Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali

Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali

Persiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang terus dilakukan. Terbaru, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri diketahui telah mempersiapkan kendaraan listrik untuk melakukan pengawalan acara bertaraf internasional tersebut. Salah satu unit yang bakal dipakai adalah mobil listrik Hyundai Ioniq.

KEY TAKEAWAYS

  • Korlantas Polri siapkan 88 unit mobil listrik untuk kawal KTT G20 Bali

    Mobil listrik yang dipilih adalah Hyundai Ioniq EV
  • KTT G20 memang jadi salah satu momen pembuktian bagi Indonesia menekan emisi karbon. Untuk itu, segala kendaraan yang terlibat dan digunakan untuk pelaksanaan acara dipilih yang ramah lingkungan yakni battery electric vehicle. Nantinya kendaraan listrik ini akan digunakan oleh kepala negara, tamu negara, dan delegasinya. Pihak kepolisian juga memanfaatkan kendaraan listrik untuk digunakan sebagai operasional.

    Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi menjelaskan, kendaraan listrik ini bisa menunjukkan bahwa Indonesia sudah mengikuti perkembangan teknologi ramah lingkungan lewat kendaraan listrik. Terutama untuk digunakan pada kegiatan resmi kenegaraan yakni KTT G20.

     

    Ioniq Electric

    “Kita latihkan pada semua anggota, kita tahu fitur dan cara kerja kendaraan listrik berbeda dengan mekanik kendaraan konvensional. Dan itu perlu dilatih. Saya terimakasih pada Dirgakkum yang sudah menyiapkan program pelatihannya yang tentu akan berguna bagi kita semua,” ucap Agung dikutip dari situs web NTMC Polri.

    Baca juga: Biaya Belanja Motor Listrik Polri untuk Pengamanan KTT G20 di Bali Tembus Rp83 Miliar

    Negara mengeluarkan dana sekitar Rp66 miliar tepatnya Rp66.853.600.000 untuk pengadaan mobil listrik pengamanan KTT G20 dengan sumber dana APBN. Informasi ini diketahui lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Polri yang bisa diakses secara umum. Pemenang tender, PT Cahaya Mutiara Perdana mendapatkan harga penawaran dan harga kontrak lebih rendah dari nilai pagu di atas, yakni Rp66.822.360.000.

    Berdasarkan situs resmi Korlantas, Polri menyiapkan sebanyak 88 unit mobil listrik dan 94 unit motor listrik untuk digunakan selama KTT G20 di Bali. Lewat akun Youtube NTMC Polri, kendaraan listrik tersebut sudah terlihat mengunakan penampilan khas Korlantas Polri. Dominasi warna putih dengan garis biru khas kendaraan operasional polisi lalu lintas terlihat jelas. Khusus roda empat, model Hyundai Ioniq EV menjadi pilihan Korlantas.

    Ioniq Electric

    Potensi Ioniq EV

    Melihat pilihan kendaraan listrik Korlantas yakni Ioniq EV cukup menjanjikan. Meski saat ini informasi mengenai Ioniq EV sudah tidak ada di laman resmi Hyundai Indonesia. Ini karena berdasarkan keputusan Hyundai Global, mereka baru saja menghentikan produksi sedan bermodel fastback tersebut untuk fokus pada pengembangan produk dengan basis E-GMP seperti yang digunakan pada Ioniq 5.

    Kembali soal Ioniq EV. Model ini berdasarkan data wholesale Gaikindo, hingga Agustus telah terjual sebanyak 45 unit dengan penjualan pada Agustus 2022 sebanyak 16 unit. Jumlah ini kemungkinan termasuk yang digunakan oleh Korlantas Polri. Ioniq EV sendiri ditawarkan dalam dua varian yakni Prime dan Signature dengan banderol Rp682 jutaan dan Rp723 jutaan.

    Soal performa, Ioniq EV menghasilkan tenaga 134 ps dan torsi 295 Nm yang cukup besar. Mobil ini menggendong baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kWh dengan penggerak permanent magnet synchronous motor. Pengisian dayanya berlangsung selama 6 jam di arus AC dan 54 menit di arus DC. Soal jarak tempuh, Ioniq EV dapat mencapai 373 kilometer berdasarkan klaim NEDC dan 311 kilometer berdasarkan WLTP dalam sekali pengisian daya. (STA/TOM)

    Baca juga: Pakai Uang Negara, 189.803 Kendaraan Dinas Pemerintah Bakal Diganti Jadi Listrik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Hyundai Ioniq

    Model Mobil Hyundai

    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Stargazer
      Hyundai Stargazer
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Ioniq
      Hyundai Ioniq
    • Hyundai Santa Fe
      Hyundai Santa Fe
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Staria
      Hyundai Staria
    • Hyundai Kona Electric
      Hyundai Kona Electric
    Mobil Hyundai

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Hyundai Ioniq Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Hyundai Ioniq

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Sedan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Carvaganza