Program Automotive and Robotics Engineer di BINUS ASO

Program Automotive and Robotics Engineer di BINUS ASO

Industri otomotif dan robotika semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi dunia. Sudah saatnya Indonesia memiliki teknologi ini untuk mendorong pertumbuhan industri. Jika Anda seorang yang tertarik akan teknologi dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang robotika, terutama tentang penerapannya pada industri otomotif dan manufaktur, maka program ini cocok untuk Anda.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa itu BINUS ASO School of Engineering (BASE)?

    Kampus kerjasama BINUS (Indonesia) dan ASO College Group (Japan) dengan program teknik yang menjawab kebutuhan industri global.
  • Program Automotive & Robotics Engineering

    Program Studi yang fokus pada teknik otomotif dan robotics engineering mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang lebih Baik
  • Lantas, apa sebenarnya rekayasa otomatisasi dan robotika itu? Bagaimana penerapan teknologi ini dalam kehidupan kita?

    Definisi Otomatisasi dan Teknik Robotika

    Otomatisasi dan robotika adalah teknologi kompleks yang melibatkan teknik komputer, teknik mesin, teknik elektro, mekanika biologi, dan rekayasa perangkat lunak.

    Teknik Otomasi dan Robotika berhubungan dengan desain dan pembuatan robot. Dalam bidang teknis ini, komputer digunakan untuk merancang dan memproses tindakan robot. Robot-robot ini kemudian digunakan di industri untuk mempercepat proses manufaktur. Menggunakan sistem kontrol dan teknologi informasi, teknik otomatisasi dan robotika bertujuan untuk memudahkan tenaga kerja manusia di pabrik, kantor, dan rumah.

    Program Automotive Robotics Engineering (ARE)

    Binus ASO

    Binus ASO memiliki jurusan Automotive Robotics Engineering (ARE) yang mempelajari bagaimana membangun sistem elektronik otomatis untuk memproduksi komponen otomotif dan memudahkan proses manufaktur.

    Program Automotive Robotics Engineering (ARE) di BINUS ASO menggunakan pendekatan yang komprehensif dalam mengembangkan kemampuan siswa di era digital seperti sekarang ini. Implementasinya mencakup spektrum yang luas dari Industri Otomotif dan Industri Robotika dengan penekanan pada Artificial Intelligence of Things (AIoT).

    Kompetensi yang dipelajari di BINUS ASO School of Engineering (BASE) dirancang untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan masa depan di Era Digital Industri 4.0. Kurikulum pembelajarannya mencakup sistem elektronik terkomputerisasi, sistem otomotif cerdas, desain dan pengembangan sistem mekanis dalam alat 3D, dan sistem robot cerdas untuk industri global.

    Sebagai salah satu program Teknik Otomotif dan Robotika terkemuka di Indonesia, BINUS ASO berfokus pada sistem otomatisasi cerdas untuk memajukan umat manusia dan berkontribusi pada komunitas global dengan menyediakan pendidikan kelas dunia.

    Program ini membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan teknologi untuk memungkinkan mereka merancang, menganalisis, dan menerapkan teknologi otomasi dengan berbagai cara dan pendekatan yang kreatif. Program ini bertujuan mempersiapkan lulusannya menjadi pemimpin masa depan dalam komunitas global serta meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi kepada masyarakat.

    Fasilitas

    Mengedepankan lingkungan belajar yang efisien, Binus ASO menyiapkan seperangkat fasilitas pendukung untuk digunakan para mahasiswa. Fasilitas laboratorium yang lengkap seperti; laboratorium Komputer, Fisika, Elektronik, 3D printing, Artificial Intelligence of Things, Intelligent Robotics, dan Intelligent Automotive, memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan teknis mereka dengan alat yang tepat.

    Selain itu, perpustakaan, ruang belajar mandiri, dan ruang belajar menyediakan ruang bagi siswa untuk belajar secara individu dan berdiskusi dalam kelompok. Selain itu, di taman komunitas, area tidur, dan area olahraga, siswa dapat bersantai sejenak dan memulihkan diri dari rutinitas sibuk mereka.

    Jenjang Karir sebagai Automotive and Robotics Engineer

    Binus ASO

    Disadari atau tidak, para Automotive and Robotics Engineer (insinyur otomotif dan robotika) sudah membuat hidup kita lebih mudah. Mereka tidak hanya membuat, tetapi juga merawat, memperbaiki, dan mengembangkan model-model baru dari peralatan yang kita gunakan. Itu sebabnya membangun karir di bidang Automotive and Robotics Engineering adalah hal yang sangat penting. Anda berkesempatan untuk menciptakan teknologi yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

    Pada lingkup yang lebih luas, karena sebagian besar industri saat ini bergantung pada mesin untuk mengotomatisasi proses bisnis mereka, Insinyur Otomotif dan Robotika memiliki jalur karir yang cerah di masa depan. Dengan keahlian di bidang Teknik Otomotif dan Robotika, Anda dapat mencari pekerjaan di industri apa pun yang terkait dengan bidang teknik, seperti penerbangan, pertanian, dan teknik pertambangan. Anda juga dapat memilih untuk berspesialisasi dalam jenis robot tertentu.

    Pada dasarnya ada tiga jenis engineer di bidang otomatisasi dan robotik: Mechanical Engineer yang berfokus pada bagian mekanis, Process Engineer yang mendesain, mengimplementasikan, mengontrol, dan mengoptimalkan proses industri; dan Software Engineer yang tugasnya merancang, mengembangkan, memelihara, menguji, dan mengevaluasi perangkat lunak komputer.

    Jika Anda memilih untuk menempuh jalur ini, karier yang terkait dengan otomasi dan teknik robotika yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

    • Advanced Driver Assistance-Systems Engineer
    • Artificial Intelligence of Things Engineer
    • Autonomous Driving Engineer
    • Data Science Engineer
    • Electric Vehicle Engineer
    • Intelligent Robotics-Systems Engineer
    • Quality Control Engineer
    • Technopreneur

    Dengan meningkatnya permintaan mesin otomatisasi serta munculnya teknologi baru secara berkelanjutan, lulusan program studi Automotive and Robotics Engineering mempunyai peluang besar di dunia kerja pada tahun-tahun mendatang. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendaftar? (ADV)

    Baca Juga: Mengenal Program Business Engineering dari BINUS ASO School of Engineering

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature