Peraturan Aneh Bagi Pengendara Motor di Berbagai Belahan Dunia, Indonesia juga Punya

Peraturan Aneh Bagi Pengendara Motor di Berbagai Belahan Dunia, Indonesia juga Punya

Setiap negara atau kota di seluruh dunia memiliki aturan berkendara yang berbeda. Masing-masing menentukan hukum hingga peraturan berdasarkan ideologi negara. Bukan tanpa alasan, itu semua dibuat untuk memastikan ketertiban dan keamanan di suatu wilayah. Namun ada beberapa ketentuan di sejumlah negara yang sangat aneh, lucu dan bahkan tidak masuk akal.

Ini beberapa aturan aneh bagi pengendara motor yang ternyata masih berlaku. Diolah dari Teammotorcycle, berikut ulasannya:

Triumph Street Triple R 2020

1. Kamboja

Dilarang berkendara dengan lampu utama menyala di siang hari. Sementara banyak negara mewajibkannya, termasuk Indonesia. Sedang di Kamboja itu ilegal.

2. Kanada

Salah satu provinsi di Kanada, lebih tepatnya di Alberta melarang pengendara motor berdiri saat berkendara. Padahal kegiatan meregangkan tubuh sering dilakukan oleh banyak pengendara motor kala melakukan perjalanan jauh. Namun di sana, Anda bisa dihukum kalau melakukannya.

3. Kosta Rika

Percaya atau tidak, di negara ini diperbolehkan untuk minum saat berkendara. Ya, minum bir sambil berkendara itu sah-sah saja, asalkan tidak mabuk. Batasnya adalah 0,75 persen, dan jika melebihi batas, bisa masuk penjara.

rompi

4. Perancis

Rompi neon kuning harus ada di sepeda motor. Tidak perlu memakainya, tetapi jika kendaraan mogok di sepanjang jalan, pengendara harus segera memakainya. Pembonceng tidak diwajibkan. Hal ini berlaku juga untuk pengendara mobil.

Baca juga: Motor-Motor Ini Tak Terlalu Populer, Padahal Oke Punya

5. Jerman

Tidak ada batas kecepatan melaju di Autobahn (jalan bebas hambatan). Tapi, jangan sampai kehabisan bahan bakar! Karena jika rider melakukannya dan perlu menepi, itu bakal didenda. Tersedia banyak pompa bensin di sepanjang jalan raya. Jadi jika pengendara kehabisan, itu kesalahan dan hukumannya harus membayar denda.

Selain itu, pemotor di Jerman dilarang keras lepas tangan dari setang motor. Bahkan jika rider mengaktifkan cruise control, kedua tangan harus tetap memegang setang.

no hands

6. Yunani

Jika kedapatan parkir secara ilegal, polisi segera bertindak. Bukan mengangkut sepeda motor, tetapi mengambil plat nomor kendaraan. Merokok saat berkendara juga dilarang di Yunani.

7. India

Di beberapa wilayah di India, hanya pengendara yang harus memakai helm. Pembonceng tidak diwajibkan.

8. Jepang

Membonceng penumpang dalam keadaan mabuk adalah ilegal. Bisa dikenakan sanksi berupa denda jika terbukti melakukannya. Selain itu, pengendara yang melalui genangan air di jalan dan mengakibatkan cipratan ke pejalan kaki juga termasuk pelanggaran.

9. Rusia

Jaga kebersihan sepeda motor atau bisa berhadapan dengan sanksi denda. Yang malas membersihkan motor bakal rugi.

Baca juga: Ide Tak Lazim, Ini 5 Motor yang Dibekali Mesin Mobil

10. Spanyol

Bila pengendara menggunakan kaca mata, wajib memiliki dan membawa satu set cadangan. Itu juga berlaku untuk lensa kontak. Interkom juga tidak diperbolehkan di Spanyol. Perangkat komunikasi yang memungkinkan rider berbicara dengan pembonceng atau pengendara termasuk ilegal.

11. Afrika Selatan

Jika seorang penggembala memberi isyarat bahwa kawanannya menyeberang jalan, pengendara motor maupun mobil wajib berhenti.

12. Amerika Serikat

Ada beberapa wilayah di Amerika Serikat yang memiliki peraturan unik. Di Idaho dilarang mengendarai sepeda motor jika rider berusia lebih dari 88 tahun. Di wilayah Minnesota secara hukum diharuskan memakai celana panjang saat mengendarai sepeda motor. Perlu juga mengenakan pakaian pelindung, seperti helm, sarung tangan dan sebagainya. Tetapi celana panjang adalah sesuatu yang disebutkan secara khusus. Menggunakan celana pendek atau bikini saat berkendara adalah pelanggaran.

riding

Kemudian di Texas, mengizinkan pengendara motor tidak menggunakan helm tapi wajib pakai pelindung mata atau kaca mata. Selama pengendara memiliki tingkat asuransi kesehatan yang sesuai dan berusia lebih dari 26 tahun, maka mereka tak wajib memakai helm. Masih di wilayah yang sama, bila membawa pembonceng, sepeda motor harus dilengkapi dengan pijakan kaki dan pegangan tangan.

Kalau di Virginia agak unik. Pengendara motor yang memakai penyamaran atau topeng termasuk pelanggaran. Sementara di Washington, jika berkendara menuju batas kota dengan pikiran kriminal, Anda harus berhenti dan menelepon kepala polisi. Aneh!

13. Indonesia

Selain sejumlah negara yang sudah disebut, Indonesia juga punya peraturan berkendara yang tak kalah mencengangkan. Tepatnya di wilayah Lhokseumawe, Aceh. Pemerintah kota di sana melarang wanita untuk duduk mengangkang ketika dibonceng dengan sepeda motor. Padahal bila melihat dari tingkat safety, secara teknis duduk menyamping dapat membahayakan wanita karena lebih gampang terjatuh. Pembonceng yang duduk menyamping bisa mengurangi keseimbangan karena beban condong ke posisi kaki penumpang.

Aturan ini sampai sekarang masih menuai kontroversi. Walau kebijakan tidak boleh duduk mengangkang hanya menjangkau wilayah Aceh, banyak kalangan yang tidak setuju dengan peraturan ini, termasuk para perempuan.

Menurut beberapa pertimbangan dari dua kubu yang berbeda. Yang satu ingin menjaga kehormatan wanita dan menegakkan hukum syariah, sementara pihak lain lebih mempertimbangkan keselamatan sang penumpang bila duduk menyamping. (Bgx/Tom)

Sumber: Team Motorcycle

Baca juga: Inilah Deretan 10 Motor Sport Paling Populer Sepanjang Masa

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor