• Wishlist

Pengiriman Volkswagen Polo di India dihentikan sementara

JAKARTA:Setelah kontroversi panas tentang skandal emisi disel Volkswagen, perusahaan mobil asal Jerman tersebut lagi-lagi mencuri perhatian dengan surat yang ditujukan untuk dealer partner mereka yang ditandatangani oleh Ashish Gupta, Kepala Operasi Purna-jual dan Pankaj Sharma, Kepala Operasi Penjualan di India. Surat tersebut meminta semua dealer untuk menghentikan pengiriman hatchback Polo mereka sesegera mungkin sampai ada informasi lanjutan dari VW. Penghentian sementara ini berlaku untuk semua varian dari hatchback tersebut.


Dikarenakan perusahaan masih di tengah evaluasi dampak skandal emisi di India, penghentian sementara ini dipercaya ada hubungannya dengan isu yang sama. Namun, salah satu juru bicara perusahaan menepis keraguan yang ada dengan menyatakan bahwa hal ini tidak berhubungan dengan mesin sama sekali tapi semata-mata karena suatu alasan teknis lainnya. Juru bicara tersebut juga menyatakan bahwa sejumlah mobil dari suatu periode produksi tertentu untuk sementara dihentikan pengirimannya, sementara pengiriman Polo lain yang tak terdampak akan terus berjalan sesuai jadwal.


polo-letter


Baca Juga: Volkswagen 'Skandal Diesel Bersih' – Ringkasan Cerita


Awal minggu ini, testing agency ARAI telah memeriksa Volkswagen terkait uji emisi yang dimanipulasi di India. ARAI telah meminta daftar semua mobil yang dijual di India yang menggunakan mesin EA189 (mesin yang tertanam perangkat lunak yang mampu memanipulasi uji emisi). Perusahaan telah resmi mengumumkan bahwa mereka akan menarik mobil disel yang terdampak pada Januari 2016. Seluruh skandal ini meninggalkan pengaruh yang sangat besar pada reputasi perusahaan dan surat ini mungkin akan semakin menghambat reputasi perusahaan. Meskipun, surat itu ditujukan untuk pasar India, namun masyarakat Indonesia juga harus tetap waspada jika berencana untuk membeli mobil ini di kemudian hari.


Baca Juga: Volkswagen Memperketat Prosedur Penarikan Mobil yang Terpengaruh ‘Diesel Bersih’