool berkualitas tinggi tergantung varian. Fitur keselamatan Toyota Safety Sense P yang terdiri dari collision avoidance support, blind spot monitoring dan rear cross traffic turut tersedia. (Odi/Van)


Baca Juga : Rolls Royce Ciptakan Mobil Mewah Untuk Anak