SPOT, Robot Pintar Serbabisa, Bukti Inovasi Hyundai untuk Masa Depan Lebih Baik

SPOT, Robot Pintar Serbabisa, Bukti Inovasi Hyundai untuk Masa Depan Lebih Baik

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebelumnya sudah memperkenalkan robot SPOT. Robot pintar dengan kecerdasan buatan yang bisa melakukan banyak hal. Ini merupakan bagian dari visi global 'Progress for Humanity' dengan berbagai terobosan teknologi. Hyundai terus bergerak maju dan berusaha mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya, tentu sebagai bagian dalam menyajikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

SPOT adalah hasil kolaborasi Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics. Sebuah perusahaan robotik dan rekayasa teknologi yang sudah ada sejak 1992. Boston Dynamics telah dimiliki Hyundai dari Desember 2020. Memanfaatkan itu untuk visi masa depannya, Hyundai menilai robot pintar punya peran besar dalam kehidupan sehari-hari hingga bisa membantu aktivitas industri.

"Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran SPOT di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," ucap SungJong Ha, President Director of HMID.

Visi misi global juga diterjemahkan Hyundai Motors Indonesia lewat kampanye “Driving Meaningful Innovation” sebagai manifestasi dari kehadiran Hyundai di Tanah Air yang membawa visi ‘Progress for Humanity’. Kampanye ini akan menyoroti komitmen Hyundai untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga pada akhirnya semua orang dapat menjadi lebih produktif dan memberikan makna di setiap detik perjalanan hidup mereka bersama Hyundai. Kampanye terbaru dari Hyundai Motors Indonesia ini akan semakin memperkuat posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif di Indonesia, salah satunya lewat SPOT.

Hyundai SPOT

SPOT dibekali kecerdasan buatan (AI) yang canggih, kemampuan navigasi autonomous, teknologi teleoperasi dan muatan komputasi (Unit layanan yang diproses AI). Merupakan hasil pengembangan oleh Robotic Lab perusahaan untuk digunakan dalam mendukung serangkaian pekerjaan industri.

Menariknya, robot SPOT punya bentuk yang sangat unik. Seperti hewan peliharaan berkaki empat. Dengan itu, kemampuan gerak SPOT sangat fleksibel. Bahkan Spot bisa menari saat mendengar lagu dari BTS yang berjudul IONIQ: I'm On It. Kaki empatnya juga sangat kuat, dapat menopang beban hingga 13,6 kg. Kemudian bisa dimanfaatkan untuk membawa barang atau kargo.

Robot SPOT sudah menjalankan tugasnya di pabrik Korea Selatan. Yakni sebagai pendukung operasional, khususnya mengawasi keselamatan. Tugasnya menyisir area pabrik dan membantu menemukan masalah sebelum benar-benar terjadi, termasuk melakukan patroli malam hari.

Hyundai robot

Dengan kamera termal terpadu dan banyak sensor, SPOT bisa mendeteksi jika ada orang di sekitarnya. Ia juga mampu memonitor temperatur hingga potensi kebakaran di area pabrik. Bahkan bisa mendeteksi pintu terbuka atau tertutup. Bekal kamera pada robot SPOT juga memungkinkan pemantauan nyata di berbagai area pabrik dengan mengirimkan foto.

Jika mendeteksi potensi bahaya, SPOT bisa mengirim alarm kepada penanggung jawab melalui webpage yang aman. Meski punya kemampuan bergerak sendiri, berkat teknologi navigasi autonomous, Spot juga bisa dikontrol langsung (teleoperasi manual) kapanpun dibutuhkan.

Pengembangan dari teknologi robotik perusahaan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan mempromosikan safety. "Masa depan manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita pikirkan. Saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga," imbuh SungJong Ha.

Hyundai SPOT

PT Hyundai Motors Indonesia aktif memamerkan robot Spot di pusat aktivitas seperti Mall Kelapa Gading pada awal September lalu. Kini, robot pintar itu bisa dijumpai di Hyundai City Stores.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang upaya Hyundai dalam mewujudkan masa depan mobilitas yang penuh inovasi, Anda bisa menemukannya di tautan ini. Anda juga bisa mengakses Informasi lengkap tentang produk mobil Hyundai, bisa diakses di sini. Apa saja yang menjadi keunggulan Hyundai STARIA serta ada penawaran menarik apa, pelajari di sini. (ADV)

Baca juga: Berkenalan dengan Fitur Pengendaraan Otonom di Hyundai STARIA

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil