• Wishlist

UNI-T, SUV Cina Berpenampilan Premium dari Changan Automobile

UNI-T, SUV Cina Berpenampilan Premium dari Changan Automobile

Perkembangan Cina di dunia otomotif tak tertahankan. Pabrikan di sana terus menyajikan model-model baru. Seperti Changan Automobile (CA) yang menghadirkan UNI-T. CA sendiri merupakan produsen otomotif yang tergabung dalam joint venture bersama Ford. Ia juga belum lama bekerjasama dengan Peugeot Citroen Automobiles (PSA) Group.


Changan UNI-T


Berbekal kerjasama ini, Changan mampu menciptakan tunggangan keren. Menariknya, UNI menjadi nama sendiri. Artinya ke depan ia bakal disematkan sebagai basis untuk seri-seri lain. UNI sengaja disuguhkan untuk menarik minat konsumen muda. Model pertamanya, UNI-T berwujud SUV (Sport Utility Vehicle) crossover. Dalam foto yang dirilis, ia berpenampilan futuristik dan kekinian, dengan garis tajam pada bodinya.


Kabarnya, ia bakal dibuka tudungnya secara resmi lewat Geneva Motor Show, dan dipasarkan tahun ini. Mobil ini punya panjang 4.515 mm, lebar 1.870 mm dan berjarak sumbu roda 2.710 mm. UNI-T terbilang kompak, tapi belum diketahui bagaimana dalamnya. Sebab, Changan belum menunjukkan foto resmi interior. Walau begitu, wajahnya sangat apik. Fascia depan didominasi grille trapezium terbalik dengan corak yang mendetail. Motifnya berlian yang berbaris rapi. Dari jauh seperti zirah.


Di ujung samping komponen itu, disematkan lampu LED tipis, yang terkesan galak. Ini tergabung dengan area yang biasanya menjadi tempat rumah foglamp. Ketiganya dipisahkan siluet berbentuk S berkelir oranye. Area yang berada di bawah lampu, biasanya dijadikan tempat menempelnya foglamp dihiasi garis-garis tegas. Ini menguatkan kesan sporty, sekaligus mewujudkan aura kekinian.


Changan UNI-T


Aksen oranye juga dibubuhkan pada tulang atap dari depan hingga ke buritan. Desainnya melandai, menghadirkan konsep coupe. Sementara pilarnya dibuat hitam, seolah tak memiliki penahan atap. Di area yang sama, sepertinya Changan menyembunyikan gagang pintu. Contoh pintu depan. Gagangnya mirip gaya mobil premium, yang harus ditekan dulu untuk membuka. Sedangkan di belakang ditempatkan di samping pilar C, persis Honda HR-V atau Toyota C-HR. Bertubuh abu-abu metalik gelap, perpaduan ketiga warna membuatnya tampak berkelas. Pelek gelap berpalang dinamis dipasangkan, memperlihatkan sistem pengereman di belakangnya yang berupa cakram (depan dan belakang. Nantinya ada dua ukuran, 17 dan 19 inci.


Wujud belakang tak kalah atraktif. Lampu kombinasi yang sleek diterapkan. Bodinya dibuat agar punya lekuk bertingkat. Kaca belakang landai dan dihiasi spoiler senada corak pilar. Gaya seperti ini harusnya bisa menarik perhatian pembeli berusia muda. Bumper tampil agresif dengan aksesoris layaknya diffuser dan berpadu sistem pembuangan empat muffler.


Urusan mesin, infonya Changan menyodorkan dua pilihan, 1,5 liter turbo dan 2,0 liter turbo empat silinder. Belum diketahui seperti apa spesifikasi lebih lengkap, termasuk pula harga. Bila Changan ingin menyasar pelanggan muda, harusnya banderol sangat bersahabat. (Hfd/Odi)


Sumber: Chinapev


Baca Juga: SAIC-GM-Wuling Siapkan Mobil Baru pada 2020

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store