Pilihan Mobil Low SUV 7-Seater yang Cocok Buat Mudik

Pilihan Mobil Low SUV 7-Seater yang Cocok Buat Mudik

Memasuki bulan Ramadan, banyak masyarakat Indonesia yang hendak mudik lebaran untuk berkumpul dengan keluarga merayakan Idul fitri. Terlebih pemerintah sudah mempersilakan kepada masyarakat untuk mudik melalui cuti bersama pada 29 April hingga 6 Mei 2022.

KEY TAKEAWAYS

  • Pilihan LSUV 7-seater untuk mudik lebaran

    Ada Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7
  • Khusus untuk masyarakat yang mau melakukan mudik, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan darat. Keunggulannya mengangkut keluarga dalam 1 kendaraan, membawa barang bawaan lebih leluasa, hingga bisa meminimalisir penularan Covid-19 karena pandemi saat ini masih berlangsung. Kebutuhan para pemudik ini tentu bisa diakomodir oleh kendaraan-kendaraan model SUV. Berikut pilihan mobil low SUV 7 seater yang cocok diandalkan selama perjalanan mudik.

    1. Toyota Rush

    Toyota Rush

    Bermodalkan mesin 2NR-VE, 4 silinder DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat merilis tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm di 4.200 rpm, serta sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD), Toyota Rush dipercaya bagi sebagian masyarakat karena muat hingga 7-penumpang. Ia sangat diminiati masyarakat Tanah Air lantaran cocok dipakai buat keperluan mudik.

    Bicara soal kapasitas ruang contohnya. Diketahui Rush memiliki bagasi 450 mm. LSUV Toyota ini juga mampu dimuati dua buah koper besar. Jika ingin membawa barang lebih banyak, bisa juga melipat jok baris ketiganya.

    Kompartemen juga terbilang banyak, khususnya tempat untuk tempat botol air minum. Pada baris depannya di bawah pengaturan AC terdapat laci kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan smartphone ataupun benda kecil lainnya. Masih di konsol tengah, tersedia cup holder.

    Melihat di baris kedua, di sisi pintu kiri dan kanan terdapat dua cup holder dan sedikit tempat penyimpanan. Pada konsol tengah yang menyambung dari baris depan, juga tersedia satu cup holder. Sedangkan di baris ketiga terdapat cup holder dan tempat penyimpanan berukuran kecil di setiap sisi bangku.

    Melihat fitur keselamatan, Toyota sendiri berhasil menyematkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Lainnya, Toyota Rush juga mendapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya dan secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara.

    Bicara harga, All New Rush ditawarkan mulai dari Rp277.600.000 sampai Rp301.000.000. Ada beberapa pilihan tipe yang dapat dipilih, ari tipe terendahnya yaitu Rush 1.5 G M/T hingga tipe tertinggi sekaligus paling baru yaitu Rush 1.5 S A/T GR Sport.

    2. Daihatsu New Terios

    Daihatsu Terios

    Sebagai saudara kembar Rush, salah satu produk flagship Daihatsu ini juga memiliki daya tarik di hati masyarakat Indonesia. Ia merupakan SUV entry level yang cukup ramai peminat. Mobil ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya dilengkapi fitur Auto on Headlamp yang tidak dimiliki saudara kembarnya. Fitur tersebut dapat secara otomatis menyalakan lampu utama dalam kondisi gelap. Dengan begitu, visibilitas pengemudi akan sangat terbantu berkat adanya fitur ini.

    Keunggulan lainnya yaitu menganut penggerak belakang alias Rear Wheel Drive (RWD). Tentu hal ini menjadikannya sebagai SUV sejati, karena mobil RWD diyakini memiliki handling lebih bagus. Hal itu tentu dibutuhkan manakala Terios dibawa mudik ke daerah pegunungan maupun jalan jelek.

    Dalam sisi aksesibilitas dimiliki pada bangku baris kedua Terios yang sudah menganut one touch tumble. Pelipatan mekanis ini memudahkan dalam melipat bangku kedua untuk menghadirkan tambahan volume angkut maupun akses ke bangku baris ketiga.

    Begitupun fitur keselamatan, ada dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

    Menyinggung jantung pacu yang digunakan, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahu apabila Terios sendiri menggunakan mesin, transmisi, serta sistem penggerak yang sama dengan saudara kembarnya. Hadir dengan mesin 2NR VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 136 Nm di 4.200 rpm.

    Harga yang ditawarkan saat ini ada diangka Rp232.300.000 sampai Rp287.400.000.

    3. Mitsubishi New Xpander Cross

    New Xpander Cross

    Ia dikenal sebagai kendaraan 'MPV rasa SUV'. Kenyamanan langsung terasa kala masuk ke dalam. Interiornya mampu memanjakan pengemudi sekaligus penumpangnya. Dengan jok kulit yang memiliki fungsi khusus yakni menolak paparan sinar matahari. Sehingga penumpang dan pengemudi New Xpander Cross tetap merasa nyaman jika mobil mereka terparkir lama di bawah terik matahari.

    Baca juga: Test Drive Mitsubishi New Xpander Ultimate: Banyak Ubahan, Layak Berstatus All New

    Salah satu yang menambah kenyamanan saat mengendarai New Xpander Cross adalah sektor suspensi. Lalu high performance bar menggunakan desain mobil eropa. Berkat komponen tersebut dirinya menghasilkan driving lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar serta sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia.

    Kenyamanan lain juga ditunjang dengan ground clearance ideal, sehingga menghadirkan visibilitas yang baik untuk mendukung perjalanan di beragam medan.

    Alasan lain New Xpander Cross diminati para pemudik karena adanya fitur menarik seperti Brake Assist, Dual SRS Airbags, Active Stability Control (ASC), Traction Control (TCL), Hill Start Assist (HSA) Immobilizer hingga Cruise Control. Lalu ada USB Port Type C serta head unit berukuran 9 inci yang sudah terkoneksi Android Auto dan Apple Car Play.

    New Xpander Cross pun memiliki pilihan transmisi continuous variable transmission (CVT). Teknologi transmisi tersebut memastikan akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan dengan perpindahan mulus.

    Transmisi CVT disokong oleh mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang dapat menghasilkan output tenaga maksimal 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

    New Xpander Cross ditawarkan dalam tiga pilihan. Tipe tertinggi CVT Premium Package dibanderol Rp323.750.000, tipe CVT seharga Rp312.600.000, dan tipe terendah MT dijual dengan harga Rp297.950.000.

    4. All New Honda BR-V

    Road Test all new Honda BR-V

    Punya moda mesin 1.5L DOHC i-VTEC, All New Honda BR-V sangat cocok dipakai mudik. Apalagi buat pemudik yang membutuhkan mobil bertenaga besar. Ia bisa disebut terbaik di kelasnya. Tenaganya mampu memompa 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

    Mesin tersebut sangat responsif, sesuai ciri khas fun to drive yang dimiliki Honda. CVT juga membuat All New Honda BR-V tetap irit. Wajar jika mobil tersebut nyaman dibawa keluar kota atau jalanan menanjak sekalipun.

    Baca juga: Road Test All New Honda BR-V Prestige: Lompatan Revolusioner

    Di atas kertas, All Honda BR-V memiliki ground clearance mumpuni untuk menghadapi segala medan jalan. Diklaim pabrikan cocok dengan kondisi jalan di Indonesia. Bisa diajak berpetualang ke jalan semi offroad. Untuk berkendara di perkotaan juga masih nyaman dan “ngikut” diajak manuver kiri-kanan walau ground clearance-nya tinggi.

    Pengemudi dan penumpang juga dimanjakan dengan kemewahan di dalam kabin. Misalnya, lapisan kulit di sandaran tangan, tuas kemudi, sisi pintu, serta panel dashboard. Ada juga pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu.

    Saat perjalanan jauh, penumpang dimanjakan dengan area kokpit yang dirancang memiliki kompartemen berlimpah. Misalnya, tempat cangkir di area konsol dan di belakang kursi penumpang depan yang memiliki lebih banyak kantong. Termasuk, 8 tempat botol air agar setiap penumpang terjaga dari dehidrasi.

    Penumpang baris kedua dan ketiga tetap sejuk lewat A/C Double Blower. Begitupun armrest di baris pertama dan kedua, membuat penumpang lebih rileks. Jumlah power outlet ada banyak. Selain di area konsol depan, juga kursi baris kedua dan ketiga. Penumpang bisa mengisi daya ponsel mereka kapan saja. Untuk membawa koper ataupun barang lain, kursi baris ketiga All New Honda BR-V dapat dilipat hingga 50/50.

    Baik penumpang maupun pengemudi All New Honda BR-V sama-sama memiliki peace of mind atau ketenangan pikiran. Sebab, fitur keamanan mobil tersebut sangat lengkap. Antara lain Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Dual Front SRS Airbags, Side Airbags dan Parking Sensor. Driver Seatbelt Reminder, Rear Seat Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, hingga Pretensioner with Load Limiter Seatbelt.

    Lalu, sistem audio video dengan layar sentuh 7 inci sudah mendukung Android Auto hingga Apple Carplay. Jadi, tampilan Google Maps bisa dilihat langsung di layar.

    Selain itu, ada layar 4.2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard. Layar ini tidak hanya memberi kesan mewah, juga menampilkan berbagai informasi berguna. Mulai rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar.

    Kemewahan lain terasa dengan adanya ECO Indicator agar berkendara lebih hemat, juga Digital A/C yang memudahkan pengaturan. Pengguna juga bisa menyalakan mobil dari luar lewat Remote Engine Start (tersedia hingga tipe E CVT).

    All New Honda BR-V adalah mobil yang memang dirancang untuk keluarga Indonesia. Mobil yang membuat pengemudinya merasa percaya diri lewat performa asyik serta teknologi berlimpah. Tapi, juga membuat penumpangnya nyaman untuk sekadar ke mal atau tempat hiburan, hingga perjalanan panjang.

    Harganya saat ini ditawarkan mulai dari Rp281,1 juta (S M/T) hingga Rp346,6 juta (Prestige HS CVT).

    5. Suzuki XL7

    Suzuki XL7

    Suzuki XL7 sendiri merupakan model low SUV 7 penumpang. Selain lega, mobil ini juga dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc sehingga sangat cocok sebagai mobil untuk mengantar keluarga, terlebih dipakai buat mudik. Untuk memaksimalkan kenyamanan, Suzuki XL7 dibekali fitur Noise Vibration Harshness, yang memungkinkan kekedapan kabin menjadi lebih baik.

    Mengetahui fitur unggulan yang dimiliki Suzuki XL7, mobil ini berhasil menawarkan kenyamanan berkendara berupa AC digital, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Ventilated AC with Cup Holder, Stunning Audio 8 inci, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection dan 3 buah power outlet.

    Fitur keselamatan, mobil ini menggunakan struktur rangka dengan Platform Heartect, Hill Hold Control (HHC), dual airbag, EBD, ABS, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.

    Mesinnya sendiri menggunakan K15B Multipoint Injection dengan kubikasi 1.462 cc yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 PS @6.000 rpm serta torsi 138 Nm @4.400 rpm yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya.

    Suzuki XL7 dengan transmisi otomatis tersedia di masing-masing tipe dengan harga Rp 262 juta tipe Zeta, Rp 280 juta tipe Beta, dan Rp 290 juta tipe Alpha. Sedangkan untuk XL7 Alpha FF dengan transmisi otomatis dijual Rp 305 jutaan. (Bgx/Tom)

    Baca juga: 6 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas di Bawah Rp100 Juta Untuk Mudik Lebaran

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature