Kaleidoskop 2021: 10 Mobil Baru yang Viral Sepanjang 2021

Kaleidoskop 2021: 10 Mobil Baru yang Viral Sepanjang 2021

Perlahan dan pasti, tahun 2021 menunjukkan industri otomotif nasional mulai bangkit. Setahun sebelumnya, penjualan mobil menurun drastis akibat hantaman badai Covid-19 di 2020. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan mobil di 2020 tercatat hanya 523.027 unit. Padahal setahun sebelumnya penjualan mobil tembus 1.030.126 unit.

Nah tahun ini selama Januari hingga November 2021, penjualan mobil sudah mencapai 790.524 unit atau meningkat 66,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Angka yang cukup menggembirakan banyak pihak di industri.

Banyak faktor yang menumbuhkan peningkatan penjualan mobil sepanjang 2021. Mulai dari insentif PPnBM hingga penyelenggaraan kembali pameran otomotif berskala internasional, GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Tetapi salah satu faktor yang tak kalah penting, hadirnya sejumlah mobil baru.

Mobil baru yang hadir tahun ini bukan sembarang mobil. Melainkan mobil-mobil populer dengan angka penjualan yang cukup banyak selama ini. Ada mobil yang viral karena namanya punya kenangan membekas di hati banyak konsumen Indonesia. Ada pula yang jadi populer karena teknologi canggih yang diusungnya. Berikut ini kami urai deretan mobil baru yang paling populer sepanjang 2021.

Toyota Avanza dan Veloz

1. Toyota Avanza dan Veloz

Toyota Avanza dan Veloz hadir di penghujung tahun. Pertama kali ditampilkan ke publik di GIIAS 2021, Toyota Avanza dan Veloz merupakan mobil yang paling dinanti masyarakat Indonesia. Alasannya sederhana, pembaruannya menyeluruh. Mulai dari eksterior, interior hingga fitur keamanan Toyota Safety Sense. Veloz ditawarkan dalam tiga tipe yakni Veloz MT, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS. Avanza, yang kini dipisahkan dengan Veloz, ditawarkan dengan mesin 1.3L dan 1.5L dibanderol mulai Rp 206 juta sampai Rp 264 jutaan untuk varian teratas dengan TSS.

Baik Toyota Avanza dan Veloz keduanya datang dengan sistem penggerak yang berbeda dari sebelumnya. Kalau sebelumnya keduanya memakai sistem penggerak roda belakang (RWD), kini Avanza dan Veloz memakai sistem penggerak roda depan. Transmisi otomatis konvensional 4-speed sebelumnya pun telah diganti dengan yang lebih modern, CVT (Continuous Variable transmission).

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Daftar City Car Terlaris di Indonesia Tahun Ini

Daihatsu Xenia 2021

2. Daihatsu Xenia

Seperti kembarannya, yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga berubah total dibanding sebelumnya. Varian termurah Xenia baru dibanderol Rp 190 jutaan dengan pilihan mesin 1,3 liter bertransmisi manual. Varian teratas dengan mesin 1.5L CVT ADS ditawarkan dengan harga Rp 244 juta. Beberapa fitur menarik diantaranya, collision warning function, hill start assist, pedal misoperation control, leading vehicle departure warning, lane departure warning dan lane departure prevention. Meski sudah dibekali fitur keselamatan canggih, namun sayang Daihatsu Xenia belum mendapatkan fitur cruise control.

Honda All New BR-V 2022

3. Honda BR-V

Generasi terbaru BR-V diperkenalkan pada 2021 sebagai model SUV (Sport Utility Vehicle) tujuh penumpang dengan fitur keselamatan Honda Sensing dan adaptive cruise control. Model ini memang tidak dijual di 2021 dan baru secara resmi diantarkan ke konsumen pada 2022 mendatang. Mesinnya seperti milik City Hatchback yakni 1,5 liter bertenaga 121 PS. Honda BR-V ditawarkan dengan transmisi manual serta CVT yang dibanderol mulai Rp 275 jutaan sampai Rp 339 jutaan.

Honda BR-V sempat populer lantaran Honda pertama kali memperkenalkannya dalam wujud konsep. Sewaktu masih memakai nama Honda N7X Concept, mobil ini dipamerkan di Honda Dream Café dan bahkan juga sempat diarak ke beberapa kota lain di Indonesia.

Hyundai Creta

4. Hyundai Creta

Mobil ini menutup deretan produk baru yang diluncurkan Hyundai sepanjang 2021. SUV kompak ini menjadi produk pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia. Desain dan fiturnya cukup canggih seperti kehadiran fitur Bluelink hingga pemesanan kendaraan yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Hyundai Creta menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter dengan daya maksimum 115 PS yang dipasangkan dengan transmisi manual serta CVT. Fitur keselamatannya cukup lengkap seperti hadirnya lane following dan keeping assist, rear cross traffic alert dan blind spot collision avoidance assist. Creta ditawarkan dalam beberapa varian yakni Active, Trend, Style dan tertinggi Prime dengan banderol harga mulai Rp 279 jutaan sampai Rp 399 jutaan.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 7 Model yang Pensiun, Ada yang Tak Laku Lagi

Toyota Raize GR Sport

5. Toyota Raize

Hadir pada awal Mei 2021, Raize menjadi produk yang benar-benar baru dari Toyota Indonesia. Raize ditawarkan dalam enam varian yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang hadir belakangan. Ini juga menjadi pertama kalinya model Toyota ditawarkan dengan mesin turbo, transmisi CVT dan juga fitur Toyota Safety Sense. Saat ini Raize ditawarkan dengan dalam beberapa varian dengan banderol harga mulai Rp 202 jutaan sampai Rp 266 jutaan. Raize masuk dalam produk yang kena keringanan PPnBM.

Mobil ini menjadi populer lantaran merupakan kembaran dari Daihatsu Rocky, kendaraan yang punya kaitan cukup erat dengan model legendari Daihatsu Taft Rocky di era 1980-an dan 1990-an.

Daihatsu Rocky

6. Daihatsu Rocky

Produk kembar Toyota Raize ini memang dikembangkan dan diproduksi sepenuhnya oleh Daihatsu. Hadir dengan platform DNGA, Rocky menawarkan desain yang berbeda namun dengan fitur-fitur serupa dengan kembarannya. Ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1,0 liter turbo dan 1, 2 liter non-turbo, Rocky memiliki dua pilihan transmisi, manual dan otomatis CVT. Model 1.2L ditawarkan mulai Rp 178 jutaan sampai Rp 215 jutaan sedangkan model 1.0L turbo ditawarkan mulai Rp 215 jutaan sampai Rp 239 jutaan. Seperti Raize, Rocky juga mendapat kemudahan PPnBM.

Daihatsu Rocky populer lantaran namanya terkait dengan nama salah satu produk Daihatsu yang cukup dekat dengan konsumen Indonesia, yakni Daihatsu Taft Rocky yang dijual di Indonesia tahun 1980-an hingga 1990-an.

Toyota GR Yaris Red on the Track

 

7. Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris menjadi populer lantaran dijual terbatas. Alokasi pertama sebanyak 127 unit dan langsung terjual habis. GR Yaris dihadirkan dengan performa mobil balap Toyota Yaris yang turun di ajang WRC (World Rally Championship) dengan mesin 1.600 cc, 3-silinder turbocharger dengan penggerak 4WD. Banderol awal sekitar Rp 800 jutaan kini di pasar mobil bekas tembus Rp 1 miliar lebih.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Deretan Hatchback Populer Sepanjang Tahun, Honda Jazz Masih Masuk Daftar

Honda City Hatchback RS

8. Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback populer bukan hanya lantaran punya desain yang menggoda, tetapu juga karena mobil ini menggantikan Honda Jazz yang tidak lagi dijual di Indonesia. Selain itu ia juga punya keunggulan fitur. City hatchback masih menggunakan mesin 1,5 liter dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Model ini ditawarkan dalam dua varian yakni transmisi manual seharga Rp 292 juta dan CVT seharga Rp 302 juta. Menariknya, selama 2021, Honda City hatchback masuk dalam daftar penerima keringanan PPnBM.

Wuling Almaz RS

9. Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS menjadi produk paling populer Wuling selama 2021. Almaz RS menjadi produk canggih dengan fitur anyar bernama Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), hingga Intelligent Cruise Assistance (ICA). Almaz RS diperkenalkan awal 2021, SUV ini juga menghadirkan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) hingga inovasi WISE, yang terdiri dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Almaz RS hadir dengan dua varian yakni 7 penumpang dan 5 penumpang. Harganya dibanderol mulai Rp 340 jutaan sampai Rp 354 jutaan.

Hyundai Staria Signature 9

10. Hyundai Staria

Hyundai Staria meluncur pada Agustus 2021. Menawarkan bentuk desain futuristik, MPV pintu geser ini ditawarkan dalam pilihan tujuh tempat duduk dan sembilan tempat duduk. Hyundai Staria punya dimensinya yang besar, panjang lebih dari lima meter, membuat ruang kabin di bagian dalam jadi daya tariknya. Mesinnya menggunakan mesin yang sama dengan Palisade dan dibekali beragam fitur keselamatan semi otonom termasuik lane keeping assist dan lane following assist.

Digadang menjadi lawan Luxury MPV Toyota Alphard, Hyundai Staria ditawarkan dengan harga Rp 888 juta untuk model 9 penumpang dan Rp 1,02 miliar untuk varian 7 penumpang. (Rzk/Raju)

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 5 MPV Terlaris Selama Tahun Ini, Toyota Paling Banyak

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil