• Wishlist

Menanti Kehadiran Mercedes-Benz X-CLass

JAKARTA: Kerjasama antara Nissan dan Mercedes-Benz dalam menghasikan kendaraan double cabin mulai menunjukan wujudnya. Seperti diketahui, Mercedes-Benz yang berniat membuat model pick up baru untuk jajaran produknya, menggandeng Nissan untuk membantu mereka. Dan sebagai imbal balik, Mercedes-Benz menyediakan platform A-Class untuk digunakan oleh Infiniti Q30.


Namun daripada susah-susah dan membuang biaya besar untuk membuat platform baru, Nissan menyediakan platform pick up Navara NP300 yang dikenal ‘badak’ di segala medan. Kerjasama tersebut diumumkan Juni tahun lalu, dan setelah lama tidak terdengar beritanya, situs caradvice di Australia mengungkapkan bahwa ada kemungkinan Mercedes-Benz doule cabin tersebut akan dinamai X-Class.


NissanNavaraNP300S

Keputusan untuk menggunakan platform yang sudah terbukti memang jalan pintas yang tepat. Namun menurut Mercedes-Benz, rancang bangun selebihnya diurus langsung oleh pabrikan Jerman itu. Hal tersebut juga bisa dimengerti karena Mercedes-Benz tentunya ingin menciptakan mobil yang sesuai dengan standarnya.


Pickup tersebut diperkirakan akan dibuat di pabrik Nissan di Barcelona, Spanyol, untuk dipasarkan di Amerika Latin, Eropa, Australia, New Zealand, serta Afrika Selatan untuk awalnya, dan kemudian akan dipasarkan secara global. X-Class akan tersedia dalam bentu double cabin, dengan tiga varian yang akan menjangkau pasar komersial hingga lifestyle. Namun jika Anda berharap akan ada versi AMG, hingga saat ini hal tersebut masih dibantah.


Di balik bonnet-nya akan tersedia beberapa pilihan mesin. Salah satunya adalah mesin turbodiesel empat silinder asli milik Nissan Navara NP300 yang berkapasitas 2,5 liter. Diperkirakan inilah mesin yang akan mentenagai X-Class varian paling bawah. Diatasnya akan ada mesin turbodiesel enam silinder yang bertenaga 225 hp dengan torsi 550Nm.


Di bagian interior, X-Class akan dibekali interior yang diambil dari Mercedes-Benz B-Class, dengan penyesuaian sesuai dengan variannya, dan tentunya harus mampu mengakomodir kebutuhan kendaraan offroad.


mercedesbenzdcab small

Mercedes-Benz X-Class diperkirakan akan diperkenalkan paling cepat dua tahun lagi. Saat ini diketahui bahwa Mercedes-Benz sedang melakukan pengujian untuk X-Class di wilayah Eropa.


Sekedar berbagi, kami sendiri memiliki pengalaman yang luar biasa dengan Nissan Navara, dan harus diakui, mobil ini luar biasa saat harus berhadapan dengan medan offroad berat. Kemampuannya di jalan aspal pun terasa mumpuni. Mobil tersebut juga terasa unik karena hingga saat ini, hanya Navara yang menggunakan suspensi independen di keempat rodanya. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mendukung kemampuan offroadnya, meski kami belum pernah membawa beban di baknya.


Jadi rasanya wajar saja saat kerjasama kedua raksasa otomotif ini berjalan, Mercedes-Benz langsung menunjuk platform Navara NP300. Kemampuannya memang sudah teruji dan patut diacungi jempol.