Intip Interior Genesis G80 Long Wheelbase Edisi Khusus KTT G20

Intip Interior Genesis G80 Long Wheelbase Edisi Khusus KTT G20

Hyundai menghadirkan Genesis Electrified G80 Special Edition Long Wheelbase pada gelaran KTT G20 lalu. Produksi khusus ini dibuat hanya 44 unit di dunia untuk menyambut gelaran internasional tersebut.

KEY TAKEAWAYS

  • Genesis G80 Long Wheelbase

    Dibuat khusus untuk KTT G20 dan cuma ada 44 unit
  • Terbaru, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan kesempatan masyarakat untuk melihat lebih dekat kendaraan listrik untuk delegasi negara asing tersebut di pameran yang berlangsung mulai 23 sampai 27 November 2022 di Ashta District 8, SCBD. Tidak hanya melihat dari luar, namun ini menjadi kesempatan untuk bisa melihat interior sedan listrik premium tersebut.

    Genesis G80 LWB KTT G20

    Astrid A. Wijana, Head of Marketing HMID mengungkapkan masyarakat bisa melihat langsung kendaraan Genesis G80 pada beberapa kesempatan sebelum ajang KTT G20. Namun saat itu mobil belum bisa dibuka alias interiornya masih ditutup.

    Baca juga: Setelah Bertugas di KTT G20, Hyundai Pamerkan Genesis G80 ke Publik

    "Ini permintaan Kementerian Sekretariat Negara. Semua mobil yang digunakan selama pameran harus fresh. Kemarin banyak yang penasaran dengan jajaran mobil yang dipakai para delegasi, tapi kita hanya bisa kasih liat eksterior saja. Baru sekarang bisa dilihat lebih detail interiornya," ucap Astrid yang ditemui Kamis (24/11/2022).

    Genesis G80 LWB KTT G20

    Oto.com tentu tidak ketinggalan untuk bisa merasakan perdana berada di dalam interior G80 listrik model khusus ini. Di atas kertas, dimensi G80 LWB memiliki panjang keseluruhan 5.222 mm, lebar 1.925 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 3.227 mm. Penampakan dari luar cukup menarik. Pilar B terlihat lebih lebar dengan jarak penambahan sekitar 217 mm dibanding model standar yang sudah dijual global.

    Soal performa, sedan premium ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh, tenaga masimalnya sebesar 272 kW atau sekitar 370 PS dan torsi hingga 700 Nm. Tenaga ini hadir dari motor penggerak yang ada di depan dan belakang. Klaim Hyundai, sedan ini bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 225 km per jam dengan jarak tempuh hingga 500 kilometer sekali pengisian.

    Genesis G80 LWB KTT G20

    Interior Super Lapang

    Masuk ke bagian dalam, kesan sangat lapang terasa utamanya di baris kedua. Rasa berkendara para tamu negara dengan sedan premium ini hadir dari leg room super luas hingga bisa memanjangkan kaki tanpa harus terkena jok baris pertama. Penumpang baris pertama maupun pengemudi juga masih memiliki leg room yang lapang untuk kenyamanan bos di belakang. Terlihat pada pilar B, di bagian dalam juga berukuran besar layaknya kendaraan limo. Joknya terhitung nyaman dengan bahan kulit ramah lingkungan dan desain ergonomis anti capek untuk perjalanan penting tugas negara.

    Beberapa kenyamanan yang hadir di baris kedua antara lain layar hiburan di kiri dan kanan berukuran sekitar 9,2 inci. Masing-masing layar hiburan ini bisa diakses berbeda, membuat penumpang kiri dan kanan bisa menyaksikan dua hal berbeda pada masing-masing layar. Akses ke layar hiburan ini bisa dilakukan lewat arm rest di baris tengah yang menghadirkan Genesis Touch Controler. Fitur ini memudahkan untuk penumpang menuliskan alamat yang dituju untuk navigasi dan fitur lainnya. Kenyamanan lainnya untuk penumpang VVIP di baris kedua adalah pengaturan sandaran elektrik, mode penghangat dan pendingin tiga level, tirai jendela dan beberapa detail G20 yakni karpet dan bantal dengan bordiran khusus.

    Genesis G80 LWB KTT G20

    Pada baris pertama perhatian terletak pada kehadiran head unit berukuran 14,5 inci yang menampilkan beragam informasi juga pengaturan kendaraan. Pada sisi pengemudi terdapat meter cluster TFT LCD 12,3 inci 3 dimensi untuk menampilkan beragam fitur pada kendaraan. Kemudahan pengemudi juga hadir lewat head up display, tombol pengaturan di lingkar kemudi dan pengaturan AC digital. Genesis Touch Controller juga hadir di konsol tengah untuk pengaturan mudah head unit.

    G80 edisi khusus ini juga dibekali fitur keselamatan seperti lane following assist, lane keeping assist, blind spot collision avoidance assist, forward collision avoidance assist dan safety assist. Masih ada forward attention warning, reverse parking collision avoidance assist, rear cross-traffic collision avoidance assist, surround view monitor, smart cruise control, 10 airbags dan kemampuan remote smart parking assist.

    Genesis G80 LWB KTT G20

    Status Setelah KTT G20

    Mobil produksi edisi khusus ini tentu menjadi unit yang layak untuk dimiliki para kolektor. Meski mengaku sudah banyak yang tertarik, untuk model Genesis G80 LWB ini pihak HMID belum memutuskan langkah selanjutnya.

    "Apakah akan dijual, dilelang atau bagaimananya, kami belum memutuskan. Untuk model yang edisi khusus long wheelbase ini seluruh unitnya, 44 unit produksi, masih ada di kita (HMID)," ucap Astrid.

    Hyundai Genesis G80

    Selama acara G20 Summit lalu, sebanyak 44 unit Genesis G80 Special edition Long Wheelbase digunakan sebagai kendaraan kepala negara. Kemudian sebanyak 87 unit Genesis G80 EV Standard wheelbase dan 262 unit Hyundai Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan pasangan kepala negara, rombongan delegasi, protokol keamanan dan tim penyelamat.

    (STA/TOM)

    Baca juga: Hadir di GIIAS Semarang 2022, Hyundai Kasih Promo Menarik untuk Stargazer

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS 2023

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature