Suzuki Celerio Hadirkan Varian Mesin Diesel

Suzuki Celerio Hadirkan Varian Mesin Diesel

 JAKARTA: Kabar terbaru berhembus dari Maruti Suzuki India, yang akan segera menghadirkan Suzuki Celerio berjantung pacu diesel dalam beberapa pekan ke depan. Meskipun Celerio belum secara resmi dirilis di Indonesia (dijadwalkan bulan Juni mendatang), namun hal ini cukup menggembirakan bagi penggemar Suzuki di tanah air. Pasalnya, mesin diesel teranyar ini akan diluncurkan dalam kapasitas cc terkecil di dunia, tapi tetap mampu menghantarkan performa yang dahsyat. Mesin diesel pada Celerio ini bisa dikatakan sebagai babak baru produsen asal Jepang tersebut setelah 63 tahun berfokus pada pengembangan mobil bermesin bensin.

Celerio versi diesel ini mengusung mesin dua silinder berkapasitas 793 cc, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 47 bhp pada putaran 3500 rpm serta torsi 12,7 kgm pada 2000 rpm. Varian diesel ini juga menawarkan tingkat efisiensi yang sangat menakjubkan. Berdasarkan rating yang diberikan oleh Automotive Research Association of India, Celerio bermesin diesel akan menjadi mobil yang paling irit penggunaan bahan bakarnya, yaitu sekitar 27,62 km hingga 30 km per liter. Sistem transmisi yang digunakan masih manual lima percepatan. Sementara itu, Suzuki India sejauh ini belum berencana menghadirkan Celerio diesel bertransmisi otomatis  AMT dalam waktu dekat.

Walaupun di pasar Indonesia, Suzuki Celerio baru akan dilepas pada awal bulan Juni 2015, namun di India, Celerio dengan jantung pacu mutakhir ini dijadwalkan akan hadir pada akhir Mei hingga minggu pertama Juni 2015. Di negeri Hindustan, Celerio dilansir akan bersaing ketat dengan Hyundai Grand i10 dan Chevrolet Beat yang dipersenjatai dengan mesin tiga silinder bertenaga 16,31 kgm dan 15,29 kgm. Namun, dengan tingkat efisiensi yang amat tinggi, hal ini bisa menjadi daya tarik konsumen untuk memiliki Suzuki Celerio.

Sebagai informasi tambahan, Celerio merupakan city car yang  masuk dalam kategori mobil Low End, sekelas wagon R, dengan bobot sekitar 1250 kg. Keunggulan desain yang paling ditonjolkan dari mobil ini adalah lekukan profil sampingnya yang menegaskan karakter aerodinamis. Tidak hanya menambah estetika desain, namun fungsi aerodinamis tersebut juga memudahkan pengaliran udara dari bagian depan mobil ke belakang. Lekukan tajam pada mobil ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Walaupun ukurannya tergolong mini, mobil ini tetap tampil perkasa dengan pelek berdiameter 14 inchi dengan desain spoke-6 yang dibekali ban berukuran 155/60 R13 dan 165/70 R14.

Untuk pasar Indonesia, Suzuki Celerio tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Hatchback mungil ini akan mengusung mesin bensin kapasitas 1000 cc berkonfigurasi tiga silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp pada 6.000 rpm beserta torsi 9,1 kgm pada 3500 rpm. Harga sementara Suzuki Celerio yang sempat beredar, tidak jauh berbeda dengan Splash. Celerio untuk tipe transmisi manual dibandrol Rp 142 juta sedangkan tipe transmisi otomatis CVT Rp 154 juta. Sementara itu, informasi mengenai spesifikasi dan harga Celerio bermesin diesel yang kemungkinan juga akan dipasarkan di Indonesia, masih sangat terbatas.

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
Mobil Suzuki

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Celerio Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki Celerio

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang