Akhirnya Honda Bangun Pabrik Mobil Listrik

Akhirnya Honda Bangun Pabrik Mobil Listrik

Setelah mengumumkan kerjasama dengan Sony, Honda memberitakan dimulainya pembangunan pabrik baru di China. Honda Motor China Investment Co., Ltd. mengumumkan GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda) memulai pengerjaan pembuatan pabrik kendaraan listrik yang berlokasi di Guangzhou Economic and Technological Development District, di kota Guangzhou, Guangdong, China.

KEY TAKEAWAYS

  • Dimana pabrk mobil listrik Honda dibangun?

    Guangzhou Economic and Technological Development District, Cina
  • Pabrik baru GAC Honda ini berdiri di atas lahan seluas 400.000 meter persegi. GAC Honda membocorkan total nilai investasi pabrik ini sebesar 3,49 miliar R.M.B atau sekitar 521 juta US Dollar. Pabrik ini diharapkan siap beroperasi pada 2024 mendatang dan menghasilkan total produksi sebanyak 120.000 unit setiap tahunnya.

    Pengumuman pembangunan pabrik ini sebenarnya sudah hadir di awal tahun bersamaan dengan rencana Honda menghadirkan produk-produk elektrifikasi masa depan. Langkah ini juga ditujukan untuk menggarap pasar China yang memiliki potensi besar dalam pengembangan kendaraan ramah lingkungan.

    Rencananya, Honda akan menghadirkan sepuluh kendaraan berbasis listriknya yakni e: N Series pada 2027 mendatang. Model-modet tersebut akan diproduksi di pabrik GAC Honda dan juga Dongfeng Honda. Kedua pabrik itu diharapkan sudah dapat beroperasi pada 2024 mendatang. Perkiraan, total produksi kedua pabrik ini akan mencapai 1,73 juta unit per tahunnya.

    Honda Cina

    GAC Honda Automobile Co., Ltd sudah berdiri sejak Juli 1998 dengan total nilai investasi sebesar 541 juta US Dollar. Kepemilikan saham di perusahaan ini terbagi beberapa pihak. Honda Motor Co., Ltd sebesar 40 persen, Honda Motor (China) Investment Co., Ltd sekitar 10 persen dan Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group) sebesar 50 persen.

    Soal roadmap electric vehicle ini, Honda tampak ambisius dengan rencana memperkenalkan beberapa model. Misal di pasar Amerika, Honda akan bekerja sama dengan GM untuk menghadirkan produk EV dalam bentuk Honda Prologue dan satu model SUV besar dari merek Acura. Pasar China digarap dengan pengumuman 10 produk masa depan hingga 2027 mendatang. Pasar Jepang akan diperkenalkan produk EV berukuran mini untuk komersial pada awal 2024. Untuk lebih mempopulerkan produk EV, Honda akan membuat produk kendaraan listrik dengan harga kompetitif dan terus membangun infrastruktur yang diperlukan.

    Rencana soal kendaraan listrik ini berlanjut pada 2026 dimana Honda akan mulai menggunakan platform anyar untuk produk EV. Honda menyebutnya dengan e: Architecture yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memaksimalkan pengalaman berkendara EV. Langkah ini bisa dilihat dengan pembentukan perusahaan anyar bersama Sony beberapa waktu lalu. (STA/RS)

    Baca juga: NJKB Kode Produk Baru Honda Muncul, Perkiraan Harga SUV RS Concept di Angka Rp250 Juta

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature