jakarta-selatan

Perodua Aruz, Kembaran Daihatsu Terios dengan Fitur Lebih Canggih

  • 16 Jan, 2019
  • 11051 Kali Dilihat

Perodua Malaysia, baru saja meluncurkan produk gres untuk berkompetisi di segmen SUV 7-seater. Ya, jika Anda melihat gambarnya, mudah dikenali sebagai Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Tapi ini kembaran satu induk lain merek. Menyandang nama Perodua, yang tak lain mitra lokal Daihatsu dan Toyota di Malaysia.



Ibarat pertukaran pelajar. Pasar Indonesia mendapatkan Daihatsu Sirion yang berasal dari Perodua MyVi. Lalu Terios berubah menjadi Perodua Aruz untuk pasar Malaysia. Tapi tidak serta merta sama persis dari sisi desain eksterior, interior maupun fitur. Ada banyak ubahan, yang membuat Aruz lebih menarik ketimbang Terios maupun Rush versi Indonesia.


Ada dua varian ditawarkan: Aruz X seharga RM 72.900 (Rp 250 jutaan) dan Aruz AV dibanderol RM 77.900 (Rp 267 jutaan). Kehadirannya menjadi lawan bagi Honda BR-V dan Toyota Rush. Sama saja seperti di Tanah Air. Menurut pewartaan Paultan, pemesanan sudah mencapai 2.200 unit sejak keran pemesanan dibuka 3 Januari lalu.



Mayoritas memang sama dengan Terios-Rush spek Indonesia. Terutama dari sektor penggerak dan sasis. Mesin memakai 2NR-VE 4-silinder 1,5-liter Dual VVT-i bertenaga 105 PS dan torsi 136 Nm. Tapi tidak ada pilihan transmisi manual 5-speed untuk konsumen Negeri Jiran, melainkan matik konvensional 4-speed saja.


Perbedaan tampilan luar sudah akrab, tapi banyak bedanya juga. Selain memakai logo merek Perodua, grille, bumper depan dan bumper belakang dirancang ulang agar tidak sama dengan saudaranya. Peleknya berukuran 17-inci dengan desain kincir yang dilabur warna two-tone.



Melongok ke dalam, banyak sekali bedanya dengan Rush-Terios lokal. Desain dasbor menyerupai MyVi beserta tombol AC digital yang sangat mirip. Bagi kami justru lebih menarik, karena tidak ada hiasan jahitan di sepanjang dasbor. Varian atas sudah terbalut kulit di seluruh jok, mendapat lampu LED otomatis, fungsi SmartLink pada head unit, Driving Video Recorder (DVR) dan SmartTAG terintegrasi.


Fitur di Terios-Rush varian tertinggi saja sudah tergolong lengkap. Namun apa yang dimiliki Aruz lebih komplet dan juga mutakhir. Mesinnya saja mendapat tambahan Eco Idle auto start/stop yang secara otomatis mematikan mesin saat kondisi berhenti. Praktis mengurangi pemakaian bahan bakar. Makanya masuk dalam kualifikasi Engine Efficient Vehicle (EEV). Dengan gamblang disebutkan dalam brosur, sebagai konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya sebesar 15,6 km/liter.



Paling menarik berasal dari fitur keselamatan. Enam airbag, ABS dengan EBD, VSC serta hill start assist jelas sudah standar dari varian bawah. Bahkan ditambahkan fitur hill descent control yang amat berguna saat menurun curam di medan off-road.


Tidak cukup sampai di situ, Aruz tipe AV punya teknologi pencegah terjadi kecelakaan. Namanya Advanced Safety Assist (ASA) 2.0, yang terdiri Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Front Departure Alert dan Pedal Misoperation Control. Peranti aktif memantau dan memberi peringatan bila ada objek di depan, termasuk pejalan kaki, yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.


Sistem ASA 2.0 sama dengan Pre-Collision System milik Toyota Rush versi Malaysia. Uji tabrak ASEAN NCAP juga raih sertifikasi 5 bintang. Ini membuktikan, Rush-Terios di sini sebetulnya bisa lebih canggih lagi. (Odi)


Sumber: Paultan


Baca Juga: Cocok Buat Harian, Pilih Daihatsu Ayla Baru atau Sirion Bekas?

Galeri

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Terios

  • X M/T | Rp 202,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 26,84 Juta
    Angsuran Rp 4,84 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • X M/T Deluxe | Rp 212,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 28,34 Juta
    Angsuran Rp 5,08 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • X A/T Deluxe | Rp 222,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 29,84 Juta
    Angsuran Rp 5,3 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • R M/T | Rp 235 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 31,75 Juta
    Angsuran Rp 5,6 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • R M/T Deluxe | Rp 245 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 33,25 Juta
    Angsuran Rp 5,83 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • R A/T | Rp 245 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 33,25 Juta
    Angsuran Rp 5,83 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • R A/T Deluxe | Rp 255 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 34,75 Juta
    Angsuran Rp 6,05 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Daihatsu Terios

Lihat video terbaru Daihatsu Terios untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Daihatsu Pilihan

  • Populer
  • Komparasi