Berkendara di Negeri Orang? Siapa Takut

Berkendara di Negeri Orang? Siapa Takut

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa tersebut berarti di manapun Anda berada, maka Anda harus menyesuaikan dengan lingkungan atau adat yang ada. Hal ini berlaku juga dalam hal berkendara. Namun tidak sesederhana Anda harus menyesuaikan diri dengan mobil apapun yang Anda kendarai.

Anda mungkin adalah sebagian dari orang yang kerap berada di belahan dunia lain. Entah itu untuk tujuan bisnis, kerja, liburan, atau mungkin berkelana. Berkendara sendiri di negara tujuan, mungkin saja salah satu moda yang paling efektif untuk kegiatan Anda.

Konteks yang dibahas di sini adalah daerah tempat Anda berkendara. Ya, seperti Anda ketahui, pada dasarnya berkendara di jalanan harus mematuhi peraturan yang berlaku di jalan tersebut. Lebih spesifik, adalah di daerah mana Anda berkendara. Poin itulah yang menjadi penting untuk dipahami ketika Anda sedang berada di negara lain dan Anda mencoba berkendara di jalan raya.

Nah, bahasan ini menjadi kian penting karena sebagai pengendara, Anda juga dituntut untuk menaati bukan hanya peraturan yang berlaku di negara tersebut. Apalagi tentu Anda tak ingin permasalahan berkendara malah menjadi momok yang mengganggu perjalanan yang sedang Anda lakukan.

Carbuyer UK menyajikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi agar perjalanan berkendara, dan kegiatan Anda di setiap daerah atau negara yang Anda tuju bisa berjalan dengan lancar. Kami pun meringkasnya lagi dengan mengimbuhkan beberapa informasi yang bisa digunakan oleh pengemudi asal Indonesia

SIM Surat Izin Mengemudi (SIM) yang Anda miliki saat ini dan dikeluarkan oleh Kepolisian di daerah Anda, hanya bisa digunakan di Indonesia. Namun, ada beberapa negara di luar Indonesia, seperti wilayah Asia Tenggara yang masih mengakui SIM ini.

SIM Internasional dikeluarkan oleh Korlantas

Agar Anda bisa lebih legal berkendara sebagai pengemudi, Anda bisa membuat terlebih dahulu SIM Internasional yang dikeluarkan langsung hanya oleh Korps Lalu lintas (KORLANTAS) POLRI yang berada di jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Untuk seluruh warga Indonesia, membuat SIM internasional hanya bisa dilakukan di KORLANTAS.

SIM Internasional yang dikeluarkan oleh KORLANTAS POLRI bisa digunakan untuk kebanyakan negara di seluruh dunia, dan salah satu negara terkenal yang tidak mengakui SIM Internasional Indonesia adalah Jepang. Jadi khusus untuk Jepang, Anda bisa mengurus SIM Internasionalnya di Jepang, atau negara lain yang diakui.

Regulasi dan Spesifikasi Ini adalah hal yang juga penting Anda pahami sebelum mempertimbangkan untuk berkendara di negara orang. Peraturan. Pasalnya setiap negara atau kawasan memiliki regulasinya masing-masing. Anda perlu memahami apakah ada peraturan-peraturan khusus untuk berkendara di negara tersebut.

Left hand drive

Misalnya saja, apa regulasi sisi jalan yang harus diambil. Indonesia memiliki regulasi berjalan di sisi kiri (left hand traffic), sehingga mobil dari arah berlawanan akan datang dari sisi kanan jalan. Sialnya, regulasi ini hanya digunakan oleh 35% negara dunia, dan kebanyakan digunakan di Asia, Australia, selatan Afrika, beberapa negara Eropa dan Amerika. Sedangkan 65% negara di dunia, menggunakan skema pengendaraan di sisi kanan jalan (right hand traffic).

Perbedaan ini bukan hanya berpengaruh pada konfigurasi bangku pengemudinya. Namun, lebih rumit lagi, juga pada spesifikasi kendaraannya. Di Indonesia, kita berkendara dengan setir berada di sisi kanan, dan tuas transmisi berada di tangan kiri Anda. Beradaptasi dari setir kanan ke setir kiri saja, buat sebagian orang memerlukan proses.

Bukan hanya bagaimana memindahkan tuas transmisi, namun seluruh orientasi berkendara akan berbeda ketika berada di mobil dengan setir kiri. Apalagi Anda pun harus terbiasa untuk berhenti di sisi kanan dan juga parkir yang akan menjadi proses pembelajaran tersendiri. Sebaiknya Anda memilih mobil yang memiliki banyak panduan fitur keamanan seperti lane departure warning, blind spot warning, parking assist, dan jangan lupa, navigasi. Semua peranti ini akan banyak membantu Anda untuk memandu pengendaraan.

Righ hand drive

Umumnya juga, negara dengan right hand traffic menggunakan satuan MPH (miles per hour) untuk kendaraan dan rambu lalu-lintasnya. Jangan lupakan hal ini agar Anda tak melanggar peraturan kecepatan yang berlaku.

Regulasi lain yang juga tak biasa bagi warga negara Indonesia adalah tentang perlengkapan yang harus dibawa di dalam kendaraan. Misalnya saja, di Perancis, ada peraturan yang mengharuskan pengendara membawa breathalyser. Perangkat penganalisa kadar alkohol dalam tubuh ini adalah alat penting yang bisa membantu polisi mengenali apakah pengendara dalam kondisi manbuk dan berbahaya untuk berkendara atau tidak.

Di beberapa negara Eropa lain bahkan Anda harus menyiapkan lampu-lampu cadangan. Bukan hanya lampu depan, namun sein, rem, bahkan lampu kabin pun haruslah siap menyala. Tak hanya itu, terkait dengan lampu, jika Anda berkendara dari Inggris ke Eropa daratan seperti Perancis, pastikan deflektor di lampu depan sudah tersedia dan bisa terpasang. Karena begitu Anda berpindah ke negara dengan arus kendaraan dari lajur yang berbeda dengan biasa, maka perlu ada penyesuaian di sektor pencahayaan menggunakan deflektor.

Cuaca Faktor ini juga perlu Anda pelajari sebelum berangkat ke tempat tujuan. Untuk beberapa negara di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika, ada wilayah yang memiliki musim-musim dengan cuaca yang membutuhkan pengaturan khusus pada kendaraan.

Rantai ban untuk kondisi jalan bersalju

Misalnya saja dengan negara bersalju, Anda perlu membawa rantai roda (snow chain) untuk dipasangkan pada ban dan meningkatkan traksinya di medan bersalju. Ini bukan untuk menghindari Anda dari ditilang polisi, namun menjaga keselamatan Anda selama di jalan. Medan bersalju membutuhkan roda dengan traksi yang jauh lebih tinggi, dan rantai khusus roda yang bisa dilepas-pasang memungkinkan Anda meningkatkan traksi tanpa perlu mengganti ban.

Pahami juga bagaimana cara fitur-fitur pendukung di mobil berfungsi untuk berkendara di cuaca-cuaca tertentu. Misalnya saja fungsi pemanas kaca atau suhu, perlu pengaturan suhu khusus di dalam kabin agar iklim kabin bisa terjaga dan tidak menimbulkan pengembunan di kaca yang mengganggu pengendaraan.

Sewa Penyewaan kendaraan biasanya akan menjadi salah satu solusi untuk menemukan solusi Anda untuk berkendara dengan legal di suatu daerah. Karena mereka biasanya sudah memiliki daftar regulasi yang paling update. Sehingga mereka akan membantu Anda melengkapi semua regulasi yang dibutuhkan agar tak terjadi pelanggaran saat mengendarai mobil sewaannya.

Sewa mobil menjadi pilihan di Eropa

Tak hanya itu, beberapa penyewaan di beberapa negara juga sangat akomodatif terhadap penyewa kendaraan dari negara lain. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu agar bisa langsung menghubungi lembaga penyewaan seperti ini di negara tujuan.

Selain itu, dengan menyewa kendaraan di lembaga yang terpercaya, Andapun akan terlindung oleh asuransi yang bisa menjaminkan Anda juga kendaraan dari berbagai resiko.

Baca Juga: Menguak Mimpi Mobil Otonomus

Sumber: Carbuyer, Newspress UK, Newspress USA, Liputan6

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil