Mirip Mini Cooper, Mobil Listrik Cina Ini Tak Sampai Rp 100 Juta

Mirip Mini Cooper, Mobil Listrik Cina Ini Tak Sampai Rp 100 Juta

Di Cina ada mobil listrik murni bernama Lingbao BEV. Saat ini belum dijual resmi dan foto itu dibilang sebagai hasil spy shot. Yang menggelitik ialah bentuk keseluruhan bodi mobil. Bukan barang aneh kalau pabrikan di sana gemar menyontek mobil premium seperti Mini Cooper. Seluruh tubuh diguyur cat dua nada. Di atas (roof top) dan grille depan dikelir putih, selebihnya warna biru. Konon harga dipatok 45.000 yuan atau sekitar Rp 89 jutaan.


Mobil listrik Cina murah mirip Mini Cooper


Wajar saja banderol lebih murah dari mobil hatchback LCGC di Indonesia. Pemerintah Cina memberi subsidi bagi warga yang membeli mobil full electric. Besarannya sekitar 60 persen. Namun sayang belum ada informasi lebih perinci. Belum tahu berapa besar kapasitas baterai dan daya jelajah yang dimiliki. Namun diprediksi tak besar, lantaran peruntukannya sebagai mobil perkotaan. Dimensi juga tak tertera, sepintas tampak seukuran Toyota Agya.


Pada bagian belakang mobil terdapat logo K-Car. Artinya ukuran tak boleh lebih dari 3.400 x 1.480 x 2.000 mm. Lalu konfigurasi tempat duduk maksimal empat orang dan kapasitas beban tidak boleh melebihi 350 kg. Ya, itulah prediksinya.


Desain Eksterior


Sudah mencontek Mini, Lingbao BEV tetap terlihat lucu, keren atau bahkan premium. Dari segi tampilan, bak kendaraan buruk rupa. Wajah depan mengadopsi desain tertutup lazimnya kendaraan listrik lain. Lampu depan dan belakang bundar cenderung oval. Grille depan putih dengan logo hitam pabrikan. Bentuk tubuh membulat, menciptakan efek visual murahan. Sisi mobil sederhana nan polos dan tidak ada garis atau bentuk pahatan rumit. Bentuk pelek dua tone delapan palang yang tipis, seperti Calya.


Tak aneh kalau mobil di Cina meniru bentuk mobil premium lain


Kabin


Tapi begitu Anda melihat kabin, lumayan mewah. Ada celah besar di tengah kursi utama dan penumpang depan. Kemudian disisipi sandaran tangan tengah. Hampir seluruh interior dibalut material hitam. Mulai dari dasbor, jok kulit sintesis, lapisan lingkar kemudi, door trim dan beberapa panel.


Lalu layar sentuh monitor menjulang di tengah. Sekitar 8 inci dengan berbagai konektifitas, termasuk smartphone untuk memutar musik. Ventilasi AC samping juga dibikin bulat seperti pada Mini Cooper. Bagian tengahnya dilapis cat merah, bergaya ala mobil-mobil Eropa. Lalu bentuk lingkar kemudi tidak jelek. Bermodel tiga palang plus tombol pengaturan, audio switch di sebelah kiri dan kanan.


Desain kabin mobil listrik Cina murah


Itulah gambaran betapa mobil listrik di sana bukan simbolitas benda premium. Banyak produsen kecil hingga raksasa membuat kendaraan EV dengan berbagai rentang segmen. Betul ada yang mahal. Tapi berbanderol murah seperti Lingbao BEV pun banyak. (Alx/Tom)


Sumber: autohome.com.cn


Baca Juga: UNI-T, SUV Cina Berpenampilan Premium dari Changan Automobile

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store