GIIAS Surabaya 2022 Resmi Dimulai, Picu Kebangkitan Industri Otomotif dan Perkenalan Teknologi EV

GIIAS Surabaya 2022 Resmi Dimulai, Picu Kebangkitan Industri Otomotif dan Perkenalan Teknologi EV

GIIAS Surabaya 2022 resmi dibuka, Rabu (14/9/2022). Pameran tahunan yang menjadi bagian dari GIIAS The Series, melanjutkan perhelatan pameran GIIAS di BSD, Agustus lalu.

KEY TAKEAWAYS

  • GIIAS Surabaya 2022

    Berlangsung pada 14 - 18 September 2022 di Grand City Convex Surabaya
  • Pada pembukaan pameran ini dihadiri oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier. Selain itu hadir juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Drajat Irawan, dan Dirjen Perhubungan Darat, Hendra Sugiatno. Pameran ini berlangsung hingga 18 September 2022 di Grand City Convex Surabaya.

    Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengungkapkan apresiasi tinggi kepada Kementerian Perindustrian atas arahan, dukungan dan kebijakan untuk industri otomotif Indonesia. Termasuk untuk pertumbuhan industri otomotif di Jawa Timur. Harapannya, kehadiran berbagai produk otomotif dengan teknologi terbaru dapat memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat Jawa Timur.

    GIIAS Surabaya 2022

    “Lewat penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2022, Gaikindo ingin menunjukkan bahwa pencapaian dan potensi industri otomotif di Jawa Timur sangat menjanjikan. Sebuah pencapaian yang tidak lepas dari dukungan Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian,” ucap Nangoi dalam sambutannya.

    Baca juga: Ini Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Pemerintah Isi BBM Pertalite

    Drajat Irawan menyampaikan, 48 persen kekuatan ekonomi Jawa Timur ada pada industri dan perdagangan, sehingga pameran yang diselenggarakan ini akan memiliki dampak besar. Drajat juga menyampaikan harapannya agar rangkaian GIIAS berjalan baik juga memberikan manfaat kepada masyarakat Surabaya dan Jawa Timur.

    “GIIAS Surabaya 2022 memberikan semangat bagaimana kemudian ketika ada industri otomotif maka akan ada turunannya seperti komponen. Pada pameran ini ada pergerakan otomotif sentra-sentra komponen seperti di Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, yang pada akhirnya dapat porsi untuk komponen. Spionnya, kelistrikannya, mudah-mudahan jadi satu tanda ekonomi Jatim tumbuh lagi,” ucap Drajat. 

    Drajat melaporkan ekspor industri otomotif Jawa Timur mengalami kenaikan pada 2021 lalu dengan tumbuh 24,61 persen. Harapannya pada triwulan tahun ini semakin membaik dengan secara tidak langsung mendorong perekonomian di Jawa Timur.

    GIIAS Surabaya 2022

    Taufiek Bawazier mengungkapkan kehadiran GIIAS di Surabaya ini juga diharapkan dapat memperkenalkan konsep green mobility pada masyarakat. Ini sejalan dengan isu yang tengah berkembang belakangan yakni bahan bakar minyak subsidi yang semakin berkurang.

    “Salah satunya dengan memberikan inovasi di teknologi elektrifikasinya. Tidak hanya dengan melarang kendaraan bermesin konvensional. Semua kita rangkul, internal combustion engine, hybrid, baterai, fuel cell, semua. Targetnya tetap sama yakni pengurangan karbon,” ucap Taufiek.

    Taufiek juga menyampaikan keberhasilan GIIAS yang berlangsung di ICE, BSD lalu. Terjadi peningkatan penjualan kendaraan listrik sebanyak 1.594 unit. Terdapat 1.274 unit kendaraan murni listrik dan 320 unit kendaraan elektrifikasi hybrid. Total transaksi pameran otomotif tahunan tersebut juga fantastis yakni di angka Rp11,74 triliun dengan pembelian kendaraan sebanyak 26.658 unit.

    “Pencapaian penjualan kendaraan listrik pada ajang GIIAS ini jauh lebih besar dari penjualan EV selama satu tahun periode 2021. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada GIIAS yang mampu memberikan sarana edukasi kepada masyarakat mengenai kehadiran teknologi kendaraan ramah lingkungan yang menunjang target penurunan emisi pemerintah,” ucap Taufiek.

    GIIAS Surabaya 2022 menghadirkan 13 merek dengan membawa teknologi terkini dan produk terbarunya yang beberapa di antaranya akan memamerkan kendaraan listrik, yakni Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Serta turut hadir juga industri pendukung otomotif seperti merek sepeda motor, yakni Honda Motor, Benelli dan Keeway.

    GIIAS Surabaya 2022 akan hadir pada 14-18 September 2022, dan dibuka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB pada hari kerja dan 10.00 – 21.00 pada akhir pekan. Tiket masuk pameran hanya dijual secara online pada aplikasi GIIAS Auto360, yang tersedia pada Appstore dan Playstore. Harga tiket masuk yaitu Rp. 20.000,- untuk hari kerja (Rabu - Jumat) dan Rp. 30.000,- untuk akhir pekan (Sabtu - Minggu).

    Setelah Surabaya, kota berikutnya yang akan disambangin GIIAS adalah Medan pada 5 sampai 9 Oktober 2022 di Santika Premiere Hotel & Convention. Kota terakhir adalah Makassar mulai 16 sampai 20 November 2022 di Four Point. Harapannya, penggemar produk otomotif terbaru di masing-masing kota dapat merasakan sentuhan teknologi beragam produk baru lewat pameran di kotanya sendiri. (STA/TOM)

    Baca juga: Peraturan Bengkel Konversi Kendaraan Listrik Sudah Terbit, Apa Saja Syaratnya?

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature