Adu Spesifikasi Honda Civic Hatchback vs Mazda3 Hatchback

Adu Spesifikasi Honda Civic Hatchback vs Mazda3 Hatchback
Gambar
Review Pengguna

Honda Civic turbo hatchback, produk yang masih segar. Sayangnya tak ada lawan yang benar-benar sepadan di pasar Indonesia. Tapi kini sudah ada lawannya, Mazda3 hatchback. Keduanya sama-sama berada di segmen hatchback yang lebih besar dan mewah ketimbang pasar Honda Jazz dan Mazda2. Seperti apa perbedaan spesifikasi dan fitur antara Honda Civic hatchback dan Mazda3?

Harga

Harga-Honda-civic-vs-masda3  

Honda Civic hatchback ditawarkan dalam dua pilihan, tipe S dibanderol Rp 399 juta dan E dilabeli harga Rp 438 juta. Pembeda utama hanya pada trim dan kelengkapan seperti jumlah kantung udara. Sedang Mazda3 ditawarkan di harga Rp 416,8 juta. Melihat kelengkapannya, Mazda3 cocok bersaing langsung dengan Civic hatchback E. Jadi kalau melihat harga, Mazda3 lebih murah dari Civic hatchback E.

 

Dimensi

Dimensi-Honda-civic-vs-masda3

Honda Civic hatchback dibekali dimensi 4.501 x 2.075 x 1.421 mm (PxLxT). Jarak antar poros rodanya 2.700 mm. Sedang Mazda3 punya dimensi 4.475 x 2.700 x 1.465 mm dan jarak sumbu roda 2.700 mm. Secara bodi Mazda3 lebih lebar dan tinggi. Sedang jarak sumbu roda keduanya sama, berarti kelapangan kabin tak signifikan perbedaannya.

Mesin

Performa-Honda-civic-vs-masda3

Ini yang menarik. Honda Civic memakai mesin 4-silinder 1.5 liter VTEC turbo DOHC. Tenaganya 173 PS dan torsi 220 Nm. Mazda3 menggendong mesin 4-silinder 2.0 liter Skyactiv-G yang punya daya 165 PS dan torsi puncak 210 Nm. Secara angka terlihat jelas Civic lebih unggul, baik tenaga dan torsi. Civic menjagokan transmisi CVT sementara Mazda3 otomatis Skyactiv-Drive 6-speed.

Desain

Civic vs mazda3

Penampilan keduanya sama-sama menggoda, meski selera berbicara. Civic turbo punya desain Honda modern dan mirip dengan versi sedan. Begitu pula dengan Mazda3, yang membawa bahasa desain KODO andalan Mazda. Civic punya banyak garis tegas pada bodi. Sementara Mazda3 punya lekukan yang lebih mengalir. Yang pasti dua-duanya menawarkan penampilan hatchback yang sporty.

 

Eksterior

honda_civic-2017_white-orchid-pearl

Untuk mobil harga Rp 400 jutaan, kelengkapan fitur tak boleh tanggung. Mulai dari eksterior sudah harus lengkap. Civic hatchback E punya lampu depan otomatis sepenuhnya LED dan punya fitur auto levelling. Fitur lain, lampu kabut LED, spion otomatis dengan sein LED terintegrasi, lampu siang hari LED, lampu rem LED pada spoiler, antena model sirip hiu dan wiper otomatis dengan sensor hujan. Kaki-kaki diisi dengan pelek alloy berukuran 17 inci.

mazda-3-front-angle-low-view

Mazda3 tak kalah hebat. Lampu depan juga otomatis, LED dan punya fitur auto levelling serta Adaptif Front-lightning System (AFS). Fitur AFS memastikan sorotan lampu optimal bagi kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Kelengkapan luar lain ada lampu kabut LED, lampu siang hari LED, lampu belakang kombinasi LED, spion otomatis juga dengan sein LED, antena sirip hiu dan sunroof. Pelek alloy berukuran 18 inci menguatkan aura sporty pada Mazda3.

Interior

interior civic & mazda3

Tema serba hitam yang sporty menghiasi kabin Civic dan Mazda3. Soal kualitas tak perlu dipertanyakan lagi. Bahan kulit bisa ditemui sebagai pembungkus jok dan lingkar kemudi, baik untuk Mazda3 dan khusus untuk Civic hatchback E. Fitur seperti AC otomatis, tombol start/stop dan keyless entry bisa ditemui pada keduanya. Yang menarik Civic bisa menyalakan mesin melalui remote kunci.

 

Civic dibekali layar sentuh 7 inci untuk infotainment yang mendukung banyak fungsi dan konektivitas. Begitu juga Mazda3 dengan layar 7 inci MZD Connect. Hebatnya MZD Connect punya sistem navigasi terintegrasi. Satu lagi yang dijagokan Mazda3 adalah head up display Active Driving Display yang menampilkan informasi seperti kecepatan dan navigasi arah pada kaca depan pengemudi. Civic tak punya fitur canggih itu.

Safety dan Kenyamanan

desain civic dan mazda3

Soal keselamatan hampir seimbang, tapi Mazda3 sedikit lebih banyak persenjataannya. Kantung udara dua di depan, samping dan tirai dimiliki oleh Civic hatchback E dan Mazda3. Safety standar lain seperti rem ABS+EBD+BA dan kamera parkir mundur juga sudah ada di kedua mobil. Selain itu, baik Civic dan Mazda3, punya rem parkir elektrik dan cruise control.

Civic punya vehicle stability assist (VSA) dan hill start assist. Mazda3 punya kendali traksi TCS dan kontrol stabilitas DSC (dynamic stability control). Tak cukup sampai di situ, Mazda3 punya Blind Spot Monitoring (BSM), Smart City Brake Support forward (SCBS F) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Fitur pendukung lain yang dimiliki Mazda3 adalah G-Vectoring Control (GVC) dan sistem idling stop (i-stop) beserta i-ELOOP. Fitur GVC menjadikan Mazda3 lebih enak dikendalikan, khususnya saat berbelok, sementara i-stop dan i-ELOOP membantu menjaga efisiensi bbm dan energi terbuang. Honda Civic hatchback tak punya fitur canggih itu.

Kesimpulan

Honda Civic hatchback punya performa mesin turbo yang lebih tinggi outputnya. Sedang Mazda3 punya fitur lebih lengkap dan lebih canggih, serta ditawarkan dengan harga lebih murah. Jadi mau pilih Honda Civic hatchback atau Mazda3 hatchback?

Baca Juga: Honda HR-V Kalah Adu Spesifikasi Lawan Mazda CX-3

Komparasi Honda Civic Hatchback vs Mazda 3 Hatchback

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store