Lebih Murah Sampai Rp 120 Juta, Apa yang Beda dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus?

Lebih Murah Sampai Rp 120 Juta, Apa yang Beda dari Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus?

Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus jadi pilihan selain trim GT Line. Seperti diungkap oleh Astra Peugeot Indonesia, kedua varian ini dianggap setara. Walau secara strata, Allure Plus adalah varian di bawah GT Line. Makanya tampilan GT Line tetap diaplikasi agar tingkat premiumnya bertahan. Hanya karakter desain yang membedakan.


Peugeot 3008 dan 5008 GT Line dengan nada two-tone di eksterior tampil lebih sporty. Interiornya mayoritas hitam sampai pilar dan plafon. Sementara Allure Plus berkesan elegan. Bodinya utuh satu warna dan kabin lebih terah berkat warna cerah pada plafon. Selain itu, banyak lagi perbedaan yang membuat harga tipe Allure Plus jauh lebih murah. Ini penjelasan detailnya.


Peugeot 3008 Allue Plus


Peugeot 3008 Allure Plus


SUV Peugeot termurah dengan banderol Rp 670 juta. Lebih murah Rp 80 juta dari 3008 GT Line yang seharga Rp 750 juta. Dari tampang cuma bisa dibedakan pada pewarnaan two-tone. Atap Allure Plus tidak dikelir hitam alias sewarna bodi. Selebihnya sama, desain pelek Los Angeles 18-inci pun serupa.


Ada beda dimensi sedikit yang tak dapat diukur oleh mata. Panjang 4.510 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.662 mm dan wheelbase 2.730 mm, lebih besar segalanya dari 3008 GT Line. Tak banyak, hanya sekitar 5 hingga 9 mm untuk tiap sisi. Seperti dikonfirmasi pihak Peugeot, basis produksi kedua varian ini berbeda. Allure Plus diboyong utuh dari Malaysia, sedangkan GT Line dari Prancis. Regulasi produksi antarregional memungkinkan perbedaan desain, dimensi hingga spesifikasi.


Fitur eksterior hampir identik GT Line. Lampu semua sudah LED, berbagai sensor, fungsi otomatis dan tak lupa lampu belakang bergaya "Claw Effect" 3D, ciri khas Peugeot modern. Bagian atap terpasang kaca panoramic yang besar dan dapat dibuka. Nah, bagian itu juga dipasang roof rail untuk keperluan menambah daya angkut barang. Aksesori ini tidak dimiliki 3008 GT Line.


Desain interior sama modernnya lewat konsep i-Cockpit. Sebuah monitor layar sentuh bertengger di tengah, berisi koneksi Bluetooth, Apple CarPlay, voice recognition, Arkamys 3D Sound Staging dan yang baru navigasi GPS. Tampilan peta dapat terpampang di head-up cluster display 12-inci. Ini tidak ada di GT Line


Fitur keselamatan 3008 Allure Plus malah lebih mutakhir. Ditambahkan Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System, tapi kehilangan electric child safety locks. Kalau anak sudah besar atau lebih banyak mengemudi sendiri, jelas tidak diperlukan.


Peugeot 5008 Allure Plus


Peugeot 5008 Allure Plus


Untuk 5008 Allure Plus, lebih kentara diferensiasinya bila dilihat dari luar. Selain atap sewarna bodi, pelek sengaja dibedakan. Pakai desain Detroit 18-inci dengan gaya palang lima bilah ganda.


Muka boleh persis seperti 3008 Allure Plus. Tapi setengah badan ke belakang adalah kelebihan utama 5008. Wheelbase 2.840 mm lebih panjang 110 mm dari 3008 Allure Plus. Tidak ada penambahan dibanding 5008 GT Line. Tetap, dimensi segala sisi turut membesar akibat perbedaan basis produksi.


Harga lebih murah hingga Rp 120 juta daripada 5008 GT Line, bisa jadi karena hilangnya beberapa fitur. Kamera 360 derajat plus parking assist ditiadakan. Peranti semi auto parking, bisa parkir otomatis untuk parkir mundur, paralel dan keluar dari parkir paralel. Semuanya terpantau kamera berlensa lebar untuk menjangkau semua sudut. Bila jarang dipakai, toh akan mubazir juga. Fitur parking assist hanya ada di 5008 GT Line. Model 3008 GT Line memang tidak punya.


Fitur kenyamanan di kabin cenderung sama dengan 3008 Allure Plus. Tapi kelebihan sebagai SUV 7-seater sedikit dikorbankan dari hilangnya fitur pelipatan kursi rata lantai sampai baris kedua. Lagi-lagi, jika tidak dibutuhkan bukan masalah berarti. Toh kelebihan kursi di baris ketiga semestinya dimanfaatkan untuk membawa penumpang lebih banyak. Walau ruang tergolong sempit, cocok untuk penumpang anak-anak saja. Begitu pula fitur keselamatan ditawarkan, sama persis dengan tambahan di Peugeot 3008 Allure Plus.


Lampu belakang khas Claw effect untuk GT Line dan Allure Plus


Persamaan


Varian Allure Plus ini menarik. Fitur-fitur mahal yang jarang terpakai dihapus, berganti fitur lebih berguna. Seperti sistem navigasi dan tambahan sistem keselamatan aktif, pasti sangat bermanfaat. Terlepas dari itu, lebih banyak persamaannya dengan tipe GT Line sehingga membuat Allure Plus semakin bernilai tinggi.


Tidak ada penurunan dari sisi performa mesin. Tetap andalkan unit 4-silinder 1,6-liter turbo bertekanan tinggi, menghasilkan tenaga 167 PS dan torsi 240 Nm. Fitur Advanced Grip Control memberi kemampuan off-road walau berpenggerak roda depan (FWD). Terdiri dari 5 mode yang fungsinya disesuaikan kondisi permukaan jalan.


Purnajual eksklusif dari Astra Peugeot menjamin kenyamanan sepanjang memiliki jenama Prancis ini. Garansi dikasih 5 tahun atau 100.000 km, mana yang tercapai lebih dulu dan Peugeot Maintenance Package berupa paket perawatan 5 tahun atau 60.000 km. Masih ada lagi, konsumen bakal mendapat privilege card untuk prioritas layanan di bengkel resmi, diskon sparepart, diskon emergency towing dan kunjungan dari departemen aftersales. (Odi/Tom)


Baca Juga: Peugeot Indonesia Luncurkan 3008 dan 5008 Allure Plus, Ada Fitur Baru dan Lebih Murah

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store