jakarta-selatan

Perbandingan Toyota C-HR dan Mazda CX-3

  • 13 Apr, 2018
  • 4044 Kali Dilihat

Membandingkan Toyota C-HR dan Mazda CX-3. Keduanya sama-sama kreasi manufaktur Jepang dengan status mobil premium dan diimpor utuh CBU. Mereka juga satu kelas di segmen crossover compact. Seperti apa perbandingan keduanya? Pilih C-HR atau CX-3?


Varian dan Harga


Perbandingan Toyota C-HR dan Mazda CX-3


Toyota cuma bawa satu varian C-HR dari Thailand, mesin 1,8 liter naturally aspirated. Tak ada pilihan dengan beda trim atau spesifikasi. Hanya ada opsi dengan bodi berwarna merah atau biru dan atapnya hitam (dual tone). Harga C-HR 1,8 liter single tone Rp 488,5 juta, sedang versi dual tone Rp 490 juta. Sementara Mazda CX-3 punya dua varian dengan pembeda kelangkapan fitur: Touring dan Grand Touring (GT). Harga Mazda CX-3 Grand Touring Rp 435 juta sedang varian Touring Rp 388 juta. Supaya adil, kita pakai CX-3 GT untuk perbandingan dengan C-HR.


Dimensi


Perbandingan Toyota C-HR dan Mazda CX-3


C-HR dibekali dimensi 4.360 x 1.795 x 1.565 mm (PxLxT). Jarak poros roda 2.640 mm dan ground clearance 154 mm. Mazda CX-3 punya ukuran 4.275 x 1.765 x 1.535 mm, serta dengan jarak antar sumbu roda 2.570 mm dan ground clearance 160 mm. Dari angka itu bisa dilihat, C-HR sedikit lebih besar dari CX-3 dan kabinnya juga sedikit lebih lapang karena punya wheelbase yang lebih panjang. Tapi CX-3 lebih unggul sedikit di ground clearance, jadi kolong mobil tidak mudah terantuk kalau lewat jalan tidak rata.


Desain


Perbandingan Toyota C-HR dan Mazda CX-3


Sama-sama crossover tapi desain C-HR lebih modern dan agresif. C-HR punya banyak pahatan desain tegas pada bodi. Profilnya juga lebih berotot. Sedang CX-3 lebih rapi dan santun tapi tetap menawan. Ukuran roda C-HR 17 inci sedang CX-3 18 inci. Desain pelek CX-3 juga lebih menarik ketimbang C-HR. Toyota menawarkan dual tone dengan atap hitam untuk bodi merah dan biru. Cukup menarik meski harus ditebus dengan harga mahal.


Desain kabin C-HR dijadikan driver oriented. Buktinya dengan infotainment yang serong sedikit mengarah ke pengemudi. Konsol tengah besar memisahkan area pengemudi dan penumpang depan. Warna hitam mendominasi dengan sentuhan coklat pada kabin C-HR. Sementara CX-3 tampil lebih minimalis tapi elegan dengan pemanis silver di sejumlah bagian. Keduanya sudah memakai kulit untuk membungkus jok dan beberapa bagian lain di kabin.


Fitur


Eksterior C-HR ada dua lampu kabut, di depan dan belakang. Sayang lampu utama masih halogen, belum LED, meski bisa diatur tinggi sorotannya secara manual. Sedang di dalam kabin ada layar sentuh infotainment 7 inci dengan dukungan banyak koneksi, AC digital, rem parkir elektrik, layar MID 4,2 inci dan tombol start/stop untuk kontak mesin tanpa kunci. Fitur safety ada 7 airbag, empat rem cakram, ABS+EBD+BA, vehicle stability control, traction control, hill-start assist, blind spot monitor dan rear cross traffic alert.


Mazda CX-3 GT tak kalah soal fitur. Lampu depan LED otomatis dan ada autolevelling, lampu belakang LED, lampu kabut LED, sunroof, head-up display (HUD), infotainment MZD Connect dengan banyak konektivitas, navigasi terintegrasi dan kontrol dari dial putar, AC otomatis tapi belum digital dan tampilan cluster instrument yang sporty. Untuk keselamatan CX-3 juga punya 7 airbag, dynamic stability control, traction control system, lampu depan adaptif, sensor parkir, blind spot monitor, rear cross traffic alert, lane departure warning (LDWS) dan smart city brake support (SCBS).


Performa


Perbandingan Toyota C-HR dan Mazda CX-3


C-HR menggendong mesin 4-silinder 1,8 liter dual VVT-i bertenaga 141 PS pada 6.000 rpm dan torsi 170 Nm pada 4.000 rpm. Tenaganya disalurkan oleh transmisi CVT dengan perpindahan 7-speed melalui tuas transmisi. Ada mode berkendara Sport dan Eco serta dukungan cruise control. Suspensi belakang double wishbone jadi andalan C-HR karena lebih nyaman tapi tetap mendukung kelincahan.


Mesin CX-3 lebih besar, SKYACTIV-G 2,0 liter dengan 148 PS pada 6.000 rpm dan torsi 192 Nm tersedia di 2.800 rpm. Transmisinya otomatis 6-speed racikan khusus SKYACTIV-Drive dan bisa dipindah dari paddle shift di balik kemudi. Ada mode berkendara Sport untuk kenikmatan mengemudi dan fitur i-Stop untuk menghemat bahan bakar saat macet. Cruise control juga sudah tersedia pada CX-3.


Kesimpulan


C-HR memang punya banyak fitur, tapi CX-3 lebih lengkap. Beberapa fitur CX-3 tidak dimiliki C-HR. Sebut saja lampu LED, sunroof, paddle shift, i-Stop, navigasi terintegrasi dan safety yang lebih lengkap. Performa CX-3 lebih unggul dengan mesin lebih besar dan torsi yang tersedia di putaran rendah. Bahkan soal handling enak, yang dijagokan oleh C-HR, juga tersedia pada CX-3. Yang terpenting soal harga. Dengan segala kelebihan CX-3, harganya masih lebih murah dari C-HR. Jadi CX-3 merupakan pilihan yang lebih bijak dari banyak aspek, kecuali kalau Anda memang ingin beli mobil berlabel Toyota. (Tom/Van)


Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota C-HR


Komparasi CX3 vs CHR

Mazda CX3
Rp407,3 - Rp456,7 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota CHR
Rp493,35 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
CX3 vs CHR
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi