3 Mobil Baru Bermesin Bensin Turbo Yang Termurah Di Indonesia

3 Mobil Baru Bermesin Bensin Turbo Yang Termurah Di Indonesia

Mobilitas yang ramah lingkungan, menjadi tema utama industri otomotif saat ini. Selain pengembangan teknologi mobil hybrid yang rendah emisi, atau mobil listrik yang tak beremisi sama sekali, hampir seluruh pabrikan mobil juga mengurangi kapasitas mesin (downsizing) demi alasan penghematan energi.

Menurunkan kapasitas mesin, memang bisa mengurangi konsumsi bahan bakar secara signifikan. Namun efeknya, performa mesin pun ikut berkurang. Atas alasan itulah, kini banyak mobil yang dibekali bantuan induksi turbocharger untuk meningkatkan performa. Misalnya, Honda yang memasang turbo pada SUV (Sport Utility Vehicle) CR-V, hingga kini cukup digerakkan oleh mesin yang berkapasitas 1,5 liter saja.

Induksi turbo sukses membuat performa CR-V mengalahkan sejumlah kompetitor yang memakai mesin berkapasitas lebih besar. Karena kapasitas mesinnya lebih kecil, tentu konsumsi bahan bakarnya pun lebih irit terutama di perkotaan. Bahkan konsumsi bahan bakar CR-V turbo, tak beda jauh dari mobil sejenis yang bermesin hybrid sekalipun. Kami sudah buktikan itu, saat menguji CR-V turbo melawan Nissan X-Trail hybrid beberapa waktu lalu.

Selain CR-V turbo, ada beberapa mobil baru bermesin bensin lainnya yang dijual di Indonesia dengan bantuan induksi turbo. Berikut tiga mobil baru bermesin bensin dengan turbo yang termurah di Indonesia.

1. Chevrolet Trax Rp 286 juta – Rp 312 juta

Trax Turbo

Crossover compact pesaing Honda HR-V ini, jadi andalan baru Chevrolet Indonesia pasca kepergian Spin. Mobil ini baru dijual sejak 2015 dan pada 2017 lalu GM meremajakannya. Salah satu keunggulan utama dibanding pesaingnya, memakai turbo di mesin.

Berkapasitas hanya 1,4 liter, namun memiliki performa melebihi lawannya. Tenaga yang dihasilkan 140 PS dengan torsi puncak 200 Nm. Bayangkan mesin ini lebih bertenaga dari Honda HR-V bermesin 1,8 liter yang tenaganya cuma 139 PS dan torsi puncaknya 169 Nm.

Tak hanya unggul dari segi mesin, Trax juga punya banyak keunggulan. Di antaranya harga yang lebih murah. Trax dijual mulai harga Rp 286 juta – Rp 312 juta. Harga ini terbilang bagus karena Trax dibekali banyak fitur modern. Misalnya, sistem audio layar sentuh berteknologi MyLink dengan kemampuan smartphone mirroring, navigasi GPS hingga voice command. Selain itu, terdapat pula fitur cruise control dan yang tak kalah penting electric sunroof.

Trax sebagai mobil baru termurah kedua setelah Kia Rio yang dibekali electric sunroof. Sebagai perbandingan, HR-V dengan panoramic power sunroof hanya tersedia pada tipe tertinggi yang dijual dengan harga Rp 377 juta.

2. Honda Civic Hatchback Rp 399 juta – Rp 438 juta

Civic hatchback

Mobil baru bermesin bensin dengan turbo termurah kedua di Indonesia, Honda Civic Hatchback. Civic ‘bungkuk’ ini dijual dengan harga Rp 399 juta untuk tipe S dan Rp 438 juta untuk tipe E. Sama seperti saudaranya, Civic sedan, dibekali mesin 1,5 liter turbo. Tenaga yang dihasilkan 173 PS dengan torsi puncak 220 Nm.

Hatchback ringkas dengan pembawaan ala mobil sport ini, memiliki semua fitur dimiliki versi sedan. Perbedaan hanya terletak pada harganya yang terpaut cukup jauh, Rp 81 juta. Mengapa demikian? Karena Indonesia menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil sedan. Tanpa buntut, Civic hatchback masuk dalam kategori mini bus di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Otomatis iuran tahunan yang harus dibayarkan konsumen ke negara pun lebih murah dibanding Civic sedan.

3. Daihatsu Copen Rp 427,5 juta

copen

Si mungil Copen, mobil bensin dengan turbo termurah selanjutnya. Hanya dijual dalam satu tipe dan pilihan transmisi manual saja, Copen dibanderol Rp 427,5 juta. Keistimewaan mobil ini bukan hanya pada mesin turbo. Karena Copen roadster dengan atap alumunium yang dapat dibuka secara elektronis. Menariknya, roadster convertible termurah di Indonesia ini, justru jadi mobil termahal Daihatsu di Indonesia.

Di balik kap mesinnya, terdapat mesin kecil 658 cc yang tenaganya hanya 64 PS dengan torsi puncak 92 Nm. Tak seberapa? Tunggu dulu, mobil ini bobotnya hanya 850 kg. Jadi performa tadi terasa begitu baik untuk dipakai di perkotaan. Namun tentu jangan harapkan ruang kabin yang luas pada mobil dengan kapasitas 2-penumpang ini.

Tapi karena masih diimpor dari Jepang secara CBU (Completely Built-Up), maka mobil ini dilengkapi sejumlah fitur modern. Mulai dari AC digital, tombol start-stop, hingga fitur keselamatan memadai seperti rem ABS+EBD, vehicle stability control, brake override system, dual SRS airbag hingga emergency stop signal.

Beberapa mobil bermesin bensin lainnya yang sudah dibekali turbo di antaranya, Honda Civic Sedan yang dijual mulai Rp 480 juta sampai Rp 483 juta dan Honda CR-V turbo yang bisa ditebus dengan mahar Rp 466 juta – Rp 506 juta. Jadi, yang mana pilihan Anda? Oh ya, sebelum mereka ada Ford Fiesta Ecoboost bermesin 1,0 liter turbo yang berharga Rp 246 juta sampai Rp 256 juta. Sayang Ford keburu tutup di sini. (RS/Odi)

Baca Juga: 3 Mobil Penumpang Bermesin Diesel Termurah Di Indonesia

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil