LCGC 7-Seater, Pilih Datsun GO+ Panca 2018 Atau Toyota Calya? (Bagian ke-2)

LCGC 7-Seater, Pilih Datsun GO+ Panca 2018 Atau Toyota Calya? (Bagian ke-2)
Gambar
Review Pengguna

Pada artikel sebelumnya, kami mengulas perbandingan harga dan performa Datsun GO+ Panca dengan Toyota Calya. Sekarang, kami lanjut membahas kenyamanan, fitur dan kesimpulan dari perbandingan kedua mobil.

Datsun GO+ Panca 2018 Atau Toyota Calya

Dimensi & Kenyamanan

Spesifikasi keduanya mengatakan, Calya lebih besar dari GO+ Panca. Meskipun perbedaannya berselisih sekian milimeter saja. Namun, perbedaan sedikit tadi, memberikan nilai lebih untuk Calya. Misalnya, Calya lebih tinggi hampir 100 mm dari GO+. Artinya, LCGC Toyota itu tawarkan ruang kepala yang lebih baik untuk penumpang.

Sesungguhnya, ruang kabin yang besar, tak hanya memberikan ruang untuk kepala dan kaki yang lebih baik. Selain ruang gerak yang lebih baik, penghuninya tak perlu merasa seperti terlalu terkurung di dalam kabin yang sempit. Ini jelas berpengaruh terhadap faktor kenyamanan.

Dimensi Datsun GO+ Panca 2018 Atau Toyota Calya

Banyak hal yang mempengaruhi faktor kenyamanan. Kita mulai dari material interior. Kualitas material interior GO+, seperti tak mengalami peningkatan berarti dibanding sebelumnya. Busa joknya masih sangat tipis dan sandaran kepalanya tak bisa disetel ketinggiannya. Malahan kursi baris kedua, cuma menyediakan dua sandaran kepala. Toyota sediakan tujuh head rest untuk Calya dan bisa diatur ketinggiannya!

Lalu, soal peredaman kabin. Untuk ukuran LCGC, banyak yang sudah mengakui kekedapan kabin Calya cukup baik. Sementara, meski Datsun mengakui telah menambah sejumlah peredam untuk insulasi kebisingan, tapi ini masih harus kami uji dulu. Begitupun dengan bantingan suspensi. Dulu suspensi GO+ ambles sama seperti Calya. Versi barunya, Datsun bilang lebih baik. Kita lihat saja nanti.

Jadi, sementara ini, satu poin keunggulan buat Calya. Tujuh sandaran kepala yang bisa diatur ketinggiannya, jok yang lebih tebal, ruang kabin yang lebih luas, semua itu alasannya. Selain itu, poin utama yang menjadi kelebihan Calya, adanya air circulator. Kipas angin ini mengisap udara dingin yang diembuskan dari ventilasi AC di depan hingga ke penumpang paling belakang. Walaupun tak sebaik AC double blower, setidaknya air circulator membantu mendistribusikan udara dingin lebih cepat ke seluruh kabin. Pada GO+ Panca, jangankan AC double blower, air circulator pun tak ada.

Fitur hiburan & Keselamatan

Beruntung Datsun menanamkan fitur hiburan yang mewah untuk GO+. Karena sekarang terdapat head unit layar sentuh berukuran 6,75 inci yang punya fungsi smartphone connection. Ini jelas lompatan signifikan. Karena dulu, pada tipe terendahnya, bahkan GO+ tak menyediakan head unit audio. Jadi, sekarang kalau Anda punya smartphone, head unit GO+ tipe termahal bisa untuk menampilkan beberapa aplikasi di dalamnya termasuk navigasi. Ini penting, karena fitur bisa menjadi alasan utama konsumen memilih mobil. GO+ boleh bangga karena hiburan kabinnya unggul dari Calya. Karena penumpang Calya hanya dihibur oleh head unit 2-DIN.

Fitur Datsun GO+ Panca 2018 Atau Toyota Calya

Fitur tak hanya ditabur di bagian dalam mobil, bagian luar GO+ pun kebagian fitur baru. Lampu pemandu LED yang bisa difungsikan layaknya Day-time Running Light ini, membuat tampilan GO+ jauh lebih keren dari Calya. Bicara soal lampu, ada satu fitur mewah lain yang dimiliki GO+, auto headlights. Katanya, GO+ bisa menghidupkan sendiri lampu utama secara otomatis kalau hari sudah gelap.

Lantas apa artinya ini GO+ unggul dari Calya soal fitur? Tunggu dulu, Calya punya fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap ketimbang GO+. Percaya atau tidak, sekarang hingga tipe termurahnya sekalipun, Calya dibekali fitur keselamatan standar rem ABS (Anti-lock Brake System), dual SRS Airbag, sensor parkir hingga kursi ISOFX. Fitur keamanannya ada kunci immobilizer dan anti-theft system (alarm) pada setiap varian. GO+ cuma dibekali satu airbag khusus pengemudi dan sensor parkir. Tak ada rem ABS. Untung fitur keamanan kunci immobilizer juga tersedia di setiap varian.

Kesimpulan

Singkatnya, GO+ Panca unggul dari Calya karena harga yang lebih murah, namun punya fitur hiburan yang lebih baik. Sementara itu, Calya menang performa, kenyamanan dan fitur keselamatan. Datsun GO+ dengan segala kelebihan dan kekurangannya, harus mengakui keunggulan Calya pada perbandingan spesifikasi ini. Ditambah lagi, Calya punya pilihan transmisi otomatis yang tak dimiliki oleh pesaingnya itu.

Pilih Toyota Calya! Tapi kalau dana Anda tak cukup, GO+ sudah lebih dari cukup. Karena dengan harganya itu, mobil ini punya value for money yang sangat baik! Meski harus siap menerima harga jual kembalinya, yang disebut banyak bekas pemiliknya : sangat jauh dari harapan. Bila Anda belum membaca bagian pertama dari artikel ini, silakan klik link di bawah. (Rs/Van)

Baca juga: LCGC 7-Seater, Pilih Datsun Go+ 2018 Atau Toyota Calya? (Bagian ke-1)

Komparasi Datsun GO + vs Toyota Calya

Toyota Calya
  • Rp 147,35 - Rp 165,85 Juta
GO + vs Calya

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store