Porsche Sajikan Girboks PDK untuk 718 GTS, Cayman GT4 dan Boxster Spyder

Porsche Sajikan Girboks PDK untuk 718 GTS, Cayman GT4 dan Boxster Spyder
Gambar
Review Pengguna

Porsche 718 2020 versi tertinggi telah beredar sejak awal tahun. Ia mendapat mesin lebih besar dan ditemani transmisi manual. Jantung mekanis 6-silinder 4,0 liter, disalurkan tenaganya melalui girboks manual 6-speed. Namun sayang, terobosan sporty itu justru banyak dikritik oleh penggemar Porsche. Dinilai, rasio gear yang ditawarkan tak bisa dinikmati maksimal.

Menjawab keluhan tersebut, Porsche beraksi. Kini menawarkan varian baru 718 GTS dengan transmisi otomatis dual-clutch atau tersohor dengan sebutan PDK (Porsche Dopplekuplung). Jadi sekarang transmisi yang lebih praktis itu sudah bisa dinikmati pada seluruh lini varian Porsche 718 bermesin 4.0 liter. Sebelumnya transmisi PDK hanya ada untuk 718 Cayman GTS dan Boxster GTS saja.

Cayman GT4

Klaim pabrikan asal Jerman, PDK menawarkan “fungsionalitas perpindahan gigi performa tinggi untuk lap time tercepat di sirkuit, dengan operasi sangat efisien berkendara sehari-hari”. Tentunya proses perpindahan gigi dengan PDK akan semakin singkat, saat menggeber maksimal di sirkuit.

Baca juga: Porsche 911 Dibekali Transmisi Manual 7 Percepatan dan Ragam Teknologi Canggih

Sebelumnya, Cayman GT4 dan Boxster Spyder dikritik karena rasio gear yang terlalu panjang di gigi awal, khususnya gigi 1 dan 2. Sejumlah ulasan bahkan mengatakan keduanya tidak akan bisa lebih dari gigi 2 untuk dinikmati performanya saat dikemudikan sehari-hari.

Dengan gearbox baru PDK, Cayman GT4 dan Boxster Spyder diklaim bisa hasilkan akselerasi 0-100 jam setengah detik lebih singkat dari varian manual. Yaitu menjadi 3,9 detik. Sementara untuk akselerasi 0-200 km/jam menjadi lebih singkat 0,4 detik. Lebih menarik lagi, fitur Launch Control bisa dinikmati pada opsi transmisi anyar PDK sekarang.

Pemilik GT4 dan Spyder bisa memilih empat mode berkendara dengan transmisi PDK. Lewat mode Sport, perpindahan gigi semakin singkat, serta saat diturunkan gigi bisa lebih awal dengan bantuan throttle blip otomatis. Sementara saat gunakan mode Sport Plus, pengemudi bisa memanfaatkan fungsi race start pada Launch Control. Rasio pada gigi ke-7 juga menjadi lebih pendek pada versi manual. Dari sisi mesin, unit enam silinder 4,0 liter naturally aspirated mendapatkan torsi tambahan sebesar 10,8 Nm. Jadi sekarang GTS, GT4 dan Boxster Spyder memiliki torsi 430 Nm, sementara tenaganya 395 hp.

Porsche PDK

Selain untuk mendongkrak performa GT4 dan Spyder, transmisi baru Porsche juga telah meningkatkan akselerasi versi GTS menjadi 4,0 detik. Begitu juga soal emisi CO2, berhasil ditekan. GT4 dan Spyder, diklaim pabrikan, menghasilkan emisi 8g/km lebih rendah dan konsumsi BBM 0,298 km/liter lebih baik.

Untuk opsi transmisi baru ini, Porsche pasangkan banderol dengan tambahan harga £ 2.303 (Rp 44,5 jutaan) untuk 718 GTS. Sementara untuk Cayman GT4 dan Boxster Spyder mendapat tambahan £ 2.000 (Rp 38,7 jutaan). (Why/Tom)

Sumber: Autocar

Baca juga: Porsche 911 Turbo 992 Punya Performa setara Turbo S Generasi Sebelum

Jelajahi Porsche 718

Porsche 718 Rp 2,65 Milyar Cicilan : Rp 60,46 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store