BMW iNext Versi Produksi Mulai Buka-Bukaan, Tidak Seradikal Konsep

BMW iNext Versi Produksi Mulai Buka-Bukaan, Tidak Seradikal Konsep

Ada satu EV anyar BMW sedang bersiap menunggu hari besarnya. Baru-baru ini pun tertangkap basah dalam balutan kamuflase tipis, tidak malu menampilkan lenggokan tubuh. Ialah iNext, perwujudan dari konsep Vision iNext yang mendebut 2018 silam. Dari foto, bisa diketahui sejauh mana pergeseran rancangan awal sang SUV listrik.

Jika i8 atau i3 didesain radikal dan terlihat jauh dari masa depan, lain cerita soal SUV anyar BMW ini. Elemen konsep disederhanakan sehingga lebih adaptif di antara mobil masa kini. Contoh rumah kaca, bingkai dipahat tanpa lonjakan atau ceruk eksentrik. Lugas sekaligus tidak neko-neko. Juga pada otot sepatbor, lembut namun tidak mengurangi nuansa atletis.

Spyshot BMW iNext i5

Secara garis besar bisa dibilang agak mengecoh. Proporsi kaki besar dan bertubuh rendah bak mengisyaratkan perkawinan antara minibus dan estate, bukan SUV. Masih harus menunggu seperti apa nanti ia bergaya ketika sudah telanjang bulat. Yang pasti, di balik rancangan menyembunyikan capaian pengembangan teknologi termutakhir pabrikan asal Munich.

Grille merupakan salah satu komponen penting bagi iNext. Walau EV tidak begitu membutuhkan rongga udara sebagaimana mesin konvensional, bukan berarti keberadaan grille jadi sebatas penghias. Para insinyur memanfaatkan area ini sebagai pusat dari banyak sensor, radar, dan kamera sebagai ‘indera keenam’ iNext.

Baca juga: Mercedes-Benz EQE SUV tengah Diuji Coba Meski Kedatangannya Masih Lama

Teknologi terkandung memungkinkan sang SUV punya kapabilitas berkendara otonom Level 3. Sebagai catatan, dalam kondisi tertentu, mobil sanggup mengarahkan dengan sendirinya meski pengemudi tetap harus memonitor keadaan. Hal menarik lain terletak di kaca: ada fitur pengaturan tingkat kegelapan. Dengan demikian, temperatur kabin bisa dijaga sedemikian rupa sekaligus menambah privasi tanpa perlu pasang kaca film.

BMW iNext

Powertrain sendiri mengusung komponen eDrive generasi kelima yang perdana dianut iX3. Inilah evolusi terkini dari set pencipta tenaga elektris modular. Motor listrik, elektronik, dan transmisi terintegrasi dalam satu bungkus membuat paket pembangkit lebih ringan dan kompak. Hingga saat ini detail spesifikasi belum dibongkar, diekspektasikan sanggup membawa iNext menempuh jarak sejauh 600 km. Selain itu, kemungkinan ada varian lain ketika nanti sudah dipasarkan.

BMW akan mengenalkan iNext pada 2021 dan mulai didagangkan di tahun yang sama. Rencananya ia lahir dari fasilitas Dingolfing, Jerman setelah investasi senilai 400 juta Euro dituangkan untuk pengembangan pabrik. Upgrade ini memungkinkan BMW untuk menghasilkan bermacam model dengan berbagai jenis powertrain di satu lini perakitan.

BMW Buka Tabir SUV Elektrik iX3

Sebelum iNext, SUV listrik sudah direalisasikan BMW lewat perkenalan perdana iX3. Wujud produksi tidak begitu mengejutkan karena sebelumnya sering menggoda lewat teaser dan spyshot. Pun tidak jauh berbeda dari seri konvensional X3. Meski begitu, banyak inovasi ditanamkan sekaligus menjadi model pertama produksi pabrik Shenyang, Cina untuk pasar ekspor.

Contoh terobosan adalah perbaikan aerodinamika. Pelek lebih ringan, diklaim mampu mengurangi resistensi angin dengan penurunan drag coefficient hingga 5 persen. Didukung pula oleh saluran udara bumper, flap tambahan, berikut penyesuaian struktur kolong. Selain bertugas sebagai pelindung baterai, panel bawah bantu mengalirkan angin ke diffuser. Semua ini menghasilkan drag coefficient (Cd) sebesar 0,29.

Urusan powertrain, iX3 dibekali paket eDrive generasi kelima. Total ekstraksi motor listrik mencapai 290 PS berikut torehan momen puntir sekuat 400 Nm. Akselerasi ke 100 kpj disebutkan tuntas dalam tempo 6,8 detik, setara kembaran konvensional X3 xDrive30i.Sementara itu, top speed dibatasi secara elektronik di 180 kpj. Hasil tes WLTP mencatatkan jarak tempuhan sejauh 460 km dari baterai 80 kWh. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1

Baca juga: BMW Indonesia Rilis 840i M Technic Gran Coupe Rp 2,4 Miliar, Simak Kehebatannya

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store