Teknologi Motor Listrik Nissan Leaf Diuji Pada Bus Di Jepang

Teknologi Motor Listrik Nissan Leaf Diuji Pada Bus Di Jepang

Nissan melakukan uji coba elektrifikasi yang biasa diaplikasi oleh Leaf pada sebuah bus di Jepang. Bus yang dijuluk Yoka ECO Bus ini dibekali tiga baterai, tiga motor listrik dan inverter yang sama dengan Nissan Leaf.

Proyek ini merupakan inisiatif Universitas Kumamoto dan menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, dengan target mengurangi emisi CO2, syukur kalau bisa sekalian menghilangkannya. Sehingga udara Jepang diharapkan lebih baik.

Selain menyumbang baterai, mesin listrik dan inverter, dalam keterangan persnya, Nissan juga mengembangkan girboks khusus untuk bus listrik ini, lengkap dengan dukungan teknis lainnya.

"Dengan melakukan penelitian ini, kami berharap dapat memperbaiki kualitas lingkungan di Jepang dan dapat menjadikan bus listrik sebagai standar (transportasi massal). Dalam hal ini, kami juga memanfaatkan bantuan dari produsen mobil yang tentu sudah lebih paham terkait hal itu," papar Toshiro Matsuda, pimpinan proyek bus listrik, yang juga pengajar di Universitas Kumamoto.

Nissan dianggap sebagai salah satu produsen mobil Jepang yang memiliki teknologi listrik terdepan, berkat Leaf. Hal ini dibuktikan dengan penjualan Leaf yang mendominasi di Jepang. Selain itu, penggunaan teknologi Leaf juga dianggap lebih efisien dibanding melakukan penelitian awal untuk menciptakan sistem kelistrikan pada bus.

"Tujuan kami mengembangkan bus listrik yang seimbang dalam hal ramah lingkungan dan tentu diharapkan dalam pengembangannya, tidak terlalu banyak memakan biaya," tambah Matsuda.

"Nissan secara aktif mendukung program lingkungan serta kegiatan revitalisasi yang dilakukan dan difokuskan untuk terciptanya energi baru seperti mengadopsi kendaraan listrik. Mobil listrik, bagian penting dari visi Nissan Intelligent Mobility yang dicanangkan Nissan untuk mempermudah visibilitas masyarakat ke depannya," papar Nissan dalam keterangannya.

Meski begitu, bukan hal mudah untuk mewujudkan bus ini. Menurut Nissan, terdapat beberapa kendala dalam menciptakan bus listrik. Seperti tingginya harga suku cadang serta baterai dan motor listrik yang digunakan. (Diro/RS)

Baca juga: Lamborghini Tak Tertarik Swakemudi dan Elektrifikasi Sepenuhnya

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil