• Wishlist

BMW M4 GTS Diluncurkan Hanya Sebanyak 700 Unit

BMW M4 mungkin cukup fenomenal bagi sebagian orang. Namun bagi pembuatnya, BMW, mobil itu masih memiliki potensi untuk dikembangkan. Karena itu, mereka mengumumkan kehadiran varian baru bertajuk BMW M4 GTS, yang dibuat untuk memperingati 30 tahun BMW M3, yang menjadi cikal bakalnya.


M4 GTS didesain sebagai mobil yang mumpuni untuk dipacu habis-habisan di sirkuit untuk memuskan adrenalin pemiliknya, dan legal untuk dijalankan di jalan raya. Menurut rilis yang kami terima dari BMW, M4 GTS telah diuji di sirkuit legendaris Nurburgring dan sukses mencetak waktu tempuh 7 menit 27,88 detik. Atau 0,88 lebih pelan dari Porsche 911 GT3 RS 4.0, dan lebih cepat sekitar 0,2 detik dari Ferrari 458 Italia.


M4 GTS dibekali water injection


Mobil ini dibekali dengan mesin 6-silinder segaris yang dibekali peranti turbocharger. Yang unik, turbocharger milik M4 GTS dibekali dengan water injector, yang akan membantu mendinginkan udara terkompresi yang didorong oleh turbo. Penjelasan singkatnya adalah, udara yang didorong oleh peranti induksi tersebut memiliki temperatur yang tinggi, karena itulah digunakan intercooler pada kebanyakan mobil yang memanfaatkan turbocharger.


Namun M Division membuat inovasi baru yaitu dengan menyemprotkan air tepat sebelum udara tadi memasuki ruang bakar. Dengan demikian, udara mengalami dua kali proses pendinginan.


MEsin M4 GTS lebih kencang



Apa efeknya? Udara yang dingin membuat tekanan turbo meningkat karena udara dingin memiliki lebih banyak kandungan oksigen sehingga membuat proses pembakaran lebih baik. Hasilnya, M4 GTS memiliki tenaga hingga 500 hp, dengan torsi yang lebih besar dari M4 biasa yaitu 600 Nm.


Bertugas untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang adalah transmisi M Double Clutch Transmission 7-speed, yang diklaim mampu memberikan performa terbaik, apapun kondisi pengendaraannya. Di dalamnya terdapat program untuk Launch Control yang kini di-tuning ulang karena tenaganya juga bertambah.


Inovasi di bagian mesin tersebut dilengkapi lagi dengan konstruksi body yang ringan. Mobil ini memiliki bobot 1.510 kg, dan otomatis menghasilkan rasio bobot-tenaga sebesar 3 kg/hp.


Pemangkasan bobot tersebut didapat dari penggunaan material yang ringan seperti carbon fiber untuk rangka kursi, konstruksi yang ringan untuk bangku belakang dan partisi bagasi, pintu yang menggunakan material ringan, hingga penggunaan bahan CFRP (Carbon Fiber Reinforced Plastic) untuk kap mesin, atap, dan peranti aerodinamika.


Reduksi bobot juga didapat dari penggunaan bahan titanium untuk sistem knalpot. Dan sebagai tambahan, interior M4 GTS juga 50 persen lebih ringan dibanding M4 biasa.


peranti aerodinamika berbahan CFRP


Berbicara aerodinamika, M4 GTS dibekali dengan peranti yang berbeda denga M4 biasa, untuk mendukung kediamisannya di lintasan sirkuit. Sebut saja wing besar di belakang yang terbuat dari bahan CFRP, diffuser, dan front splitter.


Sebagai pelengkap, selain kap mesin yang didesain berbeda dengan M4 biasa, GTS juga dibekali dengan lampu depan LED. Yang menarik justru lampu belakangnya karena telah menganut teknologi OLED yang lebih efisien dari LED biasa.


lampu belakang M$ GTS berteknologi OLED


Di bagian interior, menurut BMW, mereka membuat kabin yang fokus untuk pengendara dengan kehadiran bangku model bucket, serta lapisan Alcantara di beberapa bagian. Untuk mereka yang memesan opsi Clubsport Package, maka di bagian interior juga akan hadir roll bar, tepat dibelakang bangku depan.


Interior M4 GTS sporty


Jika Anda tertarik, sebaiknya segera memesan karena mobil ganteng ini hanya dibuat sebanyak 700 unit saja. Gambar selengkapnya silahkan lihat di gallery di bawah.


Baca Juga: BMW M2 Jadi Safety Car MotoGP

Jelajahi BMW M4 Coupe

BMW M4 Coupe Rp 2,68 Milyar Cicilan : Rp 61,1 Juta

Bandingkan & Rekomendasi