Inovasi WISE Wuling Almaz RS, Lengkap dan Tak Kalah Canggih dari Pabrikan Jepang

Inovasi WISE Wuling Almaz RS, Lengkap dan Tak Kalah Canggih dari Pabrikan Jepang
Gambar
Review Pengguna

Wuling menambah jajaran line-upnya dengan memperkenalkan Almaz RS (Rising Star). Banyak hal menarik di SUV terbaru ini. Desain mengusung two-tone pada eksteriornya serta penyematan fitur-fitur terbaru di dalamnya. Yang perlu mendapat highlight adalah penyematan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) dan Wuling Indonesia Command (WIND). Seperti apa?

"SUV ini telah dilengkapi dengan terobosan terkini sebagai perwujudan komitmen Wuling dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan menyajikan kemudahan dalam berkendara. Melalui Almaz RS, kami berharap konsumen dapat terus melaju menuju kehidupan yang lebih baik sejalan dengan Drive For A Better Life,” ujar Yin Yi selaku Brand and Marketing Director.

Untuk WIND, kita sudah mengenal. Fitur ini sudah lebih dulu hadir di Almaz. Ia merupakan voice command yang terdapat di head unit berukuran 10,4 inci. Menariknya, inilah perintah suara berbahasa Indonesia pertama di mobil yang dijual di Tanah Air. Jadi Anda bisa melakukan berbagai pengoperasian kendaraan seperti membuka kaca, sunroof, menghidupkan mematikan AC, memainkan musik, dan banyak perintah lainnya.

Dan kini yang terbaru, WISE. Penyematan WISE ini cukup menarik karena kelengkapan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Mulai dari pengoperasian kabin hingga perangkat keselamatan. Ambil saja contoh Traffic Jam Assistance. Fitur yang tersemat di Almaz RS ini terdapat juga di BMW X7, VW Tiguan dan sejumlah mobil Eropa kelas atas. Cukup mengejutkan teknologi ini tersemat di Almaz yang harganya di bawah Rp 400 juta.

Oke, WISE ini adalah sebuah ekosistem yang saling berkaitan untuk meningkatkan keselamatan dan menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kendaraan. Menjadi alat bantu mengemudi yang canggih dan kekinian yang dibutuhkan dalam pengendaraan mobil di masa kini. Di Honda kita kenal dengan Honda Sensing, Toyota Safety Sense, atau Nissan Intelligent Mobility.

Wuling Almaz RS

Pada WISE terdapat dua turunan peranti yang mendukung pengoperasian kendaraan dan keselamatan berkendara yakni lewat Advance Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Berikut penjelasanya:

Internet of Vehicle

Wuling Almaz RS juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengendara mengoperasikan kendaraan melalui smartphone. Bagi pemilik Wuling Almaz RS nantinya akan dibekali dengan aplikasi Wuling di smartphone dan harus dikoneksikan dengan layanan IoV di layar sentuh 12,3 inci. Melalui IoV pengendara secara otomatis dapat mengoperasikan seluruh fitur-fitur di Wuling Almaz RS dan menyalakan mesin kendaraan dari smartphone. Beberapa fiturnya adalah:

  • Vehicle Positioning: Menampilkan lokasi terkini kendaraan Anda pada smartphone.
  • Vehicle Remote Control: Kendali jarak jauh melalui smartphone untuk memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin, serta membuka-tutup jendela dan kunci pintu.
  • Geo-Fencing Security: Memasang “pagar elektronik” dengan radius tertentu di sekitar kendaraan. Jika kendaraan keluar dari radius yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna.
  • Bluetooth Key: Membuka dan menutup kunci kendaraan melalui koneksi Bluetooth dari smartphone.
  • Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App: Pengendara dapat melihat navigasi, memutar lagu favorit, ataupun berkirim pesan melalui head unit. Fungsi ini juga didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) sehingga konsentrasi selama berkendara dapat selalu terjaga.

Baca juga: Wuling Kenalkan Almaz RS yang Bisa Jalan Sendiri, Harga di Bawah Rp 400 Juta?

Wuling Almaz RS

Advance Driving Assistance System (ADAS)

Sistem ini memberikan keseimbangan harmonis antara keselamatan, kenyamanan dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Ketiga hal ini menjadi pilar yang sangat penting dalam pengendaraan mobil. Dalam oerasionalnya, pola pendetakan teknologi ini adalah pada dinamika kendaraan yang didasarkan pada simulasi.

Fitur WISE yang didukung dengan layanan ADAS ditujukan untuk memberikan kemudahan serta layanan keselamatan tambahan saat berkendara. Beberapa mode yang terdapat pada ADAS ini terbagi dalam 4 kategori besar yaitu Adaptive Cruise Control, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light.

1. KATEGORI: ADAPTIVE CRUISE

  • Adaptive Cruise Control (ACC): Secara otomatis menyesuaikan kecepatan jelajah dengan kecepatan kendaraan di depannya sekaligus menjaga jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.
  • Bend Cruise Assistance (BCA): Mengurangi kecepatan secara otomatis ketika kendaraan memasuki tikungan. Fitur bekerja pada kecepatan 0-150 km/jam.
  • Traffic Jam Assistance (TJA): Membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 60-150 km/jam.
  • Intelligent Cruise Assistance (ICA): Membantu menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas padat maupun lancar. Fitur bekerja pada kecepatan 60-150 km/jam.

2. KATEGORI: LANE RECOGNITION

  • Lane Departure Warning (LDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki. Fitur bekerja pada kecepatan 60-180 km/jam.
  • Lane Keeping Assistance (LKA): Secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman. Fitur bekerja pada kecepatan 10-180 km/jam.

3. KATEGORI: SAFE DISTANCE & BRAKING ASSISTANCE

  • - Safe Distance Warning (SDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Fitur bekerja pada kecepatan 65-150 km/jam.
  • Forward Collision Warning (FCW): Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan dan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Fitur bekerja pada kecepatan 30-150 km/jam.
  • Automatic Emergency Braking (AEB): Jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, sistem akan secara otomatis melakukan pengereman darurat. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.
  • Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.
  • Collision Mitigation System (CMS): Jika tabrakan tetap terjadi akibat kecepatan terlalu tinggi atau kejadian terlalu mendadak, sistem ini akan memaksimalkan pengurangan kecepatan sehingga mengurangi keparahan cedera atau kerusakan akibat tabrakan. Fitur bekerja pada kecepatan 7-150 km/jam.

4. KATEGORI: AUTOMATIC LIGHT

  • Intelligent Head Beam Assistance (IHMA): Kendaraan secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Fitur bekerja di atas kecepatan 30 km/jam.

Baca juga: Bedah Varian New Wuling Confero S, Fiturnya Disunat!

Wuling Almaz RS

Spesifikasi

Bagaimana dengan harga? Sejauh ini memang belum ada angka resmi yang diumumkan Wuling. Namun beberapa akun sales Wuling juga kedapatan mengupload foto-foto Almaz RS lengkap dengan varian dan harganya. Salah satu akun sales Wuling @dealerwuling.jakarta bahkan sudah merilis harga Almaz RS khusus wilayah Jakarta. Wuling Almaz RS 1.5 T EX (5 seats) dijual Rp 369,8 juta, kemudian Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (5 seats) Rp 377,8 juta, Wuling Almaz RS 1.5 T EX (7 seats) Rp 379,8 juta, Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (7 seats) Rp 387,8 juta, Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 17 inci Rp 397,8 juta, dan varian tertinggi Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 18 inci Rp 399,8 juta.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan tipe yang dijual Wuling saar ini. Hal itu bisa dimaklumi karena Almaz RS tampil fresh dan lebih sporty. Terdapat beberapa sentuhan baru untuk Almaz RS dibandingkan dengan model standarnya. Pada bagian depan aksen hitam tidak hanya terdapat pada bagian bumper tetapi juga melingkari kedua fog lamp dengan tarikan garis merah yang membentang di sepanjang bumper. Selain itu, Wuling Almaz RS juga tampak dengan kelir two-tone atau dua warna dengan warna dasar di seluruh bodi dan aksen hitam di bagian spion dan atap mobil. SUV Wuling ini didukung oleh beragam sentuhan berbeda, yakni integrated future eyes LED dan dynamic tail design pada bagian bumper.

Beralih ke bagian interior, Almaz RS juga dibekali dengan desain interior yang modern dengan fitur wireless charging pad, built in air ionizer, pembaharuan pada tampilan head unit, serta beberapa tombol tambahan pada lingkar kemudi yang membantu pengguna untuk mengaktifkan berbagai fitur tanpa menggangu fokus berkendara.

Urusan jantung pacu memang tak ada yang baru. Wuling Almaz RS tetap menawarkan paket konfigurasi mesin 4 silinder 1,5 liter DOHC Turbocharged dengan pilihan transmisi CVT. Paket mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 140 hp dengan torsi puncak mencapai 250 Nm.

Perihal fitur pendukung lainnya, Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360o Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS). (Raju)

Baca juga: Bocor! Harga Wuling Almaz RS Terbaru Mulai Rp 369,8 Juta

Jelajahi Wuling Almaz

Wuling Almaz Rp 269,8 - Rp 345,8 Juta Cicilan : Rp 6,16 Juta

Bandingkan & Rekomendasi