Mudahkan Layanan bagi Konsumen, BMW Group Indonesia Luncurkan Situs Interaktif

Mudahkan Layanan bagi Konsumen, BMW Group Indonesia Luncurkan Situs Interaktif

Zaman kian canggih, begitu pula layanan yang diberikan merek otomotif kepada pelanggannya. Digitalisasi pun menjadi jawaban. Seperti BMW Group Indonesia, baru saja meluncurkan situs interaktif teranyar www.mybmwdealer.co.id (12/08). Laman ini menjadi titik pertemuan daring antara pelanggan dengan layanan premium BMW. Langsung, berbagai jenis interaksi dapat terlaksana.


“Keterbukaan informasi dan kemudahan berkomunikasi adalah kunci di samping infrastruktur teknologi yang canggih. BMW Virtual Showroom menjadi solusi bagi para calon pelanggan ataupun pelanggan BMW untuk mencoba channel komunikasi baru yang lebih komprehensif dengan Business Consultant dan Service Advisor terbaik dan masuk dalam kategori BMW Elite Club,” komentar Head of Digital BMW Asia Irhan Farhan.


Cocok memang di masa pandemi seperti ini. Ruang pamer virtual memungkinkan pelanggan atau calon pelanggan untuk berkonsultasi tanpa perlu tatap muka. Paling mudahnya adalah menemukan tenaga penjual terbaik. Homepage langsung menampilkan sederet Business Consultant berprestasi. Profil juga ditampilkan sekaligus shortcut kontak telepon atau Whatsapp. Dari situ baru bisa bertanya-tanya lebih lanjut guna mendapatkan informasi produk.


Virtual Showroom


"Kami mau membawa orang dan fasilitas terbaik ke calon customer. Kami hanya menampilkan business consultant Elite Club,” papar Irhan. Ia menambahkan,“Ini merupakan club Business Consultant terbaik dengan kriteria penjualan, training, sertifikasi dan sebagainya. Jadi kami adu tiap tiga bulan, akan berubah komposisinya tergantung prestasi mereka. Jadi dari segi customer akan tahu siapa sales kami yang terbaik, respons cepat, conversion tinggi yang terbukti sudah berjualan lebih tinggi dari yang lain."


Tak hanya tenaga penjual, berlaku pula untuk Service Advisor pada bagian Find Service. Para individu terseleksi siap membantu konsumen bila ingin melakukan penjadwalan servis. Mau langsung ke diler tujuan juga bisa sebab disajikan pilihan diler resmi untuk booking service.


Baca juga: Merespons Adaptasi Kebiasaan Baru, BMW Astra Berikan Layanan Diler Sesuai Protokol Kesehatan


Nah, menariknya kanal ini lumayan interaktif sekaligus mobile-friendly. Jika ingin berjalan-jalan mengunjungi diler sembari melihat ruang pamer bisa mencoba fitur 360 Tour. Meski baru terbatas di area Jakarta, fitur memungkinkan pengalaman berkunjung virtual bak kenyataan. Sebab tangkapan 360 derajat bisa diakses dengan mengarahkan smartphone. Tak perlu repot keluar rumah untuk mengeksplor, semua dapat terlaksana lewat genggaman.


Pun ke depannya, imaji 360 derajat dimanfaatkan untuk merasakan suasana kabin mobil. "Dengan akses mudah, pelanggan dan penggemar BMW dapat mengunjungi showroom BMW pilihannya, konsultasi dengan Business Consultant dan Service Advisor BMW, serta melihat juga rasakan duduk di dalam interior kendaraan terbaru BMW dengan 360 Model Tour," ujar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.


BMW Virtual Showroom


Fokus Digitalisasi


"Salah satu strategi yang terus dikembangkan oleh BMW Group secara global ataupun di Indonesia adalah digitalisasi. Dan ini merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam strategi Number 1 Next BMW. Fokus dari digitalisasi ini secara otomatis disalurkan ke seluruh area dan departemen perusahaan," jelas Jodie O’tania sebagai Director of Communications BMW Group Indonesia. "Saat ini BMW Group bukan hanya sebuah produsen dari kendaraan premium saja tapi juga merupakan sebuah perusahaan digital," tambahnya.


Dijelaskan pula setidaknya ada empat contoh digitalisasi dalam BMW. Dalam hal purchasing, BMW mengadopsi teknologi blockchain. Memungkinkan berbagi data tanpa ada gangguan dari supplier regional ke pusat. Turut dimanfaatkan untuk melacak komponen dalam rantai pasokan. Lalu, digitalisasi masuk ke ranah pelayanan pelanggan seperti langkah situs interaktif BMW Group Indonesia ini.


Aplikasi Artificial Intelligence sudah diadaptasikan di segi produksi. Tak lain bertujuan memastikan presisi pengerjaan yang berdampak pada kualitas produk akhir. Terakhir, pelanggan dapat dengan mudah melakukan pengecekan update software kendaraan. Bisa diakses melalui online aftersales update. (Krm/Tom)


Baca juga: BMW Indonesia Rilis 840i M Technic Gran Coupe Rp 2,4 Miliar, Simak Kehebatannya

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store