• Wishlist

Produksi Nikel Meningkat, Truk Tata Prima Makin Diminati

Produksi Nikel Meningkat, Truk Tata Prima Makin Diminati

Komoditas tambang menggeliat lagi. Salah satu yang sedang bersinar adalah nikel. Produksinya meningkat terus. Berdasar data yang diperoleh International Nickel Study Group (INSG), pada 2018 produksi nikel diproyeksikan meningkat 6,89% dari tahun sebelumnya. Bahkan menurut Reuters, pertumbuhannya mampu menyusul kelapa sawit dalam 10 sampai 15 tahun mendatang.

Industri otomotif turut terkena imbas positif, terutama bertambahnya permintaan truk. Tata Prima menjadi produk yang diminati saat ini, dengan penjualan yang menggembirakan. Adalah PT Sumber Daya Arindo (SDA), anak perusahaan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), mempercayakan Tata Prima sebagai armada tambang nikel di Moronopo, Halmahera Timur, Maluku Utara.

Sebanyak 10 unit Tata Prima 2528.K telah beroperasi. Itupun merupakan pasokan tahap pertama dan masih ada tahap selanjutnya. Penggunaan truk Tata Prima, bertujuan mendukung kinerja dan efisiensi operasional pertambangan nikel di Moronopo. Semakin meningkatnya jumlah produksi, tentu armada truk makin banyak dibutuhkan.

Menurut Anhar Ghulam Hidayatullah, Site Manager PT Sumber Daya Arindo, proyek Moronopo aktif kembali sejak terbitnya peraturan Minerba pada Juli 2017. Sebelumnya sudah aktif sejak 2005 sampai 2008, dan sempat terhenti. “Perkiraan lifetime proyek Moronopo sepanjang 15 hingga 20 tahun dengan target produksi 150-200 ribu metric ton perbulan,” terangnya dalam siaran pers.

Tata Prima 2528.K dipilih karena memiliki spesifikasi di atas rata-rata truk lain. Dirancang untuk menghadapi medan off-road yang biasanya ada di lokasi pertambangan, keandalannya ditopang penggerak roda 6x4. Indeks Gross Vehicle Weight (GVW) maksimumnya mencapai 25 ton. Performa mesin juga menjadi keunggulan. Cummins Diesel Engine yang telah memenuhi emisi Euro III, mampu menghasilkan tenaga 266 hp dan torsi raksasa 975 Nm. Transmisinya 9-speed heavy duty dengan kecepatan tertinggi 87 km/jam. Bagian kabin menjadi perhatian tersendiri untuk memberi kenyamanan pengemudi. Dilengkapi suspensi di 4 titik, lalu posisi mengemudi dapat diatur untuk memberikan rasa nyaman. Tak lupa, AC dan blower disediakan.

Apalagi Tata juga ditunjang layanan purnajual yang baik. Marketing Head TMDI, Wilda Bachtiar, menyatakan, dalam proyek ini TMDI memberi layanan customer care “Peace of Mind”. Sebuah program unik dari TMDI, terdiri dari garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang, menyediakan staf ahli dan mekanik yang aktif siaga di site, tak lupa layanan 24 jam/7 hari On Road Assistance.

Untuk pikap dan truk medium, Tata Motors memberikan garansi selama 3 tahun atau 100.000 km. Sedangkan untuk Tractor Heads dan Heavy Dump Trucks, garansinya 2 tahun atau 5.000 jam atau 100.000 km mana yang tercapai lebih dulu. (Odi)

Baca Juga:  Ini yang Bikin Penjualan Ritel Tata Motors Naik