Tertunda Beberapa Tahun, Mercedes-AMG One Siap Diproduksi Tahun Ini

Tertunda Beberapa Tahun, Mercedes-AMG One Siap Diproduksi Tahun Ini

Mercedes-AMG akhirnya merampungkan proyek hypercar mereka yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2017, yaitu AMG One. Tahun ini, hypercar yang mengadopsi langsung mesin dari F1 ini akan mulai diproduksi dan dikirim kepada para pemesannya. Pabrikan Jerman ini turut merilis angka resmi soal performa AMG One.

KEY TAKEAWAYS

  • Seperti apa spesifikasi Mercedes-AMG One?

    Mesin V6 1.6 liter turbo hybrid dari tim Mercedes-AMG Petronas menghasilkan 574 hp
  • Produksi Mercedes-AMG One harus tertunda beberapa tahun, salah satunya karena situasi pandemi COVID-19 yang mendunia. Selain itu, rumitnya aplikasi mesin yang sama seperti mobil F1 mereka ke mobil jalan raya juga membutuhkan riset dan pengembangan yang tidak sebentar. Bisa dibilang ini adalah mobil pertama di dunia yang diproduksi dan dipasarkan dengan mesin benar-benar sama dengan F1.

    Hypercar pertama dari AMG ini pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2017, dengan nama Project One. Bukan hanya mesin, AMG One juga membawa aerodinamika canggih dan cerdas, yang bisa menyesuaikan kondisi dan kebutuhan berkendara termasuk di sirkuit. Wujudnya identik dengan gaya prototipe mobil balap endurance.

    Mesin V6 1.6 liter turbo hybrid dari tim Mercedes-AMG Petronas diadopsi langsung ke AMG One dengan sejumlah penyesuaian. Mesin bakarnya sendiri menghasilkan tenaga 574 hp, untuk menggerakkan roda belakang dan didukung turbocharger elektrik. Hanya mesin ini saja bisa berteriak sampai 11.000 rpm. Angka yang impresif untuk sebuah mesin di bawah 2.000 cc.

    Mercedes-AMG One interior

    Powertrain hybrid AMG One mengandalkan empat buah motor listrik, yang terdiri satu unit di crankshaft, satu unit terintegrasi turbo, dan dua unit menggerakkan roda depan. Secara total, kombinasi mesin dan motor listriknya menghasilkan tenaga sampai 1.049 hp, sementara torsinya belum diumumkan. Adanya asistensi elektrik di turbo memungkinkan torsi lebih tinggi di putaran rendah, berasal dari baterai 8,4 kWh.

    Fitur lain yang diadopsi ke mobil ini dari F1 adalah aktivasi pit lane limiter dan DRS (Drag Reduction System). Pit lane limiter pada dasarnya hanya pembatas kecepatan yang dipakai saat mobil berada di jalur pit sirkuit. Sementara DRS merupakan aerodinamika aktif yang berperan mengurangi tingkat downforce saat dibutuhkan, demi meraih top speed lebih tinggi. Manajemen energi juga bisa dilakukan saat menggeber AMG One. Mode elektrik bisa dimanfaatkan untuk melaju sejauh 18,1 km tanpa bensin.

    Mercedes-AMG One

    Aerodinamika aktif yang hadir di fender depan dan sayap belakang bisa diatur posisinya dengan tiga opsi yaitu Highway, Track, dan Race DRS. Sementara mode brutal untuk berkendara tersedia pilihan Race Safe dan Race. Di mode tertinggi, suspensi akan turun 35 mm di depan dan 30 mm di belakang, sementara sirip fender dan sayap belakang terbuka untuk hasilkan handling dan downforce optimal.

    Tampilan keseluruhannya masih cenderung sama seperti versi konsep dan pra-produksi. Namun Mercedes melakukan ubahan pada velgnya yang kini berdesain 10 palang dan diberikan cover serat karbon, untuk mengurangi hambatan udara di sekitar roda. Tampilan eksotisnya diwakili oleh pintu butterfly, air scoop besar di atas kokpit dan sirip hiu di atas kap mesin.

    Pengemudi dan penumpang tidak bisa mengubah posisi jok di dalam, karena sudah dimaksimalkan demi titik gravitasi terbaik. Namun pengemudi masih bisa mengubah posisi setir dan pedal box secara elektrik. Bentuk setirnya mirip mobil F1, dijejali banyak tombol untuk berbagai fungsi. Dua layar digital 10 inci menghiasi dashboard untuk panel instrumen dan sistem infotainment.

    Hanya 275 unit AMG One akan diproduksi dan semuanya sudah laku terjual di seluruh dunia. Mobil pesaing bagi Aston Martin Valkyrie dan Gordon Murray T.50 ini akan debut publik saat Goodwood Festival of Speed 2022, bulan ini. Produksi dan pengiriman kepada konsumen akan dimulai pada semester kedua tahun ini. (WH/RS)

    Baca juga: Mercedes-Benz Siap Penuhi Jika Ada Permintaan Jokowi soal Mobil Listrik EQS dan EQG Guard di IKN

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature