Merespons Adaptasi Kebiasaan Baru, BMW Astra Berikan Layanan Diler Sesuai Protokol Kesehatan

Merespons Adaptasi Kebiasaan Baru, BMW Astra Berikan Layanan Diler Sesuai Protokol Kesehatan

Angka positif COVID-19 masih terus bertambah. Mau tak mau membuat pelaku usaha perlu disiplin atas segala kegiatannya. Merespons adaptasi kebiasaan baru ini, BMW Astra sebagai penyedia jaringan diler pun menerapkan standardisasi ketat. Gerai mereka tetap memberikan layanan penuh, namun beroperasi sesuai protokol kesehatan, demi memitigasi risiko penularan virus dan membuat konsumen nyaman.

Seperti dikatakan Fredy Handjaja, CEO BMW Astra dalam konferensi pers yang dilakukan virtual maupun tatap muka di diler-diler terpisah (17/07). Ia mengungkapkan hampir semua layanan kini touchless. Berlaku untuk konsumen, juga para pekerja di diler jaringan BMW Astra.

new normal diler BMW Astra

"Kita semua sedang belajar untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk bersama-sama melewati pandemi ini. Karena itu BMW Astra luncurkan standar layanan baru sesuai protokol kesehatan. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, BMW Astra menyediakan layanan yang dapat dilakukan di dealer, di rumah maupun di kantor Anda," ungkap Fredy.

Pertama dilakukan pemeriksaan suhu pengunjung. Lantas diharuskan mengisi buku tamu melalui sistem QR code, guna mengurangi kontak langsung. Hal ini bukan tanpa alasan. Pengunjung diler perlu diketahui, supaya dapat ditelusuri rekam jejaknya jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi. Protokol seperti jaga jarak, sampai penyediaan cairan pembersih tangan turut disediakan di banyak titik. Dan sterilisasi tangan pengunjung ini sifatnya wajib, bukan imbauan.

Titik interaksi seperti servis, penyerahan kunci mobil, serta pembayaran, sama sekali tak mengharuskan kontak langsung. Prosesnya dijembatani medium lain, misalnya saat petugas memberi remote kunci harus disimpan dalam kotak UV sterilizer. Jadi benda terkait kondisinya sudah bersih. Begitu juga saat membayar, mesin EDC hingga kartu disterilkan lagi menggunakan alkohol.

Adaptasi kebiasaan baru diler BMW Astra

"Lounge dan bar kami juga memiliki konsep self service. Tersedia pembersih sinar UV untuk perlengkapan makan dan minum. Semua ini dilakukan dalam tiga tahap. Pertama di-steam dalam suhu tinggi, kemudian ozone, baru masuk UV light. Jadi sudah bersih. Pun jika mau dilayani sesuai kehendak konsumen, kami menyanggupi," jelasnya.

Jika hal tadi terkait mitigasi dari sudut pandang pengunjung, para pegawai dan area showroom juga tak lepas dari protokol ketat. Tiap empat jam sekali masker pelayan bakal diganti. Pembekalan vitamin, hand sanitizer, serta rapid tes turut dilakukan rutin guna menjaga kondisi fisik para pekerja prima. Area showroom tentu dibersihkan juga dalam interval empat jam.

"Pembersihan fasilitas showroom setiap empat jam dan penggantian masker para staf setiap empat jam. Setiap mobil yang akan diberikan ke pelanggan saat serah terima juga dibersihkan menggunakan disinfektan dan kemudian disegel. Disinfektan yang kami gunakan juga aman bagi kesehatan karena berstandar food grade,” katanya.

Segel dipasang untuk jadi penanda. Tiap selesai servis, kondisi mobil baik panel luar yang sering disentuh (pintu) sampai bagian interior dibersihkan terlebih dulu. Baru dipasang segel. Supaya konsumen yakin hanya merekalah yang masuk ke dalam setelah kondisi sudah disteril. Unit uji jalan diperlakukan sama. Sebelum dan sesudah pengunjung mencoba, bagian-bagian krusial berulang kali dibersihkan.

bengkel BMW Astra

Di samping layanan diler, konsumen dipersilakan jika menginginkan staf yang datang ke rumah atau kantor. Baik untuk servis, atau membutuhkan informasi soal produk BMW. Sama halnya, protokol tetap berjalan. Perwakilan mereka bakal dibekali care kit meliputi cairan-cairan pembersih lengkap.

Penawaran Khusus

Mengenai penawaran khusus, BMW Astra bulan ini mengadakan program bagi konsumen kredit. Untuk menebus unit BMW cukup menyerahkan uang muka Rp 36 juta. Termasuk biaya provisi, asuransi, angsuran pertama, administrasi, serta biaya-biaya lainnya. Nominal itu menjadi total bayar pertama. Setelahnya, ditambahkan bonus voucher bensin senilai Rp 20 juta. Plus, dimasukkan extended warranty dari tiga tahun menjadi lima tahun.

Spesialisasi Diler BMW Astra

Saat ini ada delapan cabang di Indonesia dan empat dari itu tersebar di Jakarta, yakni Pluit, Serpong, Cilandak, serta Sunter. Meski sama-sama memiliki fasilitas lengkap, nyatanya tiap gerai memiliki spesialisasi tersendiri.

Diungkapkan oleh Fredy, gerai Sunter dapat melayani mobil high security system, biasanya kendaraan milik kedutaan. Di sini pula, Anda pemilik Mini dapat melakukan perbaikan atau servis rutin. Sementara Pluit, fokus dalam layanan fast line dan servis 24 jam. Lantas Cilandak terkenal memfasilitasi BMW klasik, berikutnya Serpong sebagai diler BMW i series. (Hlm/Tom)

Baca juga: BMW Buka Tabir Model Elektrik iX3, Banyak Inovasi Baru

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store