Akademi Balap ala Komunitas BMW M Series, MOCI

Punya mobil yang bisa melaju cepat saja ternyata belum cukup bagi mereka. Pemilik mobil  yang tergabung dalam BMW M Owners Club Indonesia (MOCI), merasa perlu mengasah ilmu menjinakkan kebuasan M Series dengan menggebernya di sirkuit. Event bertajuk MOCI Racing Academy 2017, dihelat di Sirkuit Internasional Sentul, 30 September lalu.

BMW MOCI Racing Academy 4

Tak kurang 70 peserta ini mengikuti ajang keenam kalinya tahun ini, sejak diselenggarakan pertama Februari 2017. Tak sekadar melajukan di lintasan tertutup, namun peserta diberi pembelajaran cara berkendara di kecepatan tinggi.

Selain cara menggeber mobil, puluhan member MOCI, juga mengikuti sesi lomba untuk menjadi yang tercepat di Sirkuit Sentul. Pemenang MOCI Racing Academy, dinobatkan jadi duta MOCI untuk perilaku berkendara aman, terutama sesama pengguna kendaraan sport di jalan umum.

Sonny H. Chuhairy, Presiden BMW M Owners Club Indonesia menjelaskan, MOCI Racing Academy digelar atas inisiatif memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan meningkatkan keamanan berkendara secara keseluruhan. Dalam pelatihan ini, anggota MOCI dibimbing instruktur profesional dan memanfaatkan simulator berkendara dengan teknologi virtual reality (VR). Simulator VR mampu menampilkan bentuk sebenarnya Sirkuit Sentul, secara detil.

Penggunaan simulator, bagian dari pendekatan pelatihan yang lebih aman, untuk mempelajari dan mempraktikkan beberapa konsep mengemudi penting, seperti racing line, kurva pengereman dan akselerasi dalam format time-attack (mencetak waktu tercepat) sebelum menuju ke sirkuit yang sebenarnya.

"MOCI mendukung dan selalu berusaha memberikan edukasi tentang perilaku berkendara yang aman kepada semua anggota, sebagaimana tercermin dalam konvoi dan berbagai kegiatan kami. Saya sangat senang karena acara ini berhasil memenuhi tujuannya dalam mengasah kemampuan berkendara anggota MOCI dan memperbaiki perilaku mengemudi mereka," papar Sonny dalam keterangan tertulisnya pada oto.com.

Di Indonesia, BMW M Series adalah produk dengan  mesin bertenaga besar. BMW Indonesia sendiri memasarkan hampir semua produk M Series seperti M2 Coupe, M5, X6 M, X5 M, dan yang baru mendapatkan penyegaran, M3 Sedan dan M4 Coupe.

M3 Sedan dan M4 Coupe merupakan produk berbagi basis. Perbedaan keduanya paling utama adalah pada jumlah pintu yang menentukan aksesibilitas dan tampilan akhir eksterior. M4 Coupe sesuai namanya hanya memiliki dua pintu, sedangkan M3 Sedan, 4 pintu. Jantung mekanisnya sama, yakni unit 3,0 liter 6-silinder segaris bertenaga 431 dk. Harganya Rp 1,89 milyar untuk versi sedan dan Rp 1,99 milyar, coupe. (harga off the road). (Ald/Ddn/Van)

Baca Juga : BMW Ajak Test Drive X3 Baru di Planet Mars

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil