BAIC EC Salip Nissan Leaf Sebagai Mobil Listrik Terlaris di Dunia

BAIC EC Salip Nissan Leaf Sebagai Mobil Listrik Terlaris di Dunia

Siapa sangka, mobil listrik paling laku berasal dari pabrikan Tiongkok. Ialah BAIC EC, diakui sebagai mobil listrik terlaris tahun ini. Perhitungan itu dilakukan Jato Dynamic untuk periode Januari – Februari 2018.

 

Penjualan BAIC EC sebanyak 15.132 unit atau meningkat 329% dibanding periode sama tahun lalu. Angka ini mengalahkan mobil listrik yang namanya lebih populer, Nissan Leaf. Jagoan pabrikan Jepang hanya terjual 10.881 unit dengan kenaikan 34%.

Peringkat ketiga diisi mobil Cina lainnya, JAC IEV 5, dengan jumlah 6.118 unit. Disusul kemudian Renault Zoe, yang penjualannya turun 19% menjadi 4.401 unit. Tempat kelima diisi Tesla Model S sebanyak 4.156 unit dengan penurunan cukup drastis 40%. Selanjutnya, ada Chery EQ1 dan pemain baru Volkswagen e-Golf yang meningkat drastis 243%.

Terlihat ada 3 merek Cina yang menonjol di 10 terbesar penjualan mobil listrik dunia. Menandakan pesatnya pertumbuhan mobil bebas polusi di dataran Cina dan global. Januari lalu, menunjukkan puncak tertinggi penjualan plug-in electric vehicle (PEV) dengan total 35 ribu kendaraan, atau naik empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pangsa pasar mobil listrik di Cina terus tumbuh. Mulai dari 1,4% pada 2016, lalu meningkat sedikit di 2017 menjadi 2,1%. Terus meningkatnya konsumen yang membeli mobil tanpa bahan bakar minyak ini di 2018, diprediksi pangsa pasar naik ke 3%.

Februari lalu saja, 40% model kendaraan listrik dikuasai pabrikan Cina. Pasar ekspor turut diincar, contohnya BAIC EV sendiri juga sudah dijual di Malaysia. Namun pasar domestik tetap porsi terbesar, walau pangsanya masih tergolong kecil. Faktanya, merek asing cuma memperoleh 5% penjualan mobil listrik di Cina. Hampir setengahnya dikuasai Tesla, sisanya merek lain seperti BMW, VW, Cadillac dan lain-lain.

BAIC EV-Series merupakan produk lansiran BAIC Motor yang berada di bawah naungan grup raksasa, BAIC Group. Begitu diminati karena memiliki banyak model dari seri ini, mulai dari sedan, hatchback sampai crossover. Paling terkenal EC-Series yang menguasai penjualan selama 6 bulan berturut-turut. Versi terbaru sudah mengalami peningkatan yang mampu mencapai 200 km. Harganya ditawarkan tergolong kompetitif, mulai dari $19.000 atau Rp 268 jutaan.

Mobil ini mampu mengalahkan Nissan Leaf yang menguasai pasar Eropa. Sejak pertama kali dipasarkan 2010 lalu, Leaf terjual sebanyak 300.000 unit di seluruh dunia. Dan sekarang generasi terbaru membawa peningkatan pada daya jelajah dan teknologi asistensi canggih. Nissan punya visi memimpin pangsa pasar kendaraan listrik dunia. Mereka tengah mengembangkan delapan mobil listrik baru untuk mengikuti kesuksesan Leaf. Rencana besar lain, bakal ada brand khusus mobil listrik untuk pasar Cina. (Odi/Van)

Sumber: Carscoops, Cleantechnica

Baca Juga: Honda PCX, Motor Paling Cerdas Era Ini

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil