Michelin Pilot Sport 4 SUV, Penuhi Permintaan Ban Performa Tinggi untuk SUV

Michelin Pilot Sport 4 SUV, Penuhi Permintaan Ban Performa Tinggi untuk SUV

Sepang - Ban Michelin Pilot Sport Series bertambah jajarannya. Sekarang, tak lagi hanya dapat dinikmati di sedan atau mobil sport performa tinggi. Michelin baru saja mengeluarkan Pilot Sport khusus untuk kendaraan jenis Sport Utility Vechicle (SUV). Sensasi traksi ala mobil sport bisa didapat dalam jenis mobil ber-ground clearance tinggi.

tapak ban michelin

Di tengah pertumbuhan SUV yang pesat, Pilot Sport 4 SUV sebagai ban Ultra High Performance (UHP), menjadi pilihan yang diklaim menawarkan traksi dan pengereman terbaik dalam kondisi kering maupun basah. Apalagi evolusi mobil segala utilitas ini terus berkembang, mulai kelas menengah sampai mengarah performa mesin tinggi, tak kalah dari mobil sport sedan maupun coupe. Tren ini juga terjadi di Indonesia. Itulah mengapa Michelin menargetkan ban premium untuk pasar lokal.

“Salah satu target kami, karena pasar SUV Indonesia saat ini sedang bertumbuh. Segmen SUV menunjukkan tren peningkatan yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir," kata Roslina Komalasari, Head of Marketing Consumer Products Indonesia Michelin Indonesia. "Sekarang juga makin banyak SUV performa tinggi. Image SUV juga berbeda. Pilihan performa tinggi tidak sedan saja. Makin banyak SUV, makanya kami tangkap peluang itu," tambahnya.

michelin passion experience

Michelin Pilot Sport yang terkenal dipakai oleh mobil sedan sampai sport, menantang desainer ban agar dapat diadaptasi oleh SUV. Karakternya tentu berbeda, terutama titik pusat gaya berat lebih tinggi dan bobot kendaraan juga lebih besar pada umumnya. Daya cengkeram di segala kondisi permukaan jalan jadi perhatian utama. Selain durabilitas dan keawetan tapak ban.

Desain tapak dibuat asimetris. Bagian luar optimal untuk kondisi kering, sedang bagian dalam untuk kondisi basah. Alurnya dirancang agar tapak lebih kaku dan tercipta traksi lateral. Tersemat teknologi 'Dynamic Response', sebuah sabuk dengan penguat hybrid yang terbuat dari bahan aramid dan nilon. Compound tapak mengandung senyawa baru dengan "elastomar fungsional" dan silika tipis agar menambah daya cengkeram pengereman di jalan basah. Desain keseluruhan pun kian premium. Latar brand Michelin menggunakan material velvet yang lembut dan ter-emboss tulisan Michelin di dalam alur tapak.

Pengujian Langsung

Momen Peluncuran Pilot Sport 4 SUV termasuk spesial. Berbarengan event tahunan Michelin Passion Experience 2019 yang dihelat di Sepang international circuit, Malaysia (14/9). Sekaligus juga ajang pembuktian kemampuan Pilot Sport 4 SUV. Pengujian dilakukan memakai BMW X3 xDrive30i, salah satu SUV performa tinggi yang bisa dibeli di Indonesia. Tak lupa, membandingkan dengan mobil sama yang memakai ban kompetitor sekelas, untuk mengetahui perbedaannya.

Trek sirkuit Sepang dibagi beberapa bagian untuk uji slalom dan pengereman. Tentu kondisinya dibuat dalam lintasan kering dan basah. Uji pengereman dalam kondisi basah dilakukan dari kecepatan 80 km/jam sampai berhenti. Sementara kondisi kering kecepatannya lebih tinggi sampai 100 km/jam. Keistimewaan Pilot Sport 4 SUV langsung terasa di sini. Dibanding kompetitornya sekelasnya, mampu memperpendek jarak pengereman hingga 2 meter lebih. Ini sesuai klaim Michelin yang meraih posisi terbaik dalam pengujian wet handling oleh TÜV SÜD di Jerman.

menguji michelin pilot sport

Grip dan traksi hebat begitu terasa saat uji slalom. Meliuk-liuk dalam kecepatan 60 km/jam dilalui dengan mudah dan sangat terkontrol. Bodi mobil tidak sampai bergeser, begitu pula understeer maupun oversteer yang gampang dikendalikan. Menambah rasa keyakinan saat mengemudikan X3 dengan Pilot Sport 4, dibanding ban lawannya. Berbagai manuver dapat dilakukan tanpa perlu takut kehilangan daya cengkeram.

Saat ini Michelin Pilot Sport 4 SUV sudah tersedia di outlet resmi Michelin Indonesia. Ukurannya beragam mulai dari 17 sampai 23 inci, untuk memenuhi kebutuhan konsumen SUV. Tapi paling banyak stok tersedia, ukuran 19, 20, 21 inci. Harga ditawarkan mulai dari Rp 3 jutaan sampai Rp 8 jutaan (Odi)

Baca Juga: Ban Terbaru Michelin Energy XM2+ Mampu Perpendek Jarak Pengereman