ASEAN NCAP Tata Super Ace, Nol Bintang

ASEAN NCAP Tata Super Ace, Nol Bintang
Gambar
Review Pengguna

Hasil buruk dititah ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) setelah menguji pikap Tata Super Ace. Mobil angkut barang yang dipasarkan di Indonesia, Malaysia dan Thailand itu, mendapat nol bintang berkat miskinnya angka keselamatan yang ditawarkan. Menurut laporan ASEAN NCAP, minimnya fitur keselamatan menjadikan Tata Super Ace mendapat poin buruk dan berujung pada 0 bintang.



Spesifikasi sama untuk ketiga negara. Semua Tata Super Ace yang dipasarkan tak dibekali fitur safety sama sekali, selain sabuk keselamatan. Wajar kalau hasilnya kemudian sangat buruk. Lebih parah lagi, dari struktur kendaraan. Tak ada perlindungan ekstra bagi pengemudi dan penumpang. Mengingat bentuknya yang tanpa hidung, dengan mesin berada di bawah kabin, ditambah ruang kabin yang terbilang sempit. Hasilnya, tabrak frontal depan sangat fatal bagi pengemudi.


Diuraikan dalam laporan, ketika menabrak depan, pengemudi pickup Tata mengalami cedera parah di hampir seluruh badan. Artinya, mulai dari kepala, leher, badan sampai kaki berisiko tinggi cedera ketika Super Ace menabrak objek di depan. Sedikit berbeda untuk penumpang. Risiko cedera paling tinggi di bagian bawah kaki dan dada, meski memakai sabuk keselamatan. Sedang kepala, leher dan paha masih terbilang baik. Dengan itu, ASEAN NCAP memberi poin 0 untuk uji tabrak depan.


Angka sedikit lebih baik diterima Super Ace untuk impact ketika uji tabrak dari samping. Meski begitu, terlihat jelas dari gambar ilustrasi dan video yang diunggah, bagian kepala dan bodi pengemudi mengalami cedera serius. Sedang paha dan kaki termasuk aman. Poin 10,34 didapat pada bagian ini. Sementara 0 poin kembali diberikan lantaran tak ada teknologi yang bisa menjamin keselamatan bagian kepala. Karena Super Ace cuma punya satu kabin, pengujian untuk penumpang anak-anak tak bisa dilakukan. Sehingga tidak masuk dalam penilaian.



Pikap Tata Super Ace tidak didukung fitur safety selain dari sabuk keselamatan. Kantung udara pun absen. Makanya hasilnya sangat buruk saat diuji tabrak. Bagian kepala, khususnya pengemudi, sangat rentan mengalami cedera serius ketika terjadi kecelakaan di dunia nyata. Tata Super Ace merupakan model kedua manufaktur yang sudah diuji tabrak oleh ASEAN NCAP. Mobil pertama Tata Vista pada 2014, dengan hasil tiga bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan juga anak-anak.


Tata Super Ace dibekali mesin turbodiesel 1,4 liter berdaya 70 PS pada 4.500 rpm dan torsi maksimal 135 Nm pada 3.500 rpm. Diklaim, Super Ace punya bak lapang yang bisa memuat banyak barang. Kenyamanan juga sudah didukung dengan power window dan penyejuk kabin opsional. Meski kabinnya tak terlalu lapang, kursi bisa diatur kemiringannya serta dengan sabuk keselamatan 3-way retractable. (Tom/Van)


Baca Juga: Diler Wuling Kini Hadir di Ciputat

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store