Honda Siapkan Pabrik Khusus Produksi Kendaraan Listrik

Honda Siapkan Pabrik Khusus Produksi Kendaraan Listrik

Produsen otomotif global saat ini tengah berlomba untuk memasuki era baru kendaraan listrik. Salah satunya adalah Honda Motor yang mengumumkan akan membangun pabrik produksi kendaraan khusus tenaga listrik atau electric vehicle.

Honda Motor (China) Investment Co., Ltd, sebagai anak perusahaan Honda di China mengumumkan bahwa Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd., bertanggung jawab atas pembangunan pabrik tersebut. Langkah ini diambil untuk memperluas jajaran mobil EV Honda di masa depan.

Pabrik khusus EV tersebut akan dibangun di Zone Pengembangan Ekonomi di Provinsi Hubei, Cina, dengan ukuran lot 630.000 meter persegi, dan kapasitas produksi tahunan dasar 120.000 unit. Honda pun bertujuan untuk memulai produksi di pabrik ini pada tahun 2024.

Honda mendesain pabrik ini dengan fungsi yang efisien dan cerdas yang mampu memproduksi kendaraan listrik dari proses awal hingga akhir. Pabrik baru ini akan melakukan proses lengkap untuk memproduksi EV termasuk stamping, pengelasan, pengecatan, perakitan, dan inspeksi kendaraan lengkap. Pabrik juga akan berusaha mencapai tingkat otomatisasi terdepan di industri otomotif, terutama di area perakitan.

pabrik dongfeng Honda

Selain itu, pabrik tersebut akan secara proaktif mengejar inisiatif keberlanjutan, yang akan mencakup pemanfaatan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya menuju realisasi netralitas karbon, penggunaan air daur ulang dan langkah-langkah konservasi sumber daya lainnya serta pengurangan emisi Volatile Organic Compounds (VOC), sumber utama polusi udara.

Baca juga: Toyota Perlihatkan 16 Konsep EV, Jawaban Keseriusan Capai Target Nol Persen

Honda akan terus mempercepat upaya elektrifikasi menuju realisasi netralitas karbon pada tahun 2050 dan menawarkan produk menarik yang melebihi harapan konsumen.

Pengumuman ini tepat sebulan setelah pengumuman Honda yang memperkenalkan merek terbaru e:N untuk pasar mobil listrik Cina. Honda Motor Co. Ltd memperlihatkan strategi mereka untuk mencapai target elektrifikasi di beberapa pasar besar termasuk China. Pabrikan Jepang ini ingin meningkatkan rasio produk EV dan FCV (fuel cell vehicle) hingga 40 persen di 2030 dan 80 persen di 2035 dan 100 persen di 2040.

Untuk mencapai target ini di Cina, Honda tidak akan menawarkan produk bermesin konvensional setelah 2030 mendatang, Seluruh produk pabrikan berlogo H tegak ini hanya akan berjenis HEV dan EV.

Honda e:N Series

Honda e:N Series

Sebagai langkah pertama, Honda memperkenalkan merek Honda elektrik di Cina dengan nama e:N Series. Produk ini akan tetap menawarkan kesenangan berkendara yang sudah menjadi benchmark Honda.

Produk e:N Series akan dikenalkan pertama kali pada musim gugur 2022 melalui model e:NS1 dan e:NP1 yang bentuknya kita lihat bersama pada gambar. Targetnya pun tidak main-main, Honda berencana memperkenalkan 10 model e:N Series dalam kurun waktu lima tahun ke depan di pasar China dengan rencana mengekspor model ini dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Soal penamaan e:N, ini adalah cara Honda untuk menawarkan pada konsumennya teknologi baru di era elektrifikasi. Huruf e berasal dari Technology yang mengkolaborasikan teknologi Honda untuk target netralitas karbon. Huruf N mewakili New atau Next yang merupakan nilai kreasi untuk masa depan mobilitas honda.

Honda e:NP1

Konsep e:N Series hadir dari konsep Dynamic, Intelligence dan Beauty. Dynamic diwakili oleh e: N Architecture yakni teknologi platform yang menyatukan antara pengemudi dan kendaraan untuk menghasilkan rasa berkendara yang menyenangkan juga sporty.

Intelligence diwakili oleh e:N Operating System. Sebagai mobil modern, produk ini disematkan teknologi Honda Sensing, Honda Connect dan smart Digital Cockpit untuk menciptakan ruang yang aman bagi mobilitas konsumen di masa depan.

Beauty diwakili oleh e:N Design. Ini merupakan identitas yang memperlihatkan bentuk unik kendaraan EV yang membuat e:N Series menjadi produk masa depan hanya dalam sekali lihat.

Soal kedua produk pertama e:N Series yakni e:NS1 dan e:NP1, keduanya memiliki fitur sporty dan keunikan rasa berkendara yang dimiliki Honda. Termasuk teknologi keselamatan yang pintar. Produk hasil kerja sama Dongfeng Honda dan GAC Honda yang hadir 2022 mendatang ini punya desain ala SUV bongsor dan medium yang kekar dan futuristik dari berbagai sisi. Sayang belum ada bocoran informasi teknis kedua model ini.

e:NS1

Langkah jangka panjang e:N Series Honda diperlihatkan dengan pengembangan tiga model konsep yang bernama e:N Coupe Concept, e:N SUV Concept dan e:N GT Concept. Harapan Honda dapat menjadikan konsep ini sebagai produksi dalam lima tahun mendatang.

Selain produk, Honda juga akan berfokus pada penjualan dan produksi termasuk di dalamnya pengembangan baterai suplai di China. Untuk menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman bagi konsumen e: N Series, Honda akan menghadirkan 1.200 diler di seluruh China yang khusus menawarkan mobil listrik ini.

Soal produksi, bersama dengan GAC Honda dan Dongfeng Honda, akan memulai target produksi kendaraan listrik pada 2024. Persiapannya dilakukan dengan membuat pabrik baru untuk kendaraan listrik. Rencana ini termasuk soal baterai yang akan bekerja sama dengan CATL untuk menciptakan suplai baterai yang lebih kompetitif di pasar China.

Strategi agresif Honda soal elektrifikasi di China ini semoga juga terlihat di Indonesia dalam waktu dekat. Honda sudah memiliki pabrik yang mungkin dapat digunakan untuk pengembangan kendaraan ramah lingkungan di masa depan. (Sta/Tom)

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Seres SF5, Mobil Listrik dari DFSK

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil