jakarta-selatan

Suzuki Ignis: Patok Target Tinggi, Yakin Bisa?

  • Apr 18, 2017
  • 972 Dilihat


Asa tinggi dipatok Suzuki atas penjualan Ignis. Mobil yang baru diluncurkan Senin (17/4) kemarin itu, ditargetkan dapat terjual hingga 2.000 unit tiap bulannya. Mobil berdesain menarik serta ditabur beragam fitur, lantas apakah mungkin target penjualan Suzuki Ignis ini bisa tercapai?


Bila dilihat dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), kemungkinan Ignis masuk ke segmen citycar. Di kelas ini, Ignis bersaing dengan produk serupa semisal Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios dan juga Kia Picanto.


Namun realistiskah target yang dipatok Suzuki terhadap penjualan Ignis yang mencapai 2.000 unit tiap bulannya? Bila di telaah, nampaknya Suzuki harus berjuang keras untuk mencapai target itu. Pasalnya, dari data wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke dealer) Gaikindo, periode Januari hingga Maret 2017 penjualan mobil di segmen citycar hanya mencapai 4.319 unit.


Satya lcgc komplit


Angka itu didapat dari delapan model yang dipasarkan delapan pabrikan, termasuk Suzuki Celerio di dalamnya. Lantas bagaimana dengan hasil penjualannya? Adalah Honda Brio yang jadi model terlaris di segmen itu dengan penjualan mencapai 2.210 unit dalam tiga bulan pertama di 2017. Rata-rata, perbulannya Honda bisa menjual Brio 700 unit.


Di segmen citycar yang menjadi model terlaris kedua, Nissan March yang rata-rata perbulannya terjual 400 unit. Produk Toyota, Etios? Bila di tela'ah, hasil penjualannya selama tiga bulan hanya menembus angka 237 unit. Angka ini berbeda jauh bila dibanding periode sama di 2016, Toyota berhasil menjual Etios hingga 1.237.


Untuk posisi ketiga mobil terlaris di segmen city car ialah Daihatsu Sirion yang terjual 390 unit dari awal tahun hingga akhir Maret 2017. Dengan penjelasan tadi, tampaknya Suzuki benar-benar berat untuk dapat target yang mereka tetapkan. Bila target itu terealisasi, maka bisa dipastikan Ignis bakal menjadi raja baru di segmen citcar di Indonesia.


Ada dua varian sirion


Bagaimana penjualan Suzuki sendiri di Indonesia hingga akhir Maret 2017? Pabrikan berlogo 'S' ini sudah menjual 24.309 unit kendaraan. Dengan raihan itu, Suzuki menempati posisi kelima sebagai pabrikan mobil terlaris di bawah Toyota, Daihatsu, Honda dan Mitsubishi.


Untuk model terlarisnya Ertiga, masih menjadi primadona penjualan Suzuki di segmen kendaraan penumpang yang mencapai 8.603 unit. Dengan angka itu, rata-rata penjualan Ertiga mencapai 2.800 unit perbulannya. Perlu diketahui, Ertiga merupakan produk di kelas low Multi Perpose Vehicle (MPV) yang merupakan segmen paling laku di Indonesia. Untuk produk lain Suzuki, Karimun Wagon R yang merupakan produk di segmen low cost green car (LCGC) terjual 1.699 unit hingga akhir Maret 2017.


Lantas berbagai cara dilakukan Suzuki untuk mencapai target penjualan Ignis yang ditetapkan. Suzuki memiliki beragam cara seperti memperkenalkan Ignis secara serentak yang dilakukan di 35 kota besar di Indonesia pada 21 April 2017 mendatang.


Ignis bisa dicicil Rp 1,5 juta


Selain itu, Suzuki juga memberikan promo dan juga beragam aktifitas seperti memberikan cicilan ringan mulai dari Rp 1,5 jutaan dan juga kredit dengan bunga 3,26 persen. Untuk down payment (DP) yang disiapkan berkisar 15 persen dan tenor cicilan hingga 7 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).


Selain program promo bunga rendah dan cicilan ringan, pembeli Ignis pada April hingga Juni 2017 juga mendapatkan hadiah langsung berupa uang elektronik senilai Rp 1 juta. Hal ini tentu tidak biasa untuk mobil yang baru diluncurkan, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya punya strategi sendiri dalam hal pemasaran mobil yang disebut berada sebagai kendaraan Urban SUV.


Selain itu, Suzuki juga menyiapkan hadiah berupa Suzuki GSX-S sebanyak 3 unit dan juga Satria Fu 6 unit bagi mereka yang melakukan test drive Ignis.


Lantas apa yang ditawarkan Ignis untuk para konsumennya di Indonesia? Selain desain unik, Ignis juga dilengkapi beragam fitur seperti penyetelan suhu kabin (AC), smart entry, tombol start-stop, LED Projector dengan Daytime Running Light (DRL) serta foglamp untuk penerangannya. Pada sistem hiburan, mobil ini dilengkapi head unit yang terkoneksi radio, CD, USB MP3, WMA, sampai konektivitas bluetooth.


Fitur keselamatan mobil yang diimpor secara utuh (CBU) dari India ini sudah terdapat Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Brake Assist (BA). Untuk pengemudi dan penumpang depan, disiapkan dual SRS Airbag dan juga ISOFIX. Secara dimensi, Ignis juga terbilang besar, bahkan ground clearence 180 mm.


Tampaknya patut ditunggu kiprah Ignis di pasar otomotif Indonesia.


Baca Juga: Disaat Suzuki Ignis Berhadapan dengan Rival

Shares

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer