Pilihan SUV Terjangku ber-Ground Clearance Lebih dari 200 mm

Pilihan SUV Terjangku ber-Ground Clearance Lebih dari 200 mm

Ground clearance atau jarak terendah mobil dengan tanah menjadi salah satu keunggulan SUV. Hal ini memudahkan melintasi berbagai kondisi jalan, termasuk rusak berat sekalipun. Di Indonesia, varian SUV dengan banderol terjangkau, di bawah Rp 300 juta dengan ground clearance di atas 200 mm nyatanya tak banyak. Berikut beberapa pilihannya.


Wuling Almaz


Wuling almaz 5-seater


Mobil besutan merek Cina ini memiliki ground clearance tertinggi, 230 mm. Tak hanya itu, banderolnya pun sangat bersaing. Almaz termurah varian Smart Enjoy MT 7 Seater dipatok Rp 266,8 juta. Ada pilihan CVT senilai Rp 278,8 juta. Beragam fitur dibenamkan. Paling menarik perintah suaranya yang dinamakan WIND (Wuling Indonesia Command), bisa memakai Bahasa Indonesia.


Punya panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm. dan wheelbase 2.750 mm. Pabrikan mampu membuatnya cukup menampung hingga tujuh penumpang. Bicara rupa, tampilannya atraktif dengan nuansa modern. Tak kalah dengan model Jepang atau Eropa yang beredar di Tanah Air. Bila memilih varian termahal yang menyentuh Rp 300 jutaan, bakal menikmati tambahan panoramic sunroof. Aura modern juga terpancar di dalam. Apalagi bila melihat head unit massif 10,4 inci yang diposisikan vertikal di tengah dasbor. Tak hanya dapat memainkan beragam multimedia dan terhubung ke smartphone, tapi juga mengontrol fungsi kendaraan seperti pendingin kabin, jendela hingga kunci pintu.


Jantung mekanis tak besar, cuma 1,5 liter. Tapi didampingi turbo untuk mendongkrak tenaga. Hasilnya 141 PS yang muncul di 3.500 rpm, dan torsi 250 NM sejak 1.600 sampai 3.600 rpm. Khusus untuk pemindah gigi CVT, ada mode berkendara: Eco dan Sport. Sehingga performa mengikuti kebutuhan pengemudi. Entah mau lebih liar atau menghemat bahan bakar.


Soal fitur, terbilang lengkap. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) sudah pasti terpasang, Masih ketambahan Traction Control, Hill Hold Control, Electronic Parking Brake, Electronic Stability Control. Sensor jarak untuk parkir juga tersedia baik di tengah buritan atau sudut. Ini masih didukung kamera belakang. Untuk meminimalisir benturan ketika kecelakaan disediakan front dan side airbag.


Baca Juga: Lima Pilihan MPV Paling Terjangkau dengan Fitur Stability Control


Mitsubishi Xpander Cross


Pembuktian ketangguhan Xpander Cross


Berada di posisi kedua adalah Xpander Cross dengan tinggi kolong 225 mm. Pada dasarnya mobil ini merupakan versi tangguh dari LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) Xpander. Ada tiga varian: manual dengan banderol Rp 272,7 juta, otomatis Rp 282,7 juta dan Premium Package A/T Rp 292,7 juta. Bila memilih termahal, bakal disuguhkan tampilan lebih mewah, berkat pelapis kulit, kaca film V-Kool dan emblem besar di kap mesin.


Dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Desainnya berupa Xpander yang diberikan berbagai aksesori pelindung untuk kegiatan off-road ringan. Seperti underguard di depan dan belakang. Kemudian sistem suspensinya disetel lagi rebound spring-nya. Sehingga lebih aman menghadapi berbagai kondisi jalan. Pengguna akan dimanjakan beragam fitur, seperti keyless dan start/stop button. Lalu head unit 7 inci yang dapat dihubungkan ke ponsel pintar.


Xpander Cross menganut jantung pacu MIVEC 1,5 liter empat silinder naturally aspirated. Menghasilkan tenaga 105 PS di putaran 6.000 rpm, dengan momen puntir 141 Nm yang keluar di 4.000 rpm. Spesifikasi transmisinya 5-speed untuk manual, sementara otomatis konvensional 4-speed. Soal pengendalian, tak perlu khawatir karena ada Active Stability Control (ASC). Fitur lainnya berupa Hill Start Assist (HSA) untuk membantu proses mendaki jalan terjal. Kemudian Emergency Stop Signal (ESS). Melintasi jalan panjang antar kota pun tak bikin lelah, berkat cruise control. Ya, dengan banderol segitu sudah bisa menikmati perangkat kenyamanan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi terus menerus. Mobil akan melaju di kecepatan yang telah diseting. Proses parkir juga lebih aman didukung kamera belakang.


Toyota Rush


Toyota Rush styling


Toyota Rush menempati posisi ketiga dengan ground clearance 220 mm. LSUV ini mendapat transformasi signifikan dari model sebelumnya, dan mampu mengangkut tujuh penumpang. Panjangnya dibuat 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm dan wheelbase 2.685 mm. Terdapat dua varian dengan masing-masing dibekali dua pilihan transmisi. Pertama G, manualnya Rp 255,2 juta dan otomatis Rp 265,2 juta. Kedua S TRD, manualnya Rp 266,6 juta dan A/T Rp 276,6 juta.


Nuansa agresif tampak pada desain tubuh. Di balik kap terdapat mesin 2NR-VE berkubikasi 1,5 liter. Tenaganya tapi tak kuat-kuat amat. 104 PS di 6.000 rpm dengan momen puntir 136,2 Nm di 4.200 Nm. Daya dorong dikirim ke roda menggunakan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Kemampuannya tak kalah dengan Xpander Cross atau Almaz. Tersedia Solid Vehicle Stability Control sebagai penjaga manuver dari potensi understeer maupun oversteer. ABS, EBD dan BA memastikan kinerja pengereman optimal, sekaligus mendukung handling. Untuk jalan menanjak, ada dukungan Hill Start Assist (HSA).


Walau tak punya cruise control layaknya Xpander Cross, atau voice command seperti Almaz, tapi perlindungan penumpangnya luar biasa. Selain mengandalkan sabuk pengaman, terdapat enam kantung udara: dua di depan, samping dan seluruh sisi jendela. Tak ketinggalan hiburan ditunjang head unit 7 inci terkoneksi smartphone. Serta akses keluar-masuk mobil secara keyless. Sudah pasti menyalakan-mematikan mesin tak repot, karena tinggal tekan tombol start/stop.


Baca Juga: Mengukur Fungsionalitas Toyota Sienta V dan Rush TRD


Daihatsu Terios


ground clearance terios


Terios juga berada di posisi ketiga. Sebagai kembaran Toyota Rush, ia punya dimensi, jarak sumbu roda dan ketinggian kolong sama. Namun, pilihan variannya lebih bervariasi, sehingga konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun dana dimiliki.


Secara performa tak berbeda, mengusung mesin 2NR-VE yang berteknologi Dual VVTi. Adapun variannya: R MT dipatok Rp 244,5 juta, sedangkan yang AT Rp 254,5 juta. Kemudian R MT Deluxe Rp 254,5 juta dan AT Deluxe Rp 264,5 juta. Termahal dengan penambahan visual, R MT Custom Rp 256,4 juta, dan AT Custom Rp 266,4 juta.


Fitur mirip-mirip Rush, tapi ketambahan Around View Monitor untuk memudahkan parkir atau melewati jalan sempit. Kemudian sensor parkir yang makin meningkatkan keamanan. Terakhir sektor pencahayaan yang didukung auto on headlamp. Fitur sama yakni ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC). Sayang airbag hanya dua di depan.


Honda BR-V


Honda BR-V 2020 Malaysia


Honda BR-V seperti Xpander Cross. Lantaran mentransformasi LMPV Mobilio menjadi bergaya lebih galak. Dimensinya tapi lebih besar, panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu rodanya 2.662 mm dengan ground clearance 201 mm. Yah, naik lebih 1 mm saja, tapi tetap masuk ke list ini.


Ada empat varian ditawarkan. Pertama S Rp 248,9 juta, E MT Rp 264,2 juta, E CVT Rp 274,4 juta dan termahal Prestige Rp 291,3 juta. Dipersenjatai mesin L15 empat silinder yang juga dipakai pada Jazz, City dan Civic Turbo. Tenaganya mumpuni, setidaknya 120 PS keluar di 6.600 rpm. Torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Di atas Xpander Cross, Rush dan Terios.


Kelengkapan sebelas-duabelas. Varian bawah menggunakan head unit 6,2 inci, sedangkan Prestige 8 inci. Mampu mirroring ke smartphone. Membuka-mengunci pintu pakai keyless entry, begitu juga menyalakan-mematikan mesin. Soal keselamatan sebenarnya sudah cukup mantap, ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan dual airbag tertanam. Cukup untuk melindungi pengguna BR-V. (Hfd/Odi)


Baca Juga: LSUV Berteknologi Kontrol Stabilitas Elektronik, Apa Saja Pilihannya?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store